CONTOH RPP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER II MATERI KEDAULATAN

Written By putrajunio on Monday, April 7, 2014 | 10:47 PM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                   :     ......................................     
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                 :     VIII/II
Standar Kompetensi         :     5.   Memahami kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia.
Kompetensi Dasar            :     5.1 Menjelaskan makna kedaulatan rakyat.
Alokasi Waktu                  :     6 x 40 menit (3 x pertemuan)

 

A.     Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      menyebutkan pengertian kedaulatan;
2.      membedakan kedaulatan ke dalam dan kedaulatan keluar;
3.      mengemukakan 5 (lima) jenis teori kedaulatan;
4.      menjelaskan makna kedaulatan rakyat;
5.      menyebutkan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat;
6.      mengemukakan tugas dan kewajiban MPR sesuai dengan UUD 1945 hasil amandemen;
7.      mengemukakan tugas dan kewajiban DPR;
8.      menyebutkan hak-hak DPR;
9.      menjelaskan peranan DPR dalam system pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat;
10.  mengemukakan tugas dan kewajiban DPD.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )

B.     Materi Pokok

1.      Pengertian kedaulatan.
2.      Kedaulatan ke dalam dan kedaulatan keluar.
3.      Jenis teori kedaulatan.
4.      Makna kedaulatan rakyat.
5.      Lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.

C.     Metode

  1. Telaah buku
  2. Tanya jawab
  3. Diskusi

D.     Langkah-Langkah Pembelajaran

1.      Pertemuan I
Pendahuluan
a.       Apersepsi
Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran
b.   Memotivasi
F  Siswa membentuk kelompok diskusi dengan topik yang telah ditentukan. 
F  Siswa menyiapkan bahan yang akan didiskusikan.

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.
F  menjelaskan Tentang pengertian kedaulatan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F  membedakan kedaulatan ke dalam dan kedaulatan keluar

§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

2.         Pertemuan II
Pendahuluan
a.       Apersepsi
Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran.
b.   Memotivasi
F  Siswa membentuk kelompok diskusi.
F  Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi.

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.
F  Siswa melakukan kajian referensi dan kegiatan diskusi tentang lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F  Siswa menginventarisasi tugas dan kewajiban lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat

§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

3.         Pertemuan III
Pendahuluan
a.       Apersepsi
Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran.
b.   Memotivasi
F  Siswa membentuk kelompok diskusi.
F  Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.
F  menjelaskan peranan DPR dalam system pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F  mengemukakan tugas dan kewajiban DPD

§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber Pembelajaran
  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII.
  2. Artikel/berita media massa/media internet
  3. Foto tokoh pemerintahan
  4. UUD 1945

F.     Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
o Merumuskan pengertian kedaulatan
o Menjelaskan  pengertian kedaulatan rakyat
o Menjelaskan pengertian kedaulatan kedalam dan keluar
o  Menjelaskan macam-macam teori kedaulatan
o Menjelaskan  kedaulatan yang dianut oleh bangsa Indonesia dan landasan hukumnya

Tes lisan

Tes Tertulis
Tes Tertulis

Tes lisan

Tes Tertulis

Daftar pertanyaan
Uraian

Uraian


Daftar pertanyaan
Pilihan ganda

Jelaskan  pengertian kedaulatan

Jelaskan Pengertian kedaulatan rakyat

Jelaskan pengertian kedaulatan ke dalam dan ke luar

Sebutkan  lima macam teori kedaulatan

Pasal 1 ayat 2 UUD 1945 menjelaskan bahwa negara Indonesia  menganut jenis kedaulatan
a.         Rakyat
b.         Hukum
c.         Negara
d.         Raja

                                   


      Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
                                                              

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN




(_______________________)
NIP/NIK : ..............................

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER II MATERI KEDAULATAN yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 10:47 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu