A. Pengertian
PTK
Kata
penelitian terjemahan dari bahasa Inggris, research.
Penelitian tindakan kelas mempunyai berbagai aturan dan langkah. Penelitian
tindakan kelas merupakan terjemahan dari Classroom
Research, yaitu satu action research
yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri,
dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar
siswa menjadi menjadi meningkat.
B. Karakteristik
Penelitian Tindakan Kelas
Ciri-ciri
PTK yang membedakan dengan penelitian lain
1. Adanya masalah PTK dipicu oleh munculnya kesadaran
pada diri guru bahwa praktik yang dilakukannya selama ini di kelas mempunyai
masalah yang perlu diselesaikan. Dengan perkataan lain, guru merasa bahwa ada
sesuatu yang perlu diperbaiki dalam praktik pembelajaran yang dilakukannya.
Contoh: (a) Guru merasa risau karena
hasil ketika latihan menunjukkan hanya 40% yang bisa menguasai penggunaan rumus
matematika; (b) Pertanyaan guru yang
tidak pernah terjawab oleh siswa; (c) Pekerjaan rumah yang tidak pernah
diselesaikan.
2. Self-refleksitive
inquiry atau penelitian melalui refleksi
diri. Berbeda dengan penelitian biasa yang mengumpulkan data dari lapangan atau
objek atau tempat lain sebagai responden.
3. Penelitian tindakan kelas dilakukan di dalam kelasnya
sendiri, sehingga proses penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran berupa
perilaku guru dan siswa dalam melakukan interaks.
4. Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki
pembelajaran. Perbaikan dilakukan secara bertahap dan terus-menerus, sehingga
PTK dikenal adanya siklus pelaksanaan berupa pola: perencanaan-pelaksanaan – observasi
– refleks i- revisi. Kunci utama PTK adalah adanya action (tindakan) yang berulang-ulang.
0 comments :
Post a Comment