RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA :
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester :
XI (sebelas)/2 (dua)
Standar Kompetensi :3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian
lingkungan hidup
Kompetensi Dasar :3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Indikator Pencapaian Kompetensi:
- Mendeskripsikan resiko lingkungan
hidup dalam pembangunan
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menganalisis
resiko lingkungan hidup dalam pembangunan
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Resiko
lingkungan hidup
C.
Metode Pembelajaran
Diskusi, life skills, penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mendeskripsikan
resiko lingkungan hidup dalam pembangunan
|
· Mendiskusikan
resiko lngkungan hidup dalam pembangunan secara berkelompok
|
· Diskusikanlah resiko dari lingkungan hidup dalam
pembangunan
|
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keenam
1.
Kegiatan
Pendahuluan: 10 menit
·
Memberi salam
dan mengabsen.
·
Apersepsi.
2.
Kegiatan
Inti: 25 menit
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
·
Bersama-sama
mendiskusikan resiko lingkungan hidup dalam pembangunan. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
·
Membuat
kesimpulan hasil diskusi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3.
Kegiatan
Penutup: 10 menit
·
Melakukan
refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Siswa
bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Penugasan
secara individu mengerjakan Uji Penguasaan Materi pada buku sumber hal.92.
Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menugaskan
siswa untuk membaca dan mencermati materi mengenai Konsep Pelestarian
Lingkungan Hidup. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
E.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Buku sumber
Geografi SMA – ESIS
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Gambar atau
foto lingkungan hidup
-
OHP / Slide
Proyektor
-
Internet dan
media cetak
F.
Penilaian
Jenis tagihan :
Unjuk kerja
Bentuk tagihan :
Diskusi
Bahan diskusi :
Diskusikanlah tentang resiko lingkungan hidup dalam pembangunan!
Rubrik
Penilaian Diskusi Kelompok
Hari/Tanggal :
……………………………………………………..
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
Nama Siswa :
Aspek yang dinilai
|
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
Deskripsi
(Alasan)
|
|
Kemampuan mengidentifikasi masalah
|
||||
Kemampuan merumuskan masalah
|
||||
Kemampuan menganalisis masalah
|
||||
Kemampuan memecahkan masalah
|
||||
Kerja sama dalam kelompok
|
||||
Partisipasi dalam diskusi
|
||||
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai
pendapat orang lain
|
||||
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam
diskusi
|
||||
Nilai rata-rata
|
||||
Komentar
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
0 comments :
Post a Comment