CONTOH RPP SENI BUDAYA/SENI MUSIK SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER 1 MATERI MUSIK NUSANTARA

Written By putrajunio on Thursday, April 3, 2014 | 3:29 PM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                : ...........................
Kelas                                   : VIII
Mata Pelajaran                   : Seni Budaya / Seni Musik
Semester                              : 1 (satu / Gasal )
Alokasi Waktu                    : 6 x 40 menit ( 3x pertemuan )

Standar kompetensi
:
3.    Mengapresiasi karya seni musik.
Kompetensi dasar
:
3.1. Mengidentifikasi jenis lagu Nusantara.

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir Pembelajaran Siswa dapat :
1.      Menentukan ragam musik nusantara dari lagu yang diperdengarkan.
2.      Membedakan elemen-elemen musik, irama, warna, tempo, nada, dinamika lagulagu dari beragam musik nusantara.
3.      Mendeskripsikan makna lagu Nusantara yang diperdengarkan.
4.      Menyajikan lagu etnik daerah Nusantara. ( lagu “ si Patokaan“)

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     MATERI AJAR
1.      Musik Nusantara.
2.      Lagu-lagu Daerah Nusantara.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Model Pendekatan CTL dan Life Skill.

D.     LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama,kedua dan ketiga :
a.       Kegiatan Pendahuluan
F  Motivasi dan apersepsi.
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.

b.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik Menjelaskan makna lagu jenis musik nusantara.  
F  Mendengarkan lagu etnik daerah setempat melalui VCD/CD/kaset atau Guru.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Bertanya jawab tentang ragam musik nusantara.
F  Mendiskusikan tentang elemen-elemen musik seperti irama, tempo, nada serta dinamik lagu etnik nusantara.
F  Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.     Alat/ SUMBER BELAJAR
Buku “Seni Budaya
Lagu dareah “Lir - ilir”
VCD/CD/kaset, Guru.

F.      PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ãœ  Mmenyebutkan jenis lagu daerah Nusantara / lagu wajib Nasional
Ãœ  Mengidentifikasi ciri dari lagu Nusantara beserta tokohnya
Ãœ  Mendiskripsikan fungsi sosial lagu daerah Nusantara

Tes
Lisan


Tes Tertulis


Daftar pertanyaan


Tes Uraian
Ãœ  Sebutkan 3 jenis lagu daerah Nusantara / wajib Nasional
Ãœ  Jelaskan ciri-ciri lagu nusantara
Ãœ  Sebutkan nama tokoh musik nusantara
Ãœ  Jelaskan  fungsi sosial musik pada lagu daerah Nusantara
Ãœ  Berilah 2 contoh lagu nusantara yang termasuk dalam ragam musik perjuangan !
Ãœ  Sebutkan alat musik yang kamu perhatikan pada CD yang digunakan mengiringi dalam lagu  “Si Patokaan“
Ãœ  Berasal dari daerah mana lagu “ Si Patokaan“
Ãœ  Ceritakan makna lagu “ Si Patokaan“ yang kamu dengarkan
Ãœ  Sebutkan 3 judul lagu daerah dari Sumatera Barat !

FORMAT PENILAIAN

NO
Skor Mentah Perolehan (a)
Skor Mentah Maksimum (b)
Bobot soal skor Butir (c)
Nilai tiap soal
1
2
2
2
2
2
1
2
2
1
3
2
2
2
2
4
2
2
2
2
5
1
2
2
1

8
10
10
8

Keterangan : Nilai tiap soal   = a/b x c
                     Skor butir soal = 8/10x100% = 8
                      Jadi nilai siswa dalam indikator ini adalah 8


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
                                                                  

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP SENI BUDAYA/SENI MUSIK SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER 1 MATERI MUSIK NUSANTARA yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 3:29 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu