CONTOH RPP PENJASKES (PJOK) SMA/MA KELAS XI SEMESTER II MATERI PERMAINAN BOLA BASKET

Written By putrajunio on Tuesday, April 8, 2014 | 10:32 PM




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah             : SMA .................................................................
Mata Pelajaran            : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester            : XI / 2
Pertemuan                   : 4 kali pertemuan
Alokasi Waktu            : 8 X 45 menit

Standar Kompetensi
7.  Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan teknik dan taktik serta  nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
7.1.   Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri**).

Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.      Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolabasket melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2.      Bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.

A.        Tujuan Pembelajaran
1.          Siswa dapat melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolabasket melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2.          Siswa dapat bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,-
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan

B.         Materi Pembelajaran
         Permainan Bolabasket
1.      Variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolabasket melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2.      Bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim dengan baik dalam bentuk pertandingan.

C.        Metode Pembelajaran
1.      Demontrasi
2.      Inclusive (cakupan)
3.      Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4.      Permainan (game)
5.      Saling menilai sesama teman  (Resiprocal)

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri
·     Latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolabasket melempar, menang-kap, menggiring dan menembak bola (ber-pasangan dan ber-kelompok).

·     Bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
·     Siswa dapat Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolabasket me-lempar, menangkap, meng-giring dan menembak bola (berpasangan dan ber-kelompok) dengan koordinasi yang baik.
·     Siswa dapat Bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.

D.        Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 sampai 3
  1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·           Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
·           Pemanasan secara umum
·           Berlari mengelilingi lapangan bolabasket
·           Pemanasan khusus bolabasket dalam bentuk permainan
  1. Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·           Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolabasket melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·           Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolabasket melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·           Bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim dengan baik dalam bentuk pertandingan (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi).
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·           Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·           Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3.    Kegiatan Penutup (15 menit)
·           Pendinginan (colling down) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·           Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·           Berbaris dan berdoa. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);  

Pertemuan 4
1.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·           Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
·           Pemanasan secara umum
·           Berlari mengelilingi lapangan bolabasket
2.    Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Uji kompetensi permainan bolabasket yang terdiri dari :
·           Uji kompetensi melempar dan menangkap bolabasket
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·           Uji kompetensi menggiring bolabasket
·           Uji kompetensi menembak bolabasket ke ring
·           Uji kompetensi variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolabasket
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·           Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·           Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3.    Kegiatan Penutup (10 menit)
·           Pendinginan (colling down) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·           Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·           Berbaris dan berdoa. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);     

E.         Alat dan Sumber Belajar
1.          Alat Pembelajaran :
·         Bola basket atau sejenisnya
·         Lapangan permainan bolabasket atau lapangan sejenisnya
·         Ring basket
·         Peluit

2.          Sumber Pembelajaran :
·         Media cetak
o   Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas XI, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o   Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o   Buku permainan bolabasket
·         Media elektronik
o   Audio/video visual teknik dasar permainan bolabasket
o   Rekaman/cuplikan pertandingan bolavoli (liga bolabasket)

F.         Penilaian
1.            Teknik dan Bentuk Penilaian
a.            Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

·               Contoh penilaian proses teknik dasar permainan bolabasket (Penilaian keterampilan kecabangan)

No
Nama Siswa
Lempar tangkap
Menggiring
Menembak
Jml
Nilai Proses
Nilai Produk
Nilai Akhir
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1.




















2.




















3.




















4.




















5.




















dsb





















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12





                   Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                      Jumlah skor maksimal

·               Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (melempar dan menangkap bolabasket) bola dilempar dan ditangkap ke arah sasaran dinding selama 30 detik.

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
……. > 35 kali
……. > 30 kali
100%
Sangat Baik
30 – 34 kali
25 – 29 kali
90%
Baik
25 – 29 kali
20 – 24 kali
80%
Cukup
20 – 24 kali
15 – 19 kali
70%
Kurang
…… < 20 kali
…… < 15 kali
60%
Kurang Sekali
·               Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (menggiring bola) melewati rintangan selama 30 detik.

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
……. > 20 rintangan
……. > 15 rintangan
100%
Sangat Baik
16 – 19 rintangan
12 – 14 rintangan
90%
Baik
12 – 15 rintangan
9 – 11 rintangan
80%
Cukup
8 – 11 rintangan
6 – 8 rintangan
70%
Kurang
…… < 8 rintangan
…… < 6 rintangan
60%
Kurang Sekali

·               Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menembak ke ring basket) selama 30 detik.

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
……. > 20 masuk
……. > 17 masuk
100%
Sangat Baik
17 – 19 masuk
14 – 16 masuk
90%
Baik
13 – 16 masuk
11 – 13 masuk
80%
Cukup
10  – 12 masuk
8  – 10 masuk
70%
Kurang
…… < 10 masuk
…… < 8 masuk
60%
Kurang Sekali

b.            Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

No
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Σ
NA
Kerjasama
Kejujuran
Menghargai
Semangat
Percaya diri
Sportivitas


1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3


1.





















2.





















3.





















4.





















5.





















dst






















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18



                 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ----------------------------------------- X  100%
                    Jumlah skor maksimal

c.             Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan bolabasket dengan metode resiprokal :

No.
Nama Siswa
Butir-butir Pertanyaan
Σ
NA
Soal No.1
Soal No.2
Soal No.3
Soal No.4
Soal No.5
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.


















2.


















3.


















4.


















5.


















dst



















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20




                    Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif  =  ----------------------------------------- X  100%
                       Jumlah skor maksimal

      Contoh Butir Pertanyaan

No
Butir Pertanyaan
1.
Jelaskan yang dimaksud dengan formasi pemain dalam permainan bolabasket!
2.
Sebutkan formasi pemain permainan bolabasket!
3.
Sebutkan fungsi pemain guard dalam permainan bolabasket!
4.
Sebutkan fungsi pemain foward dalam permainan bolabasket!
5.
Sebutkan fungsi pemain center dalam permainan bolabasket!
2.            Rekapitulasi Penilaian

No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Psikomotor
Afektif
Kognitif
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.







9.







10.







NIlai Rata-rata







                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  -----------------------------------------
                     Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara             = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                         = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                      = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                     = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara          = Kurang dari 60%



Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel PJOK



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP PENJASKES (PJOK) SMA/MA KELAS XI SEMESTER II MATERI PERMAINAN BOLA BASKET yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 10:32 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu