RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : X/1
Peminatan : Ilmu ilmu Sosial
Materi Pokok : Fungsi Sosiologi
Alokasi Waktu : 3
x 3 JP
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Memperdalam
nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain
2.1 Mensyukuri keberadaan diri dan keberagaman
sosial sebagai anugerah Tuhan Yan Maha
Kuasa
2.2 Merespon secara positif berbagai gejala sosial di
lingkungan sekitar
3.1 Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam mengkaji
berbagai gejala sosial yang
terjadi di masyarakat
a) Menjelaskan pengertian
Sosiologi
b)
MenjelaskanFungsi
Sosiologi
c)
Menjelaskan
Konsep dasar Sosiologi
d)
Mendeskripsikan
gejala sosial
e) Menjelaskan pengertian dan
jenis-jenis gejala sosial
4.1 Melakukan kajian pustaka, diskusi dan
menyimpulkan berbagai pendapat para
ahli
tentang peran, fungsi dan konsep-konsep dasar Sosiologi
a) Menghubungkan berbagai teori
Sosiologi
b) Menyimpulkan peran sosiologi
menurut berbagai ahli
c) Menyimpulkan fungsi Sosiologi
menurut berbagai ahli
d) Menyimpulkan konsep dasar
Sosiologi menurut berbagai ahli
e) Menyimpulkan
pengertian dan jenis realitas/fakta sosial
f)
Menyimpulkan gejala/fenomena sosial yang terjadi di
masyarakat dalam tinjauan Sosiologi
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
proses mencari informasi, menanya, mengasosiasi, mengomunikasikan dan
berdiskusi peserta didik dapat:
·
Menjelaskan
pengertian Sosiologi
·
Menjelaskan
fungsi Sosiologi
·
Menjelaskankonsep
dasar Sosiologi
·
Menjelaskangejala
Sosial
·
Menjelaskan
pengertian dan jenis-jenis gejala sosial
·
Menghubungkan
berbagai teori Sosiologi
·
Menyimpulkan
peran sosiologi menurut berbagai ahli
·
Menyimpulkan
fungsi Sosiologi menurut berbagai ahli
·
Menyimpulkan
konsep dasar Sosiologi menurut berbagai ahli
·
Menyimpulkan pengertian dan jenis realitas/fakta sosial
·
Menyimpulkan gejala/fenomena sosial yang terjadi di
masyarakat dalam tinjauan Sosiologi
Materi
Pembelajaran
1. Pengertian Sosiologi
2.
Peran dan Fungsi
Sosiologi
3.
Konsep dasar
sosiologi
4.
Realitas Sosial
5.
Macam-macam
Realitas/fakta Sosial
6.
Gejala/Fenomena
Sosial Sosial
Pendekatan, Strategi dan Metode
Pembelajaran
·
Pendekatan :
Saintifik
·
Strategi :
Pembelajaran Koperatif
·
Metode
Pembelajaran : Kajian Pustaka,
Diskusi, Presentasi
Media, Alat dan Sumber
Pembelajaran
·
Media : LCD, Hand Out
·
Alat/bahan : Papan tulis,
Spidol
· Sumber Pembelajaran : Buku Sosiologi kelas X dan
referensi lain yang
relevan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
· Apersepsi (Guru bertanya
“apakah peserta didik sudah pernah mendengar istilah “Sosiologi” ?
