CONTOH RPP PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA (PJOK) SMA KELAS XI SEMESTER II MATERI PERMAINAN BOLA VOLLY

Written By putrajunio on Monday, April 7, 2014 | 4:14 AM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah             : SMA ....................................................
Mata Pelajaran             : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester            : XI / 2
Pertemuan                   : 4 kali pertemuan
Alokasi Waktu            : 8 X 45 menit

Standar Kompetensi
7.  Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan teknik dan taktik serta  nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
7.1.   Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri**).

Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.      Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
2.      Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.

A.        Tujuan Pembelajaran
1.          Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
2.          Siswa dapat bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,-
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan

B.         Materi Pembelajaran
         Permainan Bolavoli
1.   Variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
2.          Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim dengan baik dalam bentuk pertandingan.

C.        Metode Pembelajaran
1.          Demontrasi
2.          Inclusive (cakupan)
3.          Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4.          Permainan (game)
5.          Saling menilai sesama teman  (Resiprocal)

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri
·     Latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (ber-pasangan dan ber-kelompok).

·     Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
·     Siswa dapat Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan meng-gunakan dengan koordinasi yang baik.
·     Siswa dapat Bermain bolavoli bolavoli dengan menggunakan per-aturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.

D.        Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 sampai 3
  1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·           Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
·           Pemanasan secara umum
·           Berlari mengelilingi lapangan bolavoli
·           Pemanasan khusus bolavoli dalam bentuk permainan
  1. Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·           Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·           Melakukan latihan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
·           Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim yang baik dalam bentuk pertandingan (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi).
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·           Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·           Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3.    Kegiatan Penutup (15 menit)
·           Pendinginan (colling down) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·           Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·           Berbaris dan berdoa. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);    

Pertemuan 4
1.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·           Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
·           Pemanasan secara umum
·           Berlari mengelilingi lapangan bolavoli
2.      Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Uji kompetensi permainan bolavoli yang terdiri dari :
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·           Uji kompetensi passing permainan bolavoli
·           Uji kompetensi servis permainan bolavoli
·           Uji kompetensi smash tanpa awalan permainan bolavoli
·           Uji kompetensi variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolavoli
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·           Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·           Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3.    Kegiatan Penutup (15 menit)
·           Pendinginan (colling down) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·           Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·           Berbaris dan berdoa. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);   

E.         Alat dan Sumber Belajar
1.          Alat Pembelajaran :
·         Bola voli atau sejenisnya
·         Lapangan permainan bolavoli atau lapangan sejenisnya
·         Net/jarring bolavoli
·         Peluit

2.          Sumber Pembelajaran :
·         Media cetak
o   Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas XI, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o   Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o   Buku permainan bolavoli
·         Media elektronik
o   Audio/video visual teknik dasar permainan bolavoli
o   Rekaman/cuplikan pertandingan bolavoli (liga bolavoli)
F.         Penilaian
1.            Teknik dan Bentuk Penilaian
a.            Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar passing, servis dan smash, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

·               Contoh penilaian proses teknik dasar permainan bolavoli (Penilaian keterampilan kecabangan)

No
Nama Siswa
Passing
Servis
Smash
Jml
Nilai Proses
Nilai Produk
Nilai Akhir
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1.




















2.




















3.




















4.




















5.




















dsb





















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12





                   Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                      Jumlah skor maksimal

·               Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (passing bawah dan passing atas) bola dilambungkan sendiri oleh tester/siswa) selama 30 detik.

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 35 kali
…… > 30 kali
100%
Sangat Baik
27 – 34 kali
22 – 29 kali
90%
Baik
19 – 26 kali
14 – 21 kali
80%
Cukup
11 – 18 kali
7 – 13 kali
70%
Kurang
……. < 11 kali
……. <  7 kali
60%
Kurang Sekali

·               Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (servis bawah) melewati net/jaring sebanyak 6 kali servis bawah (Skor maksimal 6 X 5 = 30).

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 25 angka
…… > 20 angka
100%
Sangat Baik
18 – 24 angka
15 – 19 angka
90%
Baik
13 – 17 angka
12 – 16 angka
80%
Cukup
8 – 12 angka
7 – 11 angka
70%
Kurang
……. <  8 angka
……. <  7 angka
60%
Kurang Sekali

·               Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Smash) melewati net/jaring sebanyak 6 kali smash (Skor maksimal 6 X 5 = 30).


Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 25 angka
…… > 20 angka
100%
Sangat Baik
20 – 24 angka
15 – 19 angka
90%
Baik
15 – 19 angka
10 – 14 angka
80%
Cukup
10 – 14 angka
7 – 9 angka
70%
Kurang
……. <  10 angka
……. <  7 angka
60%
Kurang Sekali

b.            Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

No
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Σ
NA
Kerjasama
Kejujuran
Menghargai
Semangat
Percaya diri
Sportivitas


1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3


1.





















2.





















3.





















4.





















5.





















dst






















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18



                 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ----------------------------------------- X  100%
                    Jumlah skor maksimal

c.             Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan bolavoli dengan metode resiprokal :

No.
Nama Siswa
Butir-butir Pertanyaan
Σ
NA
Soal No.1
Soal No.2
Soal No.3
Soal No.4
Soal No.5
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.


















2.


















3.


















4.


















5.


















dst



















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20




                    Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif  =  ----------------------------------------- X  100%
                       Jumlah skor maksimal
                               
      Contoh Butir Pertanyaan

No
Butir Pertanyaan
1.
Sebutkan hal-hal yang harus diperimbangkan dalam melakukan pola penyerangan!
2.
Sebutkan macam-macam sistem penyerangan dalam permainan bolavoli!
3.
Sebutkan tahap-tahap dalam melakukan pola pertahanan!
4.
Sebutkan macam-macam sistem pertahanan dalam permainan bolavoli!
5.
Jelaskan cara bermain bolavoli!
2.            Rekapitulasi Penilaian

No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Psikomotor
Afektif
Kognitif
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.







9.







10.







NIlai Rata-rata







                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  -----------------------------------------
                     Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara             = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara          = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara         = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara  = Kurang dari 60%



Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel PJOK



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
   

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA (PJOK) SMA KELAS XI SEMESTER II MATERI PERMAINAN BOLA VOLLY yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 4:14 AM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu