RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA .................................................................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI / 2
Pertemuan : 4 kali pertemuan
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
Standar Kompetensi
7.
Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan
teknik dan taktik serta nilai-nilai yang
terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
7.1.
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu
bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri**).
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Melakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar permainan bolabasket melempar, menangkap, menggiring dan menembak
bola (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2.
Bermain bolabasket dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina
nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat melakukan latihan
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolabasket melempar, menangkap,
menggiring dan menembak bola (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi
yang baik.
2.
Siswa dapat bermain bolabasket
dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina
nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Disiplin, Kerja keras,
Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat,
Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,-
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§
Percaya diri, Berorientasi
tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
B.
Materi Pembelajaran
Permainan Bolabasket
1.
Variasi dan kombinasi teknik
dasar permainan bolabasket melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola
(berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2.
Bermain bolabasket dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim dengan baik dalam
bentuk pertandingan.
C.
Metode Pembelajaran
1.
Demontrasi
2.
Inclusive (cakupan)
3.
Bagian
dan keseluruhan (Part and whole)
4.
Permainan
(game)
5.
Saling
menilai sesama teman (Resiprocal)
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mempraktikkan
keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola besar serta
nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri
|
·
Latihan
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolabasket melempar, menang-kap,
menggiring dan menembak bola (ber-pasangan dan ber-kelompok).
·
Bermain
bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
|
·
Siswa
dapat Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan
bolabasket me-lempar, menangkap, meng-giring dan menembak bola (berpasangan
dan ber-kelompok) dengan koordinasi yang baik.
·
Siswa
dapat Bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk
menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan
percaya diri.
|
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 sampai 3
- Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·
Berbaris, berdoa, presensi,
apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
·
Pemanasan secara umum
·
Berlari mengelilingi lapangan
bolabasket
·
Pemanasan khusus bolabasket dalam bentuk permainan
- Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Penjelasan cara melakukan
latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolabasket melempar,
menangkap, menggiring dan menembak bola (berpasangan dan berkelompok) dengan
koordinasi yang baik.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Melakukan latihan variasi dan
kombinasi teknik dasar permainan bolabasket melempar, menangkap, menggiring dan
menembak bola (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
·
Bermain bolabasket dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim dengan baik dalam
bentuk pertandingan (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan
dimodifikasi).
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3. Kegiatan Penutup (15 menit)
·
Pendinginan (colling down) (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·
Evaluasi, diskusi dan
tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati,
Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai,
Gemar membaca, Tanggung jawab);
·
Berbaris dan berdoa. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
Pertemuan 4
1.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·
Berbaris, berdoa, presensi,
apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
·
Pemanasan secara umum
·
Berlari mengelilingi lapangan
bolabasket
2. Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Uji kompetensi permainan bolabasket yang terdiri dari :
·
Uji
kompetensi melempar dan menangkap bolabasket
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Uji kompetensi menggiring bolabasket
·
Uji kompetensi menembak
bolabasket ke ring
·
Uji kompetensi variasi dan kombinasi teknik dasar
permainan bolabasket
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Pendinginan (colling down) (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·
Evaluasi, diskusi dan
tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati,
Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai,
Gemar membaca, Tanggung jawab);
·
Berbaris dan berdoa. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
E.
Alat dan Sumber Belajar
1.
Alat Pembelajaran :
·
Bola
basket atau sejenisnya
·
Lapangan
permainan bolabasket atau lapangan sejenisnya
·
Ring
basket
·
Peluit
2.
Sumber Pembelajaran :
·
Media
cetak
o
Buku
pegangan guru dan siswa SMA Kelas XI, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o
Lembar
Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o
Buku
permainan bolabasket
·
Media
elektronik
o
Audio/video
visual teknik dasar permainan bolabasket
o
Rekaman/cuplikan
pertandingan bolavoli (liga bolabasket)
F.
Penilaian
1.
Teknik dan Bentuk Penilaian
a.
Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan
teknik dasar melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket,
unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian
proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian
produk/prestasi).
·
Contoh
penilaian proses teknik dasar permainan bolabasket (Penilaian keterampilan
kecabangan)
No
|
Nama Siswa
|
Lempar tangkap
|
Menggiring
|
Menembak
|
Jml
|
Nilai Proses
|
Nilai Produk
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
||||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dsb
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
(NILAI PROSES) : 12
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Proses =
----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
·
Contoh penilaian
produk/prestasi teknik dasar (melempar dan menangkap bolabasket) bola dilempar
dan ditangkap ke arah sasaran dinding selama 30 detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
……. > 35 kali
|
……. > 30 kali
|
100%
|
Sangat Baik
|
30 – 34 kali
|
25 – 29 kali
|
90%
|
Baik
|
25 – 29 kali
|
20 – 24 kali
|
80%
|
Cukup
|
20 – 24 kali
|
15 – 19 kali
|
70%
|
Kurang
|
……
< 20 kali
|
……
< 15 kali
|
60%
|
Kurang
Sekali
|
·
Contoh penilaian
produk/prestasi teknik dasar (menggiring bola) melewati rintangan selama 30
detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
……. > 20 rintangan
|
……. > 15 rintangan
|
100%
|
Sangat
Baik
|
16
– 19 rintangan
|
12
– 14 rintangan
|
90%
|
Baik
|
12
– 15 rintangan
|
9
– 11 rintangan
|
80%
|
Cukup
|
8
– 11 rintangan
|
6
– 8 rintangan
|
70%
|
Kurang
|
……
< 8 rintangan
|
……
< 6 rintangan
|
60%
|
Kurang
Sekali
|
·
Contoh penilaian
produk/prestasi teknik dasar (Menembak ke ring basket) selama 30 detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
……. > 20 masuk
|
……. > 17 masuk
|
100%
|
Sangat
Baik
|
17
– 19 masuk
|
14
– 16 masuk
|
90%
|
Baik
|
13
– 16 masuk
|
11
– 13 masuk
|
80%
|
Cukup
|
10 – 12 masuk
|
8 – 10 masuk
|
70%
|
Kurang
|
……
< 10 masuk
|
……
< 8 masuk
|
60%
|
Kurang
Sekali
|
b.
Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes
sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan
Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran,
menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap Yang Dinilai
|
Σ
|
NA
|
|||||||||||||||||
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Menghargai
|
Semangat
|
Percaya diri
|
Sportivitas
|
||||||||||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
(NILAI SIKAP) : 18
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Afektif = -----------------------------------------
X 100%
Jumlah skor maksimal
c.
Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar
permainan bolabasket dengan metode resiprokal :
No.
|
Nama Siswa
|
Butir-butir Pertanyaan
|
Σ
|
NA
|
||||||||||||||
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Soal No.4
|
Soal No.5
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
(NILAI KOGNITIF) : 20
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Kognitif = -----------------------------------------
X 100%
Jumlah skor maksimal
Contoh Butir Pertanyaan
No
|
Butir Pertanyaan
|
1.
|
Jelaskan yang dimaksud dengan formasi pemain dalam permainan
bolabasket!
|
2.
|
Sebutkan formasi pemain permainan
bolabasket!
|
3.
|
Sebutkan fungsi pemain guard dalam
permainan bolabasket!
|
4.
|
Sebutkan fungsi pemain foward dalam
permainan bolabasket!
|
5.
|
Sebutkan
fungsi pemain center dalam permainan bolabasket!
|
2.
Rekapitulasi Penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
NIlai Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir
(NA) =
-----------------------------------------
Tiga Aspek Penilaian
Keterangan :
- Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
- Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
- Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 70 – 79%
- Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
- Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60%
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel PJOK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
0 comments :
Post a Comment