· Orientasi (Guru menampilkan
gambar yang berhubungan dengan materi “Sosiologi”)
· Motivasi (Memberi contoh
tentang manfaat mempelajari Sosiologi)
· Pemberian Acuan :
§ (Garis besar materi tentang
“Pengertian dan Fungsi Sosiologi”)
§ Pembentukan Kelompok diskusi
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Peserta
didik menyimak pendapat para ahli tentang pengertian “Sosiologi”
·
Peserta
didik menyimak berbagai fungsi Sosiologi
·
Guru menilai keterampilan peserta
didik mengamati
Menanya
·
Peserta
didik mendikusikan dengan teman sebangku mengenai makna gambar dan pengertian
“Sosiologi”
·
Peserta
didik mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai berbagai fungsi Sosiologi
·
Guru
bertanya tentang makna gambar yang ditampilkan
·
Guru
bertanya tentang pendapat para ahli tentang pengertian “Sosiologi” yang
terdapat pada buku teks
·
Guru
bertanya tentang berbagai fungsi Sosiologi
Mencoba
·
Peserta
didik membaca buku teks yang berkaitan dengan pengertian Sosiologi menurut
berbagai ahli Sosiologi
·
Peserta
didik membaca buku teks tentang berbagai fungsi Sosiologi
Mengasosiasi
·
Peserta
didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang
·
Peserta
didik dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat para ahli mengenai
pengertian Sosiologi
·
Peserta
didik dalam kelompok diminta mendiskusikan berbagai fungsi Sosiologi dalam
memahami berbagai gejala sosial di masyarakat
·
Guru
menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai
keterampilan menganalisis, menggunakan teori , dan menyimpulkan data, serta
menilai kemampuan peserta didik memahami pengertian dan fungsi Sosiologi
·
peserta
didik menyimpulkan hasil diskusi kelompok
Mengomunikasikan
·
Perwakilan
dari kelompok menyampaikan hasil diskusi
·
Guru menilai kemampuan peserta
didik berkomunikasi lisan
|
100 menit
|
Penutup
·
Bersama peserta didik menyimpulkan materi mengenai pengertian
dan fungsi Sosiologi
·
Memberikan tugas membuat
resume hasil diskusi kelompok
·
Memberi
Pekerjaan Rumah
·
Melaksanakan postes
|
15 menit
|
Pertemuan Kedua
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
· Merefleksi hasil pretes dan
postes pertemuan sebelumnya
· Menagih dan mengingatkan
pekerjaan rumah
· Menyampaikan tujuan
pembelajaran
· Melaksanakan pretes tentang
pengertian dan fungsi Sosiologi
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati dan
Menanya
·
Dua
orang peserta didik dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil
pengamatan terhadap gambar dan artikel mengenai realitas/fakta sosial yang
terjadi di masyarakat
·
Mencoba
· Kelompok diminta untuk
mendiskusikan pengertian
realitas/fakta sosial
· Kelompok mencoba memilah jenis-jenis
realitas/fakta sosial menurut berbagai ahli
· Setiap kelompok mencoba
menganalisis salah satu contoh realitas/fakta sosial yang terjadi di
masyarakat
· Kelompok mendiskusikan
realitas/fakta sosial tersebut dan menghubungkannya dengan pengertian Sosiologi
· Guru
menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan kemampuan menerapkan
konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah dan keterampilan mencoba instruksi
kerja
Mengasosiasi
· Kelompok mendiskusikan
hubungan antara realitas/fakta sosial dengan pengertian dan fungsi Sosiologi
· Dengan fasilitasi guru, peserta
didik diminta merumuskan kembali dengan kalimat sendiri mengenai pengertian
realitas/fakta sosial dan jenis-jenisnya
· Guru
menilai keterampilan mengolah dan menalar
Mengomunikasikan
· Perwakilan kelompok
memaparkan hasil diskusi kelompoknya
· Guru
menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi
|
100 menit
|
Penutup
·
Bersama peserta didik menyimpulkan pengertian dan jenis-jenis
realitas/fakta sosial
·
Memberikan tugas membaca materi
berikutnya
·
Melaksanakan postes
|
15 menit
|
Pertemuan
Ketiga
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
· Merefleksi hasil pretes dan
postes pertemuan sebelumnya
· Menagih dan mengingatkan
pekerjaan rumah
· Menyampaikan tujuan
pembelajaran
· Melaksanakan pretes tentang
gejala/fenomena sosial hubungannya
dengan Sosiologi
|
20 menit
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
·
Peserta
didik menyimak gambar mengenai gejala/fenomena sosial
·
Peserta
didik menyimak pengertian gejala/fenomena sosial menurut ahli Sosiologi
·
Peserta
didik menyimak berbagai gejala/fenomena sosial
·
Guru menilai keterampilan peserta
didik mengamati
Menanya
·
Peserta
didik mendikusikan dengan teman sebangku mengenai pengertian gejala/fenomena
sosial
·
Guru
bertanya tentang pengertian gejala/fenomena sosial seperti yang terdapat pada
buku teks
·
Guru
bertanya tentang berbagai gejala/fenomena sosial
·
Guru
bertanya tentang penelitian mengenai gejala/femonena sosial
Mencoba
·
Peserta
didik membaca buku teks yang berkaitan dengan pengertian gejala/fenomena
sosial
·
Peserta
didik membaca buku teks tentang berbagai gejala/fenomena sosial yang terjadi
di masyarakat
Mengasosiasi
·
Peserta
didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang
·
Peserta
didik dalam kelompok diminta mendiskusikan pengertian gejala/fenomena sosial
·
Peserta
didik dalam kelompok diminta mendiskusikan berbagai gejala/fenomena sosial di
masyarakat
·
Peserta
didik diminta mendiskusikan kemungkinan pelaksanaan penelitian sosial
mengenai gejala/fenomena sosial yang terjadi di masyarakat
·
Guru
menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai
keterampilan menganalisis, menggunakan teori , dan menyimpulkan data, serta
menilai kemampuan peserta didikmemahami gejala/fenomena sosial yang terjadi
di masyarakat
·
peserta
didik menyimpulkan hasil diskusi kelompok
Mengomunikasikan
·
Perwakilan
dari kelompok menyampaikan hasil diskusi
·
Guru
menilai kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan
|
100 menit
|
Penutup
·
Bersama peserta didik menyimpulkan materi mengenai pengertian
gejala/fenomena
sosial
·
Bersama peserta didik menyimpulkan berbagai gejala/fenomena
sosial yang terjadi di masyarakat
·
Bersama peserta didik menyimpulkan kemungkinan penelitian sosial
mengenai gejala/fenomena sosial yang terjadi di masyarakat
·
Memberikan tugas membuat
resume hasil diskusi kelompok
·
Memberi
Pekerjaan Rumah
·
Melaksanakan postes
|
15 menit
|
Penilaian
1. Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan
dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja
kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil
dilakukan melalui tes tertulis.
2. Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi
menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok,
tanggungjawab, dan kerjasama.
Instrumen kinerja
presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas
peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
Instrumen laporan
praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual,
sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
Instrumen tes
menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
3. Contoh Instrumen (Terlampir)
....................,..... 2013
Mengetahui Guru Mata
Pelajaran Sosiologi
Kepala SMA ....
.................................. ..................................
NIP. NIP.
thanks
ReplyDeletetanks atas info nye neng....
ReplyDeletebisa berikan contoh mengenai rpp sosiologi kelas xi kurikulum 2013 tidak ?
ReplyDeleteKreatifitas Ibu ini layak diapresiasi. Tapi kalau boleh jujur dlm rpp ini masih banyak yg perlu diperhatikan. Mis. rumusan indikator. Mana rumusan KD dan mana indikator? Seharusnya dibuat terpisah. Begitu pula, pd kegiatan penutup. Utk apa lg tugas membuat resume hasil diskusi kel. Bukankah hasil diskusi kel tsb sdh diselesaikan dlm kegiatan inti? Bukankah diskusi kel bagian inti dr proses pembelajaran pd pertemuan ini? Jika ia dikerjakan siswa di rumah berarti pembelajaran hari ini tak tuntas. Kapan mau diselesaikan? Dan ..... tentu masih ada yg lain.
ReplyDeletecontoh RPP sosiologi kurikulum 2013 nya donkk....
ReplyDeleteQQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
ReplyDelete-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE