RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ......................................
Mata
Pelajaran :
Seni Budaya / Seni Rupa
Kelas/Semester : IX ( sembilan ) / 2 (dua)
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit ( 2x Pertemuan )
Standar Kompetensi :
10. Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa
Kompetensi Dasar :
10.1. Mengekspresikan diri melalui karya seni
rupa murni yang
dikembangkan dari
beragam unsur seni rupa
Nusantara dan
mancanegara
di luar Asia
A. Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu :
- Mendefinisikan konsep seni patung
- Menjelaskan fungsi patung
- Menyebutkan tiga corak patung
- Menyebutkan tiga jenis patung
- Menyebutkan tiga bahan patung
- Menyebutkan lima alat patung
- Merancang pembuatan patung
- Membuat karya patung
v Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. Materi Ajar
· Pengertian seni patung
· Fungsi patung
· Corak patung
· Jenis patung
· Bahan dan alat patung
· Teknik pembuatan patung
· Langkah-langkah membuat
patung
C. Metode Pembelajaran
:
Pendekatan CTL : diskusi, tanya jawab,
demonstrasi.
D. Langkah-langkah
Kegiatan:
Pertemuan I & II
1. Kegiatan
Pendahuluan.
apresiasi dan motivasi
:
·
Pemberian
informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·
Tanya
jawab tentang seni rupa murni nusantara dan mancanegara
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Membaca
buku teks seni budaya tentang seni patung
F Peserta didik Merangkum
materi seni patung
F Peserta didik Melihat
tayangan gambar patung
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik
melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Berlatih teknik pembuatan dan
merancang patung
F Berkarya patung
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Menunjukkan karya patung terbaik siswa
E.
Sumber belajar :
·
Buku
teks Seni Budaya
·
Media
elektronik : laptop dan LCD proyektor
F. Penilaian:
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Membuat karya seni rupa murni
dengan mengembangkan unsur seni rupa Nusantra dan mancanegara di luar Asia
|
Tes praktik /kinerja
|
uji kerja
|
Ü Buatlah sebuah karya
seni rupa murni 2 atau 3 dimensi dengan mengembangkan unsur seni rupa
Nusantara dan mancanegara di luar Asia
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
(
........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
0 comments :
Post a Comment