RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Prakarya (Kerajinan)
Kelas /
Semester : VIII / satu
Materi
Pokok : Karya Kerajinan Daerah Setempat
Alokasi Waktu :
2 x
pertemuan (4 JP)
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Memahami desain dan pengemasan karya kerajinan dari bahan
limbah organik lunak atau keras berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah
setempat
Indikator
3.1.1 Mendeskripsikan
desain kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
3.1.2 Mendeskripsikan
karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
3.1.3 Mendeskripsikan
limbah organik lunak untuk karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah
organik lunak kertas karton
3.1.4 Mendeskripsikan
alat-alat yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari
bahan limbah organik lunak kertas karton
3.1.5 Mendeskripsikan
bahan yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari bahan
limbah organik lunak kertas karton
3.1.6 Mendeskripsikan
proses pembuatan desain karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah
organik lunak kertas karton
4.1 Membuat
karya kerajinan dan pengemasan dari
bahan limbah organik lunak atau keras berdasarkan desain sesuai wilayah
setempat
Indikator
4.1.1 Merancang
desain karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton
4.1.2 Menentukan
alat dan bahan yang tepat untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari
limbah organik lunak kertas karton
4.1.3 Membuat
karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian proses pembelajaran cara
pembuatan kerajinan berupa kemasan dari bahan organik lunak, peserta didik
diharapkan dapat:
1.1 Menunjukkan rasa
syukur atas keberagaman produk kerajinan daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
dengan rasa bangga
2.1 Menunjukkan rasa antusias
dalam menggali informasi tentang keberagaman karya kerajinan daerah
setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
3.1.1 Mendeskripsikan
desain kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
3.1.2 Mengidentifikasi
limbah organik lunak atau keras untuk pengemasan
3.1.3 Mendeskripsikan
alat dan bahan yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari
limbah organik lunak kertas karton
3.1.4 Mendeskripsikan
proses pembuatan desain kemasan kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah
organik lunak kertas karton
4.1.1 Merancang
karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton
4.1.2 Membuat
karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian
desain
2. Pengertian
kemasan
3. Pengertian
limbah organik lunak/keras
4. Jenis
alat yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari limbah
organik lunak kertas karton
5. Jenis
bahan yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari limbah
organik lunak kertas karton
6. Proses
pembuatan karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas
karton
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Saintific
Model :
Project Base Learning
Metode : Diskusi, Tanya Jawab, Demonstrasi, Penugasan
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Salam, doa, dan
presensi kehadiran.
2.
Peserta didik
mempersiapkan fisik dan mental untuk mengikuti proses pembelajaran
3.
Memotivasi
Guru
memotivasi peserta didik dengan memahami KD dan menyampaikan pentingnya
tujuan pembelajaran.
Guru
memotivasi dengan menunjukan karya kerajinan berupa kemasaan dari limbah
organik lunak kertas karton.
4.
Apersepsi
Peserta
didik mengamati, menanya, menganalisis berbagai produk kerajinan bahan buatan
sebagai ungkapan rasa kekaguman keragaman kerajinan nusantara.
Peserta
didik menyampaikan rasa kekagumannya terhadap karya kerajinan kerajinan
berupa kemasaan dari limbah organik lunak kertas karton dengan menyampaikan
pendapatnya.
|
10”
|
Inti
|
1.
Mengamati
Guru mengkondisikan perserta didik dengan pendekatan
ilmiah dimulai dengan mengamati model, menanya, menganalisis, dan
mempresentasikan jenis karya berupa
kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas
karton dengan memberikan komentar dan pendapat.
2.
Menanya
Peserta didik mengamati, menganalisis, menyusun beberapa pertanyaan tentang karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik
lunak kertas karton dengan tekun,
dilanjutkan dengan membuat perencanaan desain.
3.
Mencoba/Mengeksplore,
Peserta didik diskusi, meneliti, menentukan alat dan bahan dalam membuat desain produk kerajinan berupa kemasan dari bahan
limbah organik lunak kertas
karton.
Peserta
didik melakukan eksplorasi dan mencoba merancang desain
karya kerajinan berupa kemasan dari
bahan limbah organik lunak kertas
karton.
Peserta
didik membuat membuat rancangan
desain karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak
kertas karton..
4.
Menalar
Peserta
didik mencermati, menelaah prosedur pembuatan karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak
kertas karton.
Peserta didik memastikan kebenaran rancangan desain karya
kerajinan berupa
kemasan dari bahan
limbah organik lunak kertas
karton yang siap untuk disajikan.
5.
Menyaji/Mengkomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan
hasil perancangan rancangan desain karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton pada teman kelasnya di
depan kelas.
|
65”
|
Penutup
|
Dalam kegiatan penutup, guru
dan peserta didik melakukan:
1.
Kesimpulan
Peserta didik setelah diberikan masukan kritik terhadap
karya berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas
karton yang dibuat selanjutnya dapat
memberikan kesimpulan untuk penyempurnaan laporan.
Guru membuat kesimpulan dan penguatan dari
proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan
|
5”
|
Pertemuan ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Salam, doa, dan pengecekan kehadiran peserta didik.
2.
Guru mempersiapkan peserta didik secara fisik dan mental untuk mengikuti proses
pembelajaran.
3.
Motivasi
Guru
menyampaikan KD dan pentingnya tujuan pembelajaran kepada peserta didik agar
dipahami dan dipelajari dengan baik. Guru memotivasi dengan memberikan model karya kerajinan berupa kemasan dari
limbah organik lunak kertas karton.
Peserta didik memperhatikan, mengamati karya kerajinan berupa kemasan dari
limbah organik lunak kertas karton dan menyampaikan pendapatnya.
4.
Apersepsi
Guru menanyangkan gambar/karya hasil kerajinan berupa
kemasan dari limbah organik lunak kertas karton, peserta didik disuruh
mengamati
|
10”
|
Inti
|
1.
Mengamati
Guru mengkondisikan peserta didik belajar dengan
pendekatan projek dimulai dengan peserta didik mengamati karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas karton.
2.
Menanya
Peserta didik menganalisis berbagai karya
kerajinan untuk menentukan alat, bahan, teknik dan fungsinya, dilanjutkan membuat rancangan desain. Perancangan
desain berupa karya kerajinan berupa kemasan dari limbah organik lunak kertas
karton, memperhatikan bentuk, teknik, dan fungsinya.
3.
Mencoba,
Peserta didik mencoba membuat karya
kerajinan berupa
kemasan dari limbah organik
lunak kertas karton dengan cermat dilanjutkan
membuat jadwal projek secara sistematis sesuai dengan waktu dan prosedur
kerja secara benar.
4.
Menalar
Peserta didik merancang desain karya
kerajinan berupa kemasan dari limbah organik
lunak kertas karton dengan membuat gambar
sketsa, membuat gambar kerja dan menyiapkan bahan dan
alat.
Peserta didik membuat karya
kerajinan berupa kemasan dari limbah organik
lunak kertas karton sesuai desain yang
dikembangkan mulai dari mempola, memotong pola, merangkai, dan
menghias.
5.
Menkomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan
hasil kerja karya kerajinan berupa
kemasan dari limbah organik lunak kertas karton yang
dibuat secara lisan sebagai bentuk pertanggungjawaban ilmiah.
|
|
Penutup
|
Dalam kegiatan penutup,guru dan peserta didik:
1. Evaluasi
Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik.
Guru mengevaluasi hasil karya kerajinan
peserta didik secara singkat
2. Kesimpulan
Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan hasil
karya kerajinan yang dibuat
3.
Refleksi
Guru memberi umpan balik tentang proses pembelajaran
yang sudah dilaksanakan
4.
Tindak Lanjut
Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk
memperkaya kompetensi tentang membuat karya
kerajinan dari bahan limbah
organik lunak kertas karton.
Guru memberikan tugas remidi bagi peserta didik yang
belum menguasai kompetensi sesuai KKM yang ditetapkan untuk dikerjakan di
rumah.
5.
Penutup doa
|
10”
|
G. MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media :
LCD proyektor,
Buku, Benda peraga, Gambar
Sumber belajar :
Internet, Nara sumber, Alat, dan Bahan
I. PENILAIAN
1.
Sikap spiritual
a. Teknik : Tes
dan nontes
b. Bentuk Instrumen :
Lembar observasi
c. Instrumen :
Pedoman Pengamatan Guru
Lembar Penilaian di atas
disusun berdasarkan asumsi bahwa pembelajaran merupakan aktifitas peserta didik
yang mencakup aspek spiritual dan sosial.
Guru diharapkan untuk
mengisi lembar observasi ini pada proses pembelajaran berlangsung.
Lembar
Observasi Penilaian Spiritual dan Sosial
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Hal yang dinilai
|
Jml Skor
|
Nilai
Akhir (NA)
|
||||||
Spiritual
|
Sosial
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
4
|
||||||||||
5
|
||||||||||
dst
|
||||||||||
Keterangan: Hal yang dinilai
No
|
Hal yang dinilai
|
1
|
Cinta tanah air
|
2
|
Rasa syukur
|
3
|
Menjaga lingkungan hidup
|
4
|
Jujur
|
5
|
Kerjasama
|
6
|
Toleransi
|
·
Petunjuk penskoran:
Skor 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
Skor 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
·
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali (A) : apabila memperoleh skor 19 - 24
Baik (B) :
apabila memperoleh skor 13 - 18
Cukup (C) : apabila memperoleh skor 7 - 12
Kurang (D) : apabila memperoleh
skor 1 - 6
Nilai
Akhir (NA)
|
=
|
Jumlah
Skor
|
Jumlah butir aspek yang dinilai
|
Lembar
Observasi Penilaian Spiritual dan Sosial
No
|
Nama Siswa
|
No Presensi
|
Hal yang dinilai
|
Jumlah
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
Keterangan:
No
|
Hal yang dinilai
|
1
|
Berdoa sebelum beraktifitas
|
2
|
Bersyukur atas
nikmat Tuhan
|
3
|
Mensyukuri kemampuan manusia dalam mengendalikan diri
|
4
|
Mengucapkan
syukur ketika atas keberhasilan sesuatu
|
5
|
Menjaga lingkungan kegiatan praktik
|
·
Petunjuk penskoran:
Skor 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
Skor 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2. Sikap sosial
a. Teknik :
observasi
b. Bentuk Instrumen : lembar observasi
c. Instrumen :
d. Kisi-kisi :
No
|
Nama Siswa
|
No Presensi
|
Hal yang dinilai
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Jumlah
|
|||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
Keterangan:
No
|
Hal yang dinilai
|
1
|
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
2
|
Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas
atau sekolah
|
3
|
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
|
4
|
Dapat menerima kekurangan orang lain
|
5
|
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
·
Petunjuk pensekoran:
Skor 4 = Sangat baik
Skor 3 = Baik
Skor 2 = Cukup
Skor 1 = Kurang
3.
Pengetahuan
a. Teknik Penilaian :
Tes tertulis
b. Bentuk instrument :
Tes uraian
c. Kisi-kisi
No
|
Materi
|
Indikator
|
Nomor
soal
|
Jumlah
soal
|
1
|
Desain
|
1.
Mendeskripsikan desain
kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
|
1
|
1
|
2
|
Kemasan
|
2.
Mendeskripsikan karya
kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
|
2
|
1
|
3
|
Limbah organic
|
3.
Mendeskripsikan limbah
organik lunak untuk karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik
lunak kertas karton
|
3
|
1
|
4
|
Alat
|
4.
Mendeskripsikan alat-alat
yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah
organik lunak kertas karton
|
4
|
1
|
5
|
Bahan
|
5.
Mendeskripsikan bahan yang
digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah
organik lunak kertas karton
|
5
|
1
|
6
|
Proses pembuatan karya
|
6.
Mendeskripsikan proses
pembuatan desain karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik
lunak kertas karton
|
6
|
1
|
Jumlah
|
6
|
d.
Instrumen :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
1.
Mendeskripsikan desain
kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
|
Tes
tertulis
|
Uraian
|
1.
Deskripsikan desain kerajinan berupa kemasan
dari bahan limbah organik lunak kertas karton!
|
2.
Mendeskripsikan karya
kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton
|
Tes
tertulis
|
Uraian
|
2. Deskripsikan karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah
organik lunak kertas karton!
|
3.
Mendeskripsikan limbah
organik lunak untuk karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik
lunak kertas karton
|
Tes
tertulis
|
Uraian
|
3.
Deskripsikan
limbah organik lunak untuk karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah
organik lunak kertas karton!
|
4.
Mendeskripsikan
alat-alat yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari
bahan limbah organik lunak kertas karton
|
Tes
tertulis
|
Uraian
|
4.
Deskripsikan
alat-alat yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari
bahan limbah organik lunak kertas karton!
|
5.
Mendeskripsikan
bahan yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari bahan
limbah organik lunak kertas karton
|
Tes
tertulis
|
Uraian
|
5.
Deskripsikan
bahan yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari bahan
limbah organik lunak kertas karton!
|
6.
Mendeskripsikan proses
pembuatan desain karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik
lunak kertas karton
|
Tes
tertulis
|
Uraian
|
6.
Deskripsikan
proses pembuatan desain karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah
organik lunak kertas karton!
|
Kunci jawaban soal subjektif
1. ...
2. …
3. …
4. Alat yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa
kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton antara lain: gunting,
cutter, penggaris, pensil
5. Bahan yang yang digunakan untuk membuat karya kerajinan
berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton antara lain:
kertas karton, kardus, selotip, lem.
6. Proses pembuatan desain karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah organik lunak kertas karton dilakukan dengan
merancang karya kemasan, membuat pola, memotong pola,
merangkai pola, dan menghias
Rubrik Penskoran:
No
|
Indikator
|
Kriteria
|
Skor
|
4
|
Deskripsikan
alat-alat yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari
bahan limbah organik lunak kertas karton
|
Apabila semua jawaban disebutkan dengan benar
|
4
|
Apabila sebagian besar jawaban disebutkan dengan benar
|
3
|
||
Apabila sebagian jawaban disebutkan dengan benar
|
2
|
||
Apabila hanya satu jawaban disebutkan dengan benar
|
1
|
||
5
|
Deskripsikan
bahan yang digunakan untuk membuat karya kerajinan berupa kemasan dari bahan
limbah organik lunak kertas karton
|
Apabila semua jawaban disebutkan dengan benar
|
4
|
Apabila sebagian besar jawaban disebutkan dengan benar
|
3
|
||
Apabila sebagian jawaban disebutkan dengan benar
|
2
|
||
Apabila hanya satu jawaban disebutkan dengan benar
|
1
|
||
6
|
Deskripsikan
proses pembuatan desain karya kerajinan berupa kemasan dari bahan limbah
organik lunak kertas karton
|
Apabila semua jawaban disebutkan dengan benar
|
4
|
Apabila sebagian besar jawaban disebutkan dengan benar
|
3
|
||
Apabila sebagian jawaban disebutkan dengan benar
|
2
|
||
Apabila hanya satu jawaban disebutkan dengan benar
|
1
|
Pedoman Penskoran:
·
Skor peserta
didik berkisar antara 1 - 4.
Nilai
peserta didik
|
=
|
Jumlah
jawaban benar
|
x
|
4
|
Banyak
soal
|
·
Dalam menilai tes tulis yang
berbentuk uraian, juga dinilai sikap: tekun, jujur, cermat, dan tanggung
jawab.
4. Keterampilan
a. Teknik : observasi
b. Bentuk instrumen :
lembar observasi
c. Instrumen :
Terlampir
d. Kisi-kisi
Aspek
Keterampilan
|
Butir
Penilaian
|
1.
Memilih
dan menggunakan alat
2.
Memilih
dan menggunakan bahan
3.
Mendesain
karya
4.
Proses
pembuatan karya
5.
Produk
6.
Ketepatan
waktu
|
Soal uji kinerja
|
Soal praktik:
Buatlah
karya kerajinan menggunakan bahan limbah organik lunak kerja berupa berupa
kemasan sesuai dengan desain yang telah dibuat!
Rubrik Penilaian Praktik
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
Memilih dan menggunakan alat sesuai karya kerajinan
yang dibuat
|
|
2.
|
Memilih dan menggunakan bahan sesuai karya kerajinan
yang dibuat
|
|
3.
|
Mendesain
karya
|
|
a.
Ide/gagasan
|
||
b.
Kreativitas
|
||
4.
|
Proses
pembuatan karya
|
|
a.
membuat pola
|
||
b.
memotong pola
|
||
c.
merangkai pola
|
||
d.
menghias
|
||
5.
|
Produk
|
|
a.
Bentuk benda
|
||
b.
Penampilan produk
|
||
6.
|
Ketepatan
waktu
|
|
Jumlah
skor
|
Petunjuk
penskoran:
Skor 4 = Sangat baik
Skor 3 = Baik
Skor 2 = Cukup
Skor 1 = Kurang
Pedoman Penilaian
·
Skor maksimal = 11 X 4 = 44
Nilai perolehan
|
=
|
Jumlah
Skor
|
x
|
4
|
Skor
Maksimal
|
·
Dalam kegiatan praktik, juga
dinilai sikap: tekun, tanggung jawab, toleran, kreatif, jujur, cermat,
disiplin, dan taat menjalankan agama yang dianutnya tekun, jujur, cermat, dan
tanggung jawab.
Mengetahui ......,..........................
Kepala SMP Guru Prakarya
............................. ..................................
NIP NIP
PIE KBRE PAK KASIRAN
ReplyDeleteQQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
ReplyDelete-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE