RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : ...........................
Kelas :
VIII
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Semester :
1 (satu / Gasal )
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 3x pertemuan )
Standar kompetensi
|
:
|
3.
Mengapresiasi karya seni musik.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
3.1. Mengidentifikasi
jenis lagu Nusantara.
|
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir Pembelajaran Siswa dapat :
1.
Menentukan ragam musik nusantara dari lagu yang
diperdengarkan.
2.
Membedakan elemen-elemen musik, irama, warna, tempo,
nada, dinamika lagulagu dari beragam musik nusantara.
3.
Mendeskripsikan makna lagu Nusantara yang diperdengarkan.
4.
Menyajikan lagu etnik daerah Nusantara. ( lagu “ si
Patokaan“)
v Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B.
MATERI AJAR
1. Musik Nusantara.
2. Lagu-lagu Daerah Nusantara.
C.
METODE PEMBELAJARAN
Model Pendekatan CTL dan Life Skill.
D.
LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama,kedua dan ketiga :
a. Kegiatan Pendahuluan
F Motivasi
dan apersepsi.
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang
akan disajikan.
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik Menjelaskan makna lagu jenis
musik nusantara.
F Mendengarkan lagu etnik
daerah setempat melalui VCD/CD/kaset atau Guru.
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik
melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Bertanya jawab tentang ragam
musik nusantara.
F Mendiskusikan tentang
elemen-elemen musik seperti irama, tempo, nada serta dinamik lagu etnik
nusantara.
F Melakukan tanya jawab tentang lagu yang
sudah diperdengarkan
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan
peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku
dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil
eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum
berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
E.
Alat/ SUMBER BELAJAR
Buku
“Seni Budaya
Lagu
dareah “Lir - ilir”
VCD/CD/kaset,
Guru.
F.
PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mmenyebutkan jenis lagu
daerah Nusantara / lagu wajib Nasional
Ü Mengidentifikasi ciri
dari lagu Nusantara beserta tokohnya
Ü Mendiskripsikan fungsi
sosial lagu daerah Nusantara
|
Tes
Lisan
Tes Tertulis
|
Daftar pertanyaan
Tes Uraian
|
Ü Sebutkan 3 jenis lagu
daerah Nusantara / wajib Nasional
Ü Jelaskan ciri-ciri lagu
nusantara
Ü Sebutkan nama tokoh
musik nusantara
Ü Jelaskan fungsi sosial musik pada lagu daerah
Nusantara
Ü Berilah 2 contoh lagu
nusantara yang termasuk dalam ragam musik perjuangan !
Ü Sebutkan alat musik
yang kamu perhatikan pada CD yang digunakan mengiringi dalam lagu “Si Patokaan“
Ü Berasal dari daerah
mana lagu “ Si Patokaan“
Ãœ Ceritakan makna lagu “
Si Patokaan“ yang kamu dengarkan
Ü Sebutkan 3 judul lagu
daerah dari Sumatera Barat !
|
FORMAT PENILAIAN
NO
|
Skor Mentah Perolehan (a)
|
Skor Mentah Maksimum (b)
|
Bobot soal skor Butir (c)
|
Nilai tiap soal
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
2
|
2
|
1
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
4
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5
|
1
|
2
|
2
|
1
|
|
8
|
10
|
10
|
8
|
Keterangan
: Nilai tiap soal = a/b x c
Skor butir soal = 8/10x100% = 8
Jadi nilai siswa dalam indikator ini
adalah 8
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
(
........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
0 comments :
Post a Comment