CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) BAHASA ARAB MADARASAH ALIYAH KELAS X SEMESTER 2

Written By putrajunio on Sunday, December 29, 2013 | 4:01 PM

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / 2
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
5.    Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan

Kompetensi dasar:
      Menyimak
5.1.    Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat
5.2.    Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara  tepat

I.      Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan secara  tepat mengenai hobi / pekerjaan.


II. Materi Pembelajaran:

1.  Hobi
·   Dialog dengan judul:
    1. Macam-macam Hobi, misalnya :
ما هوايتك يا شريف؟
هوايتي كثيرة: القراءة والسفر والمراسلة
وما هوايتك أنت؟
هوايتى: الرياضة والرحلات والقراءة أيضا
ماذا تقراء يا شريف؟
اقرأ الكتب والمجلات الإسلامية
هل لديك مكتبة؟
نعم لدي مكتبة كبيرة
كم ساعة تقرأ في اليوم؟
أقرأ ثلاث ساعات تقريبا
الهواية قراءة مفيدة
2.    Mencari Pekerjaan, Misalnya:
لعل نتيجة المقابلة طيبة اليوم
قابلت مدير الشركة، ورأى شهاداتي ولكنني غير متفائل
ما شباب ذلك؟
الشركة تحتاج إلى عشرة مهندسين ، وقدم للعمل مائة مهندس، معظمهم لهم خبرات طويلة.
ستجد العمل المناسب، إن شاء الله.
(أنظر العربية بين يديك ج 2 ص 121).
III. Metode:
·   Inkuiri
·   Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

·   Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
·   Guru mengecek kehadiran siswa
·   Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
·   Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
·   Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
·   Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan






Pengalaman pribadi

2
Kegiatan Inti

60 menit

·   Siswa mendengarkan wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
·   Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar
·   Siswa mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
·   Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru
·   Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
·   Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
·   Tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang
·   Tiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
·   Tiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum
·   Tiap kelompok mendelegasikan perwakilannya untuk membaca hasil pekerjaannya di depan ruangan laboratorium bahasa.
·   Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media.
·   Menyebutkan kata-kata yang didengar
·   Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
·   Menuliskan beberapa kata yang didengar dengan bantuan guru
·   Menentukan benar atau salah ujaran yang di dengar
·   Mendengarkan wacana lisan dengan menggunakan berbagai media (guru atau tape)
·   Mendiskusikan isi wacana lisan
·   Menuliskan isi wacana lisan secara umum
·   Memaparkan isi wacana lisan secara umum
Guru/Buku Paket

Kartu kata

3
Penutup

15 menit

·   Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
·   Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
·   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa

Instrumen latihan


V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
·   Laboratorium Bahasa

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen
·       Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
·       Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
·       Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
·       Menentukan tema dari wacana lisan
·       Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
·       Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
·       Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru atau sulit

Tugas individu
(menyimak dialog)

Tugas Kelompok
(menentukan tema, ide pokok, menulis

Test : Tulis
(Ulangan harian

  1. Tentukan ide pokok dari wacana lisan.
  2. Ungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
  3. Identifikasi kosa kata-kosa kata baru atau sulit


KRITERIA PENILAIAN

  1. Menyimak

No
Nama
Kriteria Dan Skala Penskoran
Skor
Mengidentifikasi tema
Menemukan informasi tersurat
Menemukan pesan
Menceritakan kembali isi wacana
1-15
1-20
1-30
1-35
100
1
Sihabudin
15
15
25
30
85
2
Dado
10
10
25
30
65
3
Hilman
15
10
25
20
65









Menghetahui
Kepala Madrasah



Moh. Dimyanto, S. Ag

Guru Mapel Bahasa Arab




Moh. Dimyanto, S. Ag


  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / 2
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
6.      Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan

Kompetensi Dasar:
                        BERBICARA
6.1         Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat
6.2         Melakukan dialog  sesuai konteks dengan tepat dan lancar

I.      Tujuan Pembelajaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan secara  tepat mengenai hobi / pekerjaan

II. Materi Pembelajaran:

Dialog tentang:

Dialog tentang:
1.   Hobi, misalnya :
هل زرت معرض الهوايات؟
لا، ما زرته، هيا بنا إليه
هذا هو معرض الهوايات
هذه هوايات كثيرة جدا
هذا جناح جمع الطوابع
هذه طوابع جميلة، هذا طابع هندي وهذا طابع فرنسي
وهذا جناح الخط العربي
هذه آيات بخط النسخ، وهذه أحاديث بخط الرقعة
وهذا جناح الصحافة
وهذه صحف بجميع اللغات
وهذا جناح التدبير المنزلي
هذا طعام صينى وهذا طعام عربي
وهذا جناح الرياضة
كرة القدم والسباحة والفروسية
2.    Merantau, misalnya:
ساغترب للعمل خارج وطني
ولكنك تعمل هنا، وراتبك جيد
المال كثيرة هناك، والحياة سهلة
اختلف معك. بلادنا تحتاج إلينا
السفر للعمل حلال وليس حرام
... إلخ
(انظر العربية بين يديك ج 2 ص 128)
III. Metode:
·   Modeling
·   Inpairing

