RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
......................................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester :
VIII/II
Standar Kompetensi
: 5. Memahami kedaulatan
rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia.
Kompetensi Dasar :
5.1 Menjelaskan
makna kedaulatan rakyat.
Alokasi Waktu : 6 x
40 menit (3 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. menyebutkan pengertian kedaulatan;
2.
membedakan kedaulatan ke dalam dan kedaulatan keluar;
3.
mengemukakan 5 (lima) jenis teori kedaulatan;
4. menjelaskan makna kedaulatan rakyat;
5.
menyebutkan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat;
6. mengemukakan tugas dan kewajiban MPR sesuai dengan UUD
1945 hasil amandemen;
7. mengemukakan tugas dan kewajiban DPR;
8. menyebutkan hak-hak DPR;
9.
menjelaskan peranan DPR dalam system pemerintahan yang
berasas kedaulatan rakyat;
10. mengemukakan tugas dan
kewajiban DPD.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pokok
1. Pengertian kedaulatan.
2.
Kedaulatan ke dalam dan kedaulatan keluar.
3. Jenis teori kedaulatan.
4. Makna kedaulatan rakyat.
5.
Lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.
C. Metode
- Telaah buku
- Tanya jawab
- Diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan I
Pendahuluan
a.
Apersepsi
Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang
akan dicapai dalam proses pembelajaran
b. Memotivasi
F
Siswa membentuk
kelompok diskusi dengan topik yang telah ditentukan.
F Siswa menyiapkan bahan yang akan didiskusikan.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
Mengajak siswa
untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi
dasar.
F menjelaskan Tentang pengertian kedaulatan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F membedakan kedaulatan ke dalam dan kedaulatan keluar
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
2.
Pertemuan II
Pendahuluan
a.
Apersepsi
Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui
kegiatan pembelajaran.
b. Memotivasi
F
Siswa membentuk
kelompok diskusi.
F Siswa menyiapkan materi/bahan diskusi.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
Mengajak siswa
untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi
dasar.
F Siswa melakukan kajian referensi dan kegiatan diskusi tentang
lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F
Siswa
menginventarisasi tugas dan kewajiban
lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3.
Pertemuan III
Pendahuluan
a.
Apersepsi
Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui
kegiatan pembelajaran.
b. Memotivasi
F
Siswa membentuk
kelompok diskusi.
F
Siswa menyiapkan
materi/bahan diskusi.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
Mengajak siswa
untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi
dasar.
F menjelaskan peranan DPR
dalam system pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F mengemukakan tugas dan kewajiban DPD
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII.
- Artikel/berita media massa/media internet
- Foto tokoh pemerintahan
- UUD 1945
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
o Merumuskan pengertian kedaulatan
o Menjelaskan
pengertian kedaulatan rakyat
o Menjelaskan pengertian
kedaulatan kedalam dan keluar
o Menjelaskan macam-macam teori kedaulatan
o Menjelaskan kedaulatan yang dianut oleh bangsa
Indonesia dan landasan hukumnya
|
Tes lisan
Tes Tertulis
Tes Tertulis
Tes lisan
Tes Tertulis
|
Daftar pertanyaan
Uraian
Uraian
Daftar pertanyaan
Pilihan ganda
|
Jelaskan pengertian kedaulatan
Jelaskan Pengertian
kedaulatan rakyat
Jelaskan pengertian kedaulatan ke dalam dan ke luar
Sebutkan lima macam teori
kedaulatan
Pasal 1 ayat 2 UUD 1945 menjelaskan bahwa negara Indonesia menganut jenis kedaulatan
a.
Rakyat
b.
Hukum
c.
Negara
d.
Raja
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK
: ..............................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru
Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK
: ..............................
|
0 comments :
Post a Comment