CONTOH RPP SENI BUDAYA / SENI RUPA SMP KELAS IX SEMESTER II MATERI SENI PATUNG

Written By putrajunio on Tuesday, April 8, 2014 | 3:54 AM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : ......................................
Mata Pelajaran         : Seni Budaya / Seni Rupa
Kelas/Semester           : IX ( sembilan ) / 2 (dua)
Alokasi Waktu           : 4 x 40 menit ( 2x Pertemuan )
Standar Kompetensi   : 10.    Mengekspresikan diri melalui karya seni  rupa
Kompetensi Dasar      : 10.1. Mengekspresikan diri melalui karya seni
                                                rupa murni yang dikembangkan dari
                                                beragam unsur seni rupa Nusantara dan
                                                mancanegara di luar Asia

A. Tujuan Pembelajaran :
     Peserta didik mampu :
  1. Mendefinisikan konsep seni patung
  2. Menjelaskan fungsi patung
  3. Menyebutkan tiga corak patung
  4. Menyebutkan tiga jenis patung
  5. Menyebutkan tiga bahan patung
  6. Menyebutkan lima alat patung
  7. Merancang pembuatan patung
  8. Membuat karya patung

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. Materi Ajar               
·  Pengertian seni patung
·  Fungsi patung
·  Corak patung
·  Jenis patung
·  Bahan dan alat patung
·  Teknik pembuatan patung
·  Langkah-langkah membuat patung

C. Metode Pembelajaran  : 
     Pendekatan CTL : diskusi, tanya jawab, demonstrasi.

D. Langkah-langkah  Kegiatan:
Pertemuan I & II
1. Kegiatan Pendahuluan.
apresiasi  dan motivasi  :
·         Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·         Tanya jawab tentang seni rupa murni nusantara dan mancanegara

2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Membaca buku teks seni budaya tentang seni patung
F  Peserta didik Merangkum materi seni patung
F  Peserta didik Melihat tayangan gambar patung
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Berlatih teknik pembuatan dan merancang patung
F  Berkarya patung
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menunjukkan karya patung terbaik siswa

 E. Sumber belajar     :
·         Buku teks Seni Budaya
·         Media elektronik : laptop dan LCD proyektor       
                      
F. Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ãœ  Membuat karya seni rupa murni dengan mengembangkan unsur seni rupa Nusantra dan mancanegara di luar Asia
Tes praktik /kinerja
uji kerja
Ãœ  Buatlah sebuah karya seni rupa murni 2 atau 3 dimensi dengan mengembangkan unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara di luar Asia


                 
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………


.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP SENI BUDAYA / SENI RUPA SMP KELAS IX SEMESTER II MATERI SENI PATUNG yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 3:54 AM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu