DOWNLOAD CONTOH RPP PRAKARYA SMP/MTS KELAS VIII SEMESTER 1 KURIKULUM 2013

Written By putrajunio on Wednesday, August 6, 2014 | 2:44 AM

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
(RPP)
Satuan Pendidikan   : SMP.............

Mata Pelajaran          : Prakarya (Kerajinan)
Kelas / Semester       : VIII / satu
Materi Pokok             : Karya Kerajinan Daerah Setempat
Alokasi Waktu           : 2 x pertemuan (4 JP)

A.     Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1   Memahami desain dan pengemasan karya kerajinan dari bahan limbah organik lunak atau keras berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat
Indikator
3.1.1     Mendeskripsikan desain kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
3.1.2     Mendeskripsikan karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
3.1.3     Mendeskripsikan limbah organik lunak untuk karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
3.1.4     Mendeskripsikan alat-alat yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
3.1.5     Mendeskripsikan bahan yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
3.1.6     Mendeskripsikan proses pembuatan desain karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton

4.1   Membuat karya kerajinan dan pengemasan dari  bahan limbah organik lunak atau keras berdasarkan desain sesuai wilayah setempat
Indikator
4.1.1     Merancang desain karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton
4.1.2     Menentukan alat dan bahan yang tepat untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton
4.1.3     Membuat karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton


C.     Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian proses pembelajaran cara pembuatan kerajinan berupa kemasan dari bahan organik lunak, peserta didik diharapkan dapat:
1.1   Menunjukkan  rasa syukur atas keberagaman produk kerajinan daerah setempat sebagai anugerah Tuhan dengan rasa bangga
2.1   Menunjukkan rasa antusias  dalam menggali informasi tentang keberagaman karya kerajinan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
3.1.1     Mendeskripsikan desain kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
3.1.2     Mengidentifikasi limbah organik lunak atau keras untuk pengemasan
3.1.3     Mendeskripsikan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton
3.1.4     Mendeskripsikan proses pembuatan desain kemasan kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
4.1.1     Merancang karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton
4.1.2     Membuat karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton

D.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pengertian desain
2.      Pengertian kemasan
3.      Pengertian limbah organik lunak/keras
4.      Jenis alat yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton
5.      Jenis bahan yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton
6.      Proses pembuatan karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton

E.   METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan           : Saintific
Model                     : Project Base Learning
Metode                  : Diskusi, Tanya Jawab, Demonstrasi, Penugasan

F.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.     Salam, doa, dan presensi kehadiran.
2.     Peserta didik mempersiapkan fisik dan mental untuk mengikuti proses pembelajaran
3.     Memotivasi
Guru memotivasi peserta didik dengan memahami KD dan menyampaikan pentingnya tujuan pembelajaran.
Guru memotivasi dengan menunjukan karya kerajinan berupa kemasaan dari limbah organik lunak kertas karton.
4.     Apersepsi
Peserta didik mengamati, menanya, menganalisis berbagai produk kerajinan bahan buatan sebagai ungkapan rasa kekaguman keragaman kerajinan nusantara.
Peserta didik menyampaikan rasa kekagumannya terhadap karya kerajinan kerajinan berupa kemasaan dari limbah organik lunak kertas karton dengan menyampaikan pendapatnya.
10”
Inti
1.    Mengamati
Guru mengkondisikan perserta didik dengan pendekatan ilmiah dimulai dengan mengamati model, menanya, menganalisis, dan mempresentasikan jenis karya berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton dengan memberikan komentar dan pendapat.
2.    Menanya
Peserta didik mengamati, menganalisis, menyusun beberapa pertanyaan tentang karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton dengan tekun, dilanjutkan dengan membuat perencanaan desain.
3.    Mencoba/Mengeksplore,
Peserta didik diskusi, meneliti, menentukan alat dan bahan dalam membuat desain produk kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton.
Peserta didik melakukan eksplorasi dan mencoba merancang desain karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik  lunak kertas karton.
Peserta didik membuat membuat rancangan desain karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik  lunak kertas karton..
4.    Menalar
Peserta didik mencermati, menelaah prosedur pembuatan karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik  lunak kertas karton.
Peserta didik memastikan kebenaran rancangan desain karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik  lunak kertas karton yang siap untuk disajikan.
5.    Menyaji/Mengkomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan hasil perancangan rancangan desain karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik  lunak kertas karton pada teman kelasnya di depan kelas.
65”
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru dan peserta didik melakukan:
1.    Kesimpulan
Peserta didik setelah diberikan masukan kritik terhadap karya berupa kemasan dari bahan limbah organik  lunak kertas karton yang dibuat selanjutnya dapat memberikan kesimpulan untuk penyempurnaan laporan.
Guru membuat kesimpulan dan penguatan dari proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan
5”

Pertemuan ke 2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.     Salam, doa, dan pengecekan kehadiran peserta didik.
2.    Guru mempersiapkan peserta didik secara fisik dan mental untuk mengikuti proses pembelajaran.
3.     Motivasi
Guru menyampaikan KD dan pentingnya tujuan pembelajaran kepada peserta didik agar dipahami dan dipelajari dengan baik. Guru memotivasi dengan memberikan model karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton.
Peserta didik memperhatikan, mengamati karya  kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton dan menyampaikan pendapatnya.
4.     Apersepsi
Guru menanyangkan gambar/karya hasil kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton, peserta didik disuruh mengamati
10”
Inti
1.     Mengamati
Guru mengkondisikan peserta didik belajar dengan pendekatan projek dimulai dengan peserta didik mengamati karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton.
2.     Menanya
Peserta didik menganalisis berbagai karya kerajinan untuk menentukan alat, bahan, teknik dan fungsinya, dilanjutkan membuat rancangan desain. Perancangan desain berupa karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton, memperhatikan bentuk, teknik, dan fungsinya.
3.    Mencoba,
Peserta didik mencoba membuat karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton dengan cermat dilanjutkan membuat jadwal projek secara sistematis sesuai dengan waktu dan prosedur kerja secara benar.
4.    Menalar
Peserta didik merancang desain karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton dengan membuat gambar sketsa, membuat gambar kerja dan menyiapkan bahan dan alat.
Peserta didik membuat karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton sesuai desain yang dikembangkan mulai dari mempola, memotong pola, merangkai, dan menghias.
5.    Menkomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton yang dibuat secara lisan sebagai bentuk pertanggungjawaban ilmiah.

Penutup
Dalam kegiatan penutup,guru dan peserta didik:
1.    Evaluasi
Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik.
Guru mengevaluasi hasil karya kerajinan peserta didik secara singkat
2.    Kesimpulan
Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan hasil karya kerajinan yang dibuat
3.    Refleksi
Guru memberi umpan balik tentang proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan
4.    Tindak Lanjut
Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk memperkaya kompetensi tentang membuat karya kerajinan dari bahan limbah organik lunak kertas karton.
Guru memberikan tugas remidi bagi peserta didik yang belum menguasai kompetensi sesuai KKM yang ditetapkan untuk dikerjakan di rumah.
5.    Penutup doa
10”

G.    MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media                   : LCD proyektor, Buku, Benda peraga, Gambar
Sumber belajar    : Internet, Nara sumber, Alat, dan Bahan

I.       PENILAIAN

1.      Sikap spiritual
a.      Teknik                         : Tes dan nontes
b.      Bentuk Instrumen       : Lembar observasi
c.      Instrumen                    :
                                    
Pedoman Pengamatan Guru
Lembar Penilaian di atas disusun berdasarkan asumsi bahwa pembelajaran merupakan aktifitas peserta didik yang mencakup aspek spiritual dan sosial.
Guru diharapkan untuk mengisi lembar observasi ini pada proses pembelajaran berlangsung.

Lembar Observasi Penilaian Spiritual dan Sosial
No.
Nama Peserta Didik
Hal yang dinilai
Jml Skor
Nilai Akhir (NA)
Spiritual
Sosial
1
2
3
4
5
6
1









2









3









4









5









dst





















Keterangan: Hal yang dinilai
No
Hal yang dinilai
1
Cinta tanah air
2
Rasa syukur
3
Menjaga lingkungan hidup
4
Jujur
5
Kerjasama
6
Toleransi

·           Petunjuk penskoran:
Skor 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
Skor 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

·           Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali (A)   : apabila memperoleh skor  19 - 24
Baik (B)              : apabila memperoleh skor 13 - 18
Cukup    (C)       : apabila memperoleh skor 7 - 12
Kurang   (D)       : apabila memperoleh skor  1 - 6

Nilai Akhir (NA)
=
Jumlah Skor
Jumlah butir aspek yang dinilai

Lembar Observasi Penilaian Spiritual dan Sosial
No
Nama Siswa
No Presensi
Hal yang dinilai
Jumlah
1
2
3
4
5
1








2








3








4









Keterangan:
No
Hal yang dinilai
1
Berdoa sebelum beraktifitas
2
Bersyukur  atas nikmat Tuhan
3
Mensyukuri kemampuan manusia dalam mengendalikan diri
4
Mengucapkan  syukur ketika atas keberhasilan sesuatu
5
Menjaga lingkungan kegiatan praktik

·           Petunjuk penskoran:
Skor 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
Skor 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

2.      Sikap sosial
a.      Teknik                            : observasi
b.      Bentuk Instrumen          : lembar observasi
c.      Instrumen                       :
d.      Kisi-kisi                           :                      

No
Nama Siswa
No Presensi
Hal yang dinilai
1
2
3
4
5
Jumlah
1








2








3








4









Keterangan:
No
Hal yang dinilai
1
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
2
Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
3
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
4
Dapat menerima kekurangan orang lain
5
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya

·           Petunjuk pensekoran:
Skor 4 = Sangat baik
Skor 3 = Baik
Skor 2 = Cukup
Skor 1 = Kurang

3.      Pengetahuan
a.      Teknik Penilaian            : Tes tertulis
b.      Bentuk instrument         : Tes uraian
c.      Kisi-kisi
No
Materi
Indikator
Nomor soal
Jumlah soal
1
Desain
1.   Mendeskripsikan desain kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
1
1
2
Kemasan
2.   Mendeskripsikan karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
2
1
3
Limbah organic
3.   Mendeskripsikan limbah organik lunak untuk karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
3
1
4
Alat
4.   Mendeskripsikan alat-alat yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
4
1
5
Bahan
5.   Mendeskripsikan bahan yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
5
1
6
Proses pembuatan karya
6.   Mendeskripsikan proses pembuatan desain karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
6
1
Jumlah
6

d.      Instrumen                       :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen
1.  Mendeskripsikan desain kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
Tes tertulis

Uraian

1.   Deskripsikan desain kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton!

2.  Mendeskripsikan karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
Tes tertulis

Uraian

2.   Deskripsikan karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton!
3.  Mendeskripsikan limbah organik lunak untuk karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
Tes tertulis

Uraian

3.   Deskripsikan limbah organik lunak untuk karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton!
4.  Mendeskripsikan alat-alat yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
Tes tertulis

Uraian

4.   Deskripsikan alat-alat yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton!
5.  Mendeskripsikan bahan yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
Tes tertulis

Uraian

5.   Deskripsikan bahan yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton!
6.  Mendeskripsikan proses pembuatan desain karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
Tes tertulis

Uraian

6.   Deskripsikan proses pembuatan desain karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton!

Kunci jawaban soal subjektif
1.      ...
2.     
3.     
4.      Alat yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton antara lain: gunting, cutter, penggaris, pensil
5.      Bahan yang yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton antara lain: kertas karton, kardus, selotip, lem.
6.      Proses pembuatan desain karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton dilakukan dengan merancang karya kemasan, membuat pola, memotong pola, merangkai pola, dan menghias

Rubrik Penskoran:
No
Indikator
Kriteria
Skor
4
Deskripsikan alat-alat yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
Apabila semua jawaban disebutkan dengan benar
4
Apabila sebagian besar jawaban disebutkan dengan benar
3

Apabila sebagian jawaban disebutkan dengan benar
2

Apabila hanya satu jawaban disebutkan dengan benar
1
5
Deskripsikan bahan yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
Apabila semua jawaban disebutkan dengan benar
4
Apabila sebagian besar jawaban disebutkan dengan benar
3

Apabila sebagian jawaban disebutkan dengan benar
2

Apabila hanya satu jawaban disebutkan dengan benar
1
6
Deskripsikan proses pembuatan desain karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
Apabila semua jawaban disebutkan dengan benar
4
Apabila sebagian besar jawaban disebutkan dengan benar
3

Apabila sebagian jawaban disebutkan dengan benar
2

Apabila hanya satu jawaban disebutkan dengan benar
1


Pedoman Penskoran:
·           Skor peserta didik berkisar antara 1 - 4.
Nilai peserta didik
=
Jumlah jawaban  benar
x
4
Banyak soal
·           Dalam menilai tes tulis yang berbentuk uraian, juga dinilai sikap: tekun, jujur, cermat, dan tanggung jawab.

4.      Keterampilan
a.      Teknik                            : observasi
b.      Bentuk instrumen          : lembar observasi
c.      Instrumen                       : Terlampir
d.      Kisi-kisi
Aspek Keterampilan
Butir Penilaian
1.     Memilih dan menggunakan alat
2.     Memilih dan menggunakan bahan
3.     Mendesain karya
4.     Proses pembuatan karya
5.     Produk
6.     Ketepatan waktu
Soal uji kinerja

Soal praktik:
Buatlah karya kerajinan menggunakan bahan limbah organik lunak kerja berupa berupa kemasan sesuai dengan desain yang telah dibuat!

Rubrik Penilaian Praktik
No
Aspek yang dinilai
Skor
1.   
Memilih dan menggunakan alat sesuai karya kerajinan yang dibuat

2.   
Memilih dan menggunakan bahan sesuai karya kerajinan yang dibuat

3.   
Mendesain karya


a.   Ide/gagasan


b.   Kreativitas

4.   
Proses pembuatan karya


a.   membuat pola


b.   memotong pola


c.   merangkai pola


d.   menghias

5.   
Produk


a.   Bentuk benda


b.   Penampilan produk

6.    
Ketepatan waktu


Jumlah skor


Petunjuk penskoran:
Skor 4 = Sangat baik
Skor 3 = Baik
Skor 2 = Cukup
Skor 1 = Kurang

Pedoman Penilaian
·           Skor maksimal = 11 X 4 = 44
Nilai perolehan
=
Jumlah Skor
x
4
Skor Maksimal

·           Dalam kegiatan praktik, juga dinilai sikap: tekun, tanggung jawab, toleran, kreatif, jujur, cermat, disiplin, dan taat menjalankan agama yang dianutnya tekun, jujur, cermat, dan tanggung jawab.


                                                                                                
Mengetahui                                                                         ......,..........................
Kepala SMP                                                                        Guru Prakarya





.............................                                                             ..................................
NIP                                                                                    NIP

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul DOWNLOAD CONTOH RPP PRAKARYA SMP/MTS KELAS VIII SEMESTER 1 KURIKULUM 2013 yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 2:44 AM

2 comments :

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE

    ReplyDelete

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu