CONTOH RPP KURIKULUM 2013 PKN SMA/MA KELAS X SEMESTER 2

Written By putrajunio on Wednesday, January 1, 2014 | 5:15 PM

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Dasar negara dengan konstitusi
o   Pengertian Dasar Negara dan Konstitusi Negara
o   Tujuan dan Nilai  konstitusi
o   Keterkaitan Dasar negara dan konstitusi
Kelas/Semester   :        X/2
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

  I.        STANDAR KOMPETENSI
         4.      Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

II.      KOMPETENSI DASAR
         4.1.   Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Mendeskripsikan pengertian dasar negara
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab,
Mandiri
2
Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara
3
Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi
4
Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.   TUJUAN PEMBELAJARAN  :
      Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
*            Mendeskripsikan pengertian dasar negara
*            Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara
*            Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi
*            Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN   
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
(Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi.
F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.
F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
Dasar negara dengan konstitusi
o   Pengertian Dasar Negara dan Konstitusi Negara
o   Tujuan dan Nilai  konstitusi
o   Keterkaitan Dasar negara dan konstitusi.
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep..
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab,
Mandiri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri



STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi
·     Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi
·     Siswa dapat Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Paket PKn Kelas X
2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
  1. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
  2. J.C.T.Simorangkir, SH., Dr. (1986), Hukum dan Konstitusi Indonesia, Jakarta: PT: Gunung Agung.
5.    Lembar Kerja Siswa

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif



                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Subtansi konstitusi negara
o   Muatan konstitusi negara
o   Klasifikasi konstitusi di Indonesia
o   Implementasi dasar negara ke dalam konstitusi atau UUD 1945
Kelas/Semester   :        X/2
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

  I.        STANDAR KOMPETENSI 
         4.      Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

II.      KOMPETENSI DASAR
         4.2.   Menganalisis subtansi konstitusi negara

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menguraikan unsur sebuah konstitusi
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu
3
Menganalisis substansi konstitusi Indonesia

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.   TUJUAN PEMBELAJARAN  :
      Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
*            Menguraikan unsur sebuah konstitusi
*            Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu
*            Menganalisis substansi konstitusi Indonesia
V.     STRATEGI PEMBELAJARAN   
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi.
F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.
F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
Subtansi konstitusi negara
o   Muatan konstitusi negara
o   Klasifikasi konstitusi di Indonesia
o   Implementasi dasar negara ke dalam konstitusi atau UUD 1945.
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep..
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab,
Mandiri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri



STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menganalisis subtansi konstitusi negara
·        Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu
·     Siswa dapat Menguraikan unsur sebuah konstitusi

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Paket PKn Kelas X
2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
  1. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
4.    Mimbar Demokrasi, Jurnal Ilmiah, Jurusan Ilmu Sosial Politik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Vol 5, No. 1, Oktober 2005
5.    Lembar Kerja Siswa

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif

                                                                                          
                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
o   Pokok pikiran pembukaan UUD 1945
o   Kedudukan Pembukaan dalam UUD 1945
o   Makna setiap alinia dalam pembukaan
Kelas/Semester   :        X/2
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

  I.        STANDAR KOMPETENSI
         4.      Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

II.      KOMPETENSI DASAR
         4.3.   Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menguraikan makna tiap alenia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
3
Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.   TUJUAN PEMBELAJARAN  :
      Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
*            Mendeskripsikan pengertian dasar negara
*            Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara
*            Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi
*            Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara
*            Menguraikan unsur sebuah konstitusi
*            Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu
*            Menganalisis substansi konstitusi Indonesia
*            Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
*            Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
(Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi.
F menjelaskan pengertian dasar negara dan konstitusi negara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.
F Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :
Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
o   Pokok pikiran pembukaan UUD 1945
o   Kedudukan Pembukaan dalam UUD 1945
o   Makna setiap alinia dalam pembukaan
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
F Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep..
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri





STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945
·        Menguraikan makna tiap alenia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
·     Siswa dapat Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Paket PKn Kelas X
2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
  1. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
  2. H. Dahlan Thaib Dr. dkk (1999), Teori dan Hukum Konstitusi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
5.    Lembar Kerja Siswa

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif


                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP KURIKULUM 2013 PKN SMA/MA KELAS X SEMESTER 2 yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 5:15 PM

2 comments :

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE

    ReplyDelete

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu