RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : .............................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi :1. Memahami
bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.
Kompetensi Dasar :1.5.Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem
koordinat Cartesius.
Alokasi
Waktu :
4 jam pelajaran (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
-
Pertemuan Pertama:
o
Peserta didik dapat menentukan pasangan terurut fungsi
kemudian menggambar diagram Cartesiusnya.
-
Pertemuan kedua :
o
Peserta didik dapat mengerjakan soal-soal pada
ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai fungsi, yaitu
mengenai pengertian relasi, cara
menyatakan relasi, pengertian fungsi (pemetaan), cara menghitung nilai fungsi,
dan menggambar grafik fungsi.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
Menggambar grafik fungsi.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah,
tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Ø
Pertemuan Pertama
Pendahuluan : - Apersepsi : Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan
Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan stimulus
berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menentukan pasangan terurut
fungsi kemudian menggambar diagram Cartesiusnya (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VIII Semester 1, mengenai menggambar
grafik fungsi), kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi
tersebut.
F Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan pasangan terurut
fungsi kemudian menggambar diagram Cartesiusnya.
F materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
Ø
Pertemuan Kedua
Pendahuluan : Memotivasi siswa agar dapat mengerjakan
soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai
fungsi, yaitu mengenai pengertian
relasi, cara menyatakan relasi, pengertian fungsi (pemetaan), cara
menghitung nilai fungsi, dan menggambar grafik fungsi.
Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diminta untuk menyiapkan
kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan
ulangan harian.
F materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Peserta didik diberikan lembar
soal ulangan harian.
F Peserta didik diingatkan mengenai
waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta
didik mencontek.
F Guru mengumpulkan kertas
ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
E. Alat dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VIII Semester 1, hal. 41-59.
- Buku
referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian Hasil Belajar .
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|||||||||||
· Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi
· Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
Uraian
|
· Diketahui f(x) = 2x + 3.
Lengkapilah tabel
berikut:
· Dengan menggunakan tabel gambarlah grafik fungsi yang dinyatakan f(x) =
3x -2.
· Diketahui himpunan P
= dan Q = . Relasi dari P ke Q adalah l “lebih dari“.
a.
Gambarlah diagram panah relasi itu! Apakah relasi itu merupakan
fungsi?
b. Buatlah himpunan pasangan berurutannya!
c.Gambarlah diagram Cartesiusnya!
· Diketahui, dengan domain {-2, -1, 0, 1, 2, 3}. Tentukan range fungsi tersebut!
· Diketahui dengan . Jika , maka =…
a. 1 c. 5 b.
3 d. 7
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs …………….
(
......................................................... )
NIP/NIK
:…………..……………….
|
|
.........,
......, ............... 20...
Guru
Mapel Matematika.
(
............................................ )
NIP/NIK
:…….…………….
|
0 comments :
Post a Comment