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.    Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.    Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e.    Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat berkenalan
f.     Guru meminta salah seorang siswa untuk menceritakan pengalaman tentang hobi


2
Kegiatan Inti

60 menit

a.    Seluruh siswa mendengarkan contoh dialog yang diperagakan oleh guru (diulang 3x)
b.    Seluruh siswa menirukan kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
c.    Seluruh siswa secara bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
d.    Mendengarkan wacana lisan
e.    Mengulangi/menirukan ujaran(kata/frasa/kalimat)
f.     Menjawab secara lisan mengenai isi wacana dengan tepat
g.    Menceritakan kembali isi wacana
h.    Bercerita sesuai tema
i.      Mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
j.      Menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
k.    Melakukan percakapan sederhana dengan teman sekelas/sebaya 
l.      Bermain peran


3
Penutup

15 menit

a.     Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b.    Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.     Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa




V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   VCD
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
·   Ruang multimedia

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen
Ø  Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
Ø  Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
Ø  Menyampaikan informasi sesuai konteks
Ø  Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
Ø  Menjawab pertanyaan sesuai konteks
Ø  Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
Ø  Melakukan percakapan sesuai konteks

Praktek (demonstrasi)
Ulangan harian
Tugas individu/ kelompok
Test : praktik

Wawancara, bermain peran dan demonstrasi








Mainkan sebuah drama dengan tema perkenalan di sekolah ..!


KRITERIA PENILAIAN

  1. Berbicara
No
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan kata/ungkapan
Kelancaran
Ketepatan Intonasi
Kontekstual
25
25
20
30
100
1
Ical
20
20
20
25
85
2
Datuk
20
10
20
25
75
3
Nasori
25
20
10
30
85









Menghetahui
Kepala Madrasah



Moh. Dimyanto, S. Ag

Guru Mapel Bahasa Arab




Moh. Dimyanto, S. Ag





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / 2
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
                                    7.      Memahami  wacana tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan
Kompetensi dasar:
MEMBACA
7.1     Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis secara tepat dan benar
7.2     Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar
7.3     Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana secara tepat

I. Tujuan Pembelajaran     :                                                                    
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan secara  tepat mengenai hobi / pekerjaan.

II. Materi Pembelajaran      :

Wacana tentang:
  1. Pekan Olah Raga

أقامت مدرستنا في الأسبوع الماضي حفلا رياضيا كبيرا حضره الآباء لمشاهدة أبنائهم، وجلسوا في الملعب الكبير.
بدأ الحفل باستعراض رياضي لجميع تلاميذ المدرسة، الذين ساروا بملابسهم الرياضة الجميلة ف صفوف منظمة.
وبعد أن وقف التلاميذ في أماكنهم في ساحة الملعب بدأوا تمرينات الرياضة في نظام ونشاط على أنغام الموسيقي ... إلخ

  1. Bekerja lebih baik dari pada meminta-minta

العمل نعمة من نعم الله، ولا يعرف هذه النعمة إلا من فقدها بسبب مرض، أو غيره. زمع ذلك فبعض الناس لا يحبون العمل، ويعتمدون على غيرهم،أو يتسوَّلون في الطرق. قال الرسول صلى الله عليه وسلم: "ما أكل أحد طعاما قط خيرا من أن يأكل من عمل يده، وأن نبي الله داود كان يأكل من عمل يده" قال: لآن يأخذ أحدكم حبله، ثم يغدو إلى الجبل، فيحتطب، فيبيع، فيأكل، ويبصدق خير له من أيسأل الناس"
ذهب رجل إلى رسول الله ... إلخ
(نظر العربية بين يديك ج 2  ص132)

III. Metode                 :
·   Modelling
·   Diskusi


IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.    Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.    Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan alamat rumahnya
e.    Guru meminta salah seorang siswa yang lain untuk menyebutkan beberapa istilah yang berkenaan dengan tempat tinggal
f.     Guru memaparkan istilah-istilah penting yang berkenaan dengan tempat tinggal






Pengalaman pribadi
Guru

2
Kegiatan Inti

60 menit

a.    Seluruh siswa mendengarkan lafal guru dalam membaca kata, frasa atau kalimat
b.    Seluruh siswa menirukan lafal guru dalam membaca kata, frasa atau kalimat
c.    Seluruh siswa mendengarkan lafal guru dalam membaca wacana
d.    Menirukan lafal guru dalam membaca kata/frasa/kalimat
e.    Membaca wacana dengan nyaring di depan kelas
f.     Membuat kelompok diskusi
g.    Menentukan tema wacana tulis dalam kerja kelompok
h.    Membaca wacana tulis
i.      Menentukan informasi umum
j.      Menentukan informasi tertentu dalam kerja kelompok
k.    Menyusun kalimat menjadi wacana dalam kerja kelompok
l.      Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
Kitab Al Arabiah lin Nasyiin

Kitab Al Arabiah lin Nasyiin


Buku Nahwu

3
Penutup

15 menit

a.    Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b.    Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.     Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
Instrumen soal latihan



V. Sumber/Bahan/Alat Belajar    :
·   Buku
·   Ruang multimedia
·   LCD

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

·   Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
·   Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
·   Menentukan tema wacana tulis
·   Menentukan ide pokok dari wacana tulis
·   Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
·   Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
·   Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
·   Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
·   Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis


Tugas individu
Tugas kelompok


Membaca nyaring
Test praktek
Diskusi
Diskusi
Test tulis
Memilih dan menjawab
Ulangan harian


1.  Tentukan tema wacana tulis
2.  Tentukan ide pokok dari wacana tulis
3.  Tentukan informasi rinci dari wacana tulis
4.  Tafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks

KRITERIA PENILAIAN
  1. Membaca
No
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan/
Kelancaran
Menemukan informasi tersurat
Menemukan ide pokok
Menemukan pesan
20
25
25
30
100
1
Anwar
10
10
20
20
60
2
Bray
20
10
20
20
70
3
Awik
20
20
20
20
80








Menghetahui
Kepala Madrasah


Moh. Dimyanto, S. Ag

Guru Mapel Bahasa Arab



Moh. Dimyanto, S. Ag



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / 2
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
                                       8.   Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan

Kompetensi dasar:
MENULIS
8.1     Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar
8.2     Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar

I.  Tujuan Pembelajaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan secara  tepat mengenai hobi / pekerjaan.

II. Materi Pembelajaran:

Menulis Khat riq’ah
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لآن يأخذ أحدكم حبله، ثم يغدو إلى الجبل، فيحتطب، فيبيع، فيأكل، ويبصدق خير له من أيسأل الناس"
Menulis dikte, misalnya:
عمل، يتسولون، يأكل، طعام، نتيجة المقابلة، شهادة، خبرات، الشركة، قدم
Melengkapi wacana:

العمل نعمة من ... الله، ولا يعرف هذه النعمة إلا من فقدها بسبب مرض، أو غيره. ومع ذلك فبعض الناس لا ... العمل، و ... على غيرهم،أو ... ن في الطرق. قال الرسول صلى الله عليه وسلم: "ما أكل أحد ...  قط خيرا من أن يأكل من ...  يده، وأن نبي الله داود كان يأكل من عمل يده" قال: لآن يأخذ أحدكم حبله، ثم يغدو إلى الجبل، فيحتطب، ...، فيأكل، و... خير له من أيسأل الناس"
Membuat wacana dengan pilihan tema hobi dan pekerjaan
Qawaid:
1.    بعض حروف الجر ومعانيها الكثيرة الورود
2.    العطف

III. Metode:
·   Modelling
·   Diskusi


IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15

a.    Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.    2 orang siswa menulis ayat ke dua dari surat al Fatihah dengan khat riq’ah di papan tulis.
e.    Guru menulis kembali ayat tersebut dengan khat riq’ah




Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii

2
Kegiatan Inti

60 menit

a.    setiap siswa menyalin khat riq’ah yang dicontohkan oleh guru.
b.    Setiap siswa menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
c.    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
d.    Setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang
e.    Guru memberikan lembaran kertas kepada setiap kelompok berisikan:
1. wacana tulis yang masih belum legkap.
2. Kalimat-kalimat acak dari satu wacana.
f.     Setiap kelompok melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia dan menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah wacana yang utuh.
g.    Hasil kerja kelompok dibacakan oleh perwakilan masing-masing kelompok.
h.    Setiap kelompok memberi masukan kepada kelompok lain.
Buku kaligrafi
Buku paket


Instrumen latihan

3
Penutup

15 menit

a.    Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b.    Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.     Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa

Buku paket


V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket pelajaran Bahasa Arab Program Bahasa Asing
·   Ruang kelas



VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

·   Menulis kalimat dengan khat riq’ah
·   Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didektekan oleh guru
·   Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
·   Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
·   Membuat wacana/cerita sederhana sesuai tema

Individu (khat), kelompok (membuat wacana)

Tes tulis

A. Salinlah tulisan ayat berikut ini ke dalam khat riq’ah.....?


KRITERIA PENILAIAN
  1. Menulis

No
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan Tulisan
Keindahan
Ketepatan kaidah
Pengembangan ide
20
20
30
30
100
1
Luna
15
15
20
20
70
2
Maya
15
20
20
15
70
3
Ayu
15
20
15
20
70








Menghetahui
Kepala Madrasah



Moh. Dimyanto, S. Ag

Guru Mapel Bahasa Arab




Moh. Dimyanto, S. Ag


Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) BAHASA ARAB MADARASAH ALIYAH KELAS X SEMESTER 2 yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 4:01 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu