RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMA/MA ................
Mata
Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Dasar negara dengan konstitusi
o
Pengertian Dasar Negara dan Konstitusi Negara
o
Tujuan dan Nilai
konstitusi
o
Keterkaitan Dasar negara dan konstitusi
Kelas/Semester : X/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI
4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan
konstitusi
II. KOMPETENSI DASAR
4.1. Mendeskripsikan
hubungan dasar negara dengan konstitusi
III. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1
|
Mendeskripsikan pengertian
dasar negara
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab,
Mandiri
|
2
|
Mendeskripsikan pengertian
konstitusi negara
|
|
3
|
Menguraikan tujuan dan nilai
konstitusi
|
|
4
|
Menyimpulkan keterkaitan
dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar
siswa mampu dan dapat :
Mendeskripsikan pengertian
dasar negara
Mendeskripsikan pengertian
konstitusi negara
Menguraikan tujuan dan nilai
konstitusi
Menyimpulkan keterkaitan dasar
negara dengan konstitusi di sebuah negara
V. STRATEGI
PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
(Menit)
|
Aspek lifeskill yang
dikembangkan
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen
dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerjasama
- Keterampilan
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi.
F
menjelaskan pengertian
dasar negara dan konstitusi negara.
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi
siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok
kooperatif.
F
Guru
menyampaikan
tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif,
yang terdiri atas :
Dasar negara
dengan konstitusi
o
Pengertian Dasar Negara dan Konstitusi Negara
o
Tujuan dan Nilai
konstitusi
o
Keterkaitan Dasar negara dan konstitusi.
Jika jumlah siswa 40 orang,
berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F
Setelah
selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok
mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru.
Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F
Siswa
diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok
baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut
kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas
materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi
siswa dari kelompok yang
membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap
anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta
secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok
ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan
informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta
perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara
menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F
Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok
yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan
konsep..
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
55’
|
- Kerjasama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab,
Mandiri
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi / Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi
|
·
Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi
|
·
Siswa dapat Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah
negara
|
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.
Buku Paket PKn Kelas X
2.
UUD 1945 yang Telah Diamandemen
- Buku Kewarganegaraan Esis
Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
- J.C.T.Simorangkir,
SH., Dr. (1986), Hukum dan
Konstitusi Indonesia, Jakarta: PT: Gunung Agung.
5.
Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian
Kognitif
2. Penilaian
Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
.................................... .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMA/MA ................
Mata
Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Subtansi konstitusi negara
o
Muatan konstitusi negara
o
Klasifikasi konstitusi di Indonesia
o Implementasi
dasar negara ke dalam konstitusi atau UUD 1945
Kelas/Semester : X/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI
4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan
konstitusi
II. KOMPETENSI DASAR
4.2. Menganalisis
subtansi konstitusi negara
III. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1
|
Menguraikan unsur sebuah
konstitusi
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2
|
Menyimpulkan ciri sebuah
konstitusi bagi negara tertentu
|
|
3
|
Menganalisis substansi
konstitusi Indonesia
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar
siswa mampu dan dapat :
Menguraikan unsur sebuah
konstitusi
Menyimpulkan ciri sebuah
konstitusi bagi negara tertentu
Menganalisis substansi
konstitusi Indonesia
V. STRATEGI
PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu (Menit)
|
Aspek lifeskill yang
dikembangkan
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen
dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerjasama
- Keterampilan
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi.
F
menjelaskan pengertian
dasar negara dan konstitusi negara.
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi
siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok
kooperatif.
F
Guru
menyampaikan
tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif,
yang terdiri atas :
Subtansi konstitusi negara
o
Muatan konstitusi negara
o
Klasifikasi konstitusi di Indonesia
o
Implementasi dasar negara ke dalam konstitusi atau UUD 1945.
Jika jumlah siswa 40 orang,
berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F
Setelah
selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok
mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru.
Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F
Siswa
diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok
baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut
kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas
materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi
siswa dari kelompok yang
membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap
anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta
secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok
ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan
informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta
perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara
menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F
Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok
yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan
konsep..
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
55’
|
- Kerjasama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab,
Mandiri
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi / Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis subtansi konstitusi negara
|
·
Menyimpulkan ciri sebuah
konstitusi bagi negara tertentu
|
·
Siswa dapat Menguraikan unsur sebuah konstitusi
|
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.
Buku Paket PKn Kelas X
2.
UUD 1945 yang Telah Diamandemen
- Buku Kewarganegaraan Esis
Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
4.
Mimbar Demokrasi, Jurnal
Ilmiah, Jurusan Ilmu Sosial Politik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri
Jakarta, Vol 5, No. 1, Oktober 2005
5.
Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian
Kognitif
2. Penilaian
Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
.................................... .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMA/MA ................
Mata
Pelajaran : PKn
Materi
Pokok : Pembukaan
UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
o
Pokok pikiran pembukaan UUD 1945
o
Kedudukan Pembukaan dalam UUD 1945
o
Makna setiap alinia dalam pembukaan
Kelas/Semester : X/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI
4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan
konstitusi
II. KOMPETENSI DASAR
4.3. Menganalisis
kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
III. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1
|
Mendeskripsikan pokok pikiran
yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2
|
Menguraikan makna tiap alenia
yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
|
|
3
|
Menganalisis kedudukan
Pembukaan UUD 1945
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar
siswa mampu dan dapat :
Mendeskripsikan pengertian
dasar negara
Mendeskripsikan pengertian
konstitusi negara
Menguraikan tujuan dan nilai
konstitusi
Menyimpulkan keterkaitan dasar
negara dengan konstitusi di sebuah negara
Menguraikan unsur sebuah
konstitusi
Menyimpulkan ciri sebuah
konstitusi bagi negara tertentu
Menganalisis substansi
konstitusi Indonesia
Mendeskripsikan pokok pikiran
yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
Menganalisis kedudukan
Pembukaan UUD 1945
V. STRATEGI
PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
(Menit)
|
Aspek lifeskill yang
dikembangkan
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen
dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerjasama
- Keterampilan
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi.
F
menjelaskan pengertian
dasar negara dan konstitusi negara.
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi
siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok
kooperatif.
F
Guru
menyampaikan
tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif,
yang terdiri atas :
Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
o
Pokok pikiran pembukaan UUD 1945
o
Kedudukan Pembukaan dalam UUD 1945
o
Makna setiap alinia dalam pembukaan
Jika jumlah siswa 40 orang,
berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F
Setelah
selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok
mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru.
Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F
Siswa
diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok
baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut
kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas
materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi
siswa dari kelompok yang
membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap
anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta
secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok
ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan
informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta
perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara
menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F
Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok
yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan
konsep..
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
55’
|
- Kerjasama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi / Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis kedudukan
Pembukaan UUD 1945
|
·
Menguraikan makna tiap alenia
yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
|
·
Siswa dapat Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
|
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.
Buku Paket PKn Kelas X
2.
UUD 1945 yang Telah Diamandemen
- Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
- H. Dahlan Thaib Dr. dkk (1999), Teori dan Hukum Konstitusi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
5.
Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian
Kognitif
2. Penilaian
Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
.................................... .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
TLG DI POSTING RPP SMK TKR
ReplyDeleteQQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
ReplyDelete-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE