RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas /Semester : X /
Satu
Pertemuan ke : 1
(satu)
Alokasi Waktu : 3 x
45 menit (1 kali pertemuan)
I. Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati,
mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan duniar
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
II. Kompetensi Dasar : 3.1 Mendeskripsikan konsep manajemen
4.1 Menyajikan konsep
manajemen
III.
Indikator
·
Mendeskripsikan pengertian manajemen
·
Mengidentifikasi jenjang manajemen
·
Mendeskripsikan prinsip-prinsip manajemen
·
Mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen
·
Mengidentifikasi bidang-bidang manajemen
·
Menunjukkan contoh penerapan fungsi
manajemen dalam kegiatan sekolah
IV.
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa mampu
mendeskripsikan pengertian manajemen
·
Siswa mampu mengidentifikasi jenjang manajemen
·
Siswa mampu mendeskripsikan prinsip-prinsip manajemen
·
Siswa mampu mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen
·
Siswa mampu mengidentifikasi bidang-bidang manajemen
·
Siswa mampu menunjukkan contoh
penerapan fungsi manajemen dalam kegiatan sekolah
V. Materi Pembelajaran :
ü Pengertian manajemen
ü Jenjang manajemen
ü Prinsip-prinsip manajemen
ü Fungsi-fungsi manajemen
ü Bidang-bidang manajemen
VI. Metode Pembelajaran :
1.
Jigsaw
2.
Diskusi
3.
Pemberian tugas di kelas/luar kelas
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I:
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
A. Kegiatan awal:
1.
Apersepsi (absensi, doa)
2.
Pemberian motivasi menggunakan berbagai tayangan
dan pertanyaan yang berhubungan dengan pengertian manajemen, jenjang manajemen, prinsip-prinsip manajemen, fungsi-fungsi manajemen, bidang-bidang manajemen
3.
Penyampaian tujuan pembelajaran
4.
Pre tes untuk mengetahui pemahaman awal siswa
tentang pengertian manajemen, jenjang manajemen, prinsip-prinsip manajemen, fungsi-fungsi manajemen, bidang-bidang manajemen
|
20 menit
|
B. Kegiatan
Inti :
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan
jumlah anggota 4 orang.
2. Masing-masing anggota kelompok diberi tugas yang berbeda-beda menurut indikator
pada materi tersebut.
3. Masing-masing anggota kelompok bertugas untuk
mengamati, mencari dan menanya
informasi tentang indikator materi yang ditugaskan kepadanya: tugas siswa 1 indikator
pengertian dan jenjang manajemen, tugas siswa 2 indikator tentang prinsip-prinsip
manajemen, tugas siswa 3 indikator tentang fungsi manajemen, dan tugas siswa
4 indikator tentang bidang manajemen.
4. Setelah mempelajari indikator materi yang ditugaskan padanya, masing masing
anggota kelompok bertemu dengan anggota kelompok lain yang memiliki tugas
pada indikator materi yang sama dan
membentuk kelompok baru (kelompok ahli) untuk berdiskusi tentang indikator
materi mereka tersebut.
5. Setelah setiap anggota kelompok berdiskusi dalam
team ahli, setiap anggota kelompok kembali ke kelompoknya
masing-masing dan dalam kelompoknya bergantian memberikan penjelasan indikator
materi yang telah ditugaskan kepada
masing-masing anggota
6. Setiap team ahli mempresentasikan indikator
materi bagiannya
7. Guru memberi
evaluasi
|
100
|
C. Kegiatan
Akhir :
1.
Guru
bersama siswa membuat simpulkan tentang pengertian manajemen, jenjang manajemen, prinsip-prinsip manajemen, fungsi-fungsi manajemen, bidang-bidang manajemen dan penerapan fungsi manajemen dalam kegiatan
sekolah.
2. Guru memberikan tugas individu dan kelompok untuk
melakukan penelitian lebih dalam tentang pengertian manajemen, jenjang manajemen, prinsip-prinsip manajemen, fungsi-fungsi manajemen, bidang-bidang manajemen dan penerapannya di lingkungan sekolah, yakni
dengan penugasan: membuat contoh proposal untuk suatu kegiatan yang dilakukan
dilingkungan sekolah misalnya : peringatan hari kartini, class meeting
3.
Post tes
secara terulis tentang pengertian manajemen, jenjang manajemen, prinsip-prinsip manajemen, fungsi-fungsi manajemen, bidang-bidang manajemen..
4.
Guru
menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya
|
15
|
VIII. Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
a. Alat / Bahan :
Peta Konsep
Power point materi manajemen , Video pengelolaan kegiatan osis, LCD, Laptop
b. Sumber
Belajar :
buku ekonomi
yang relevan dan ber-isbn, internet dan nara umber
IX. Penilaian
1. Prosedur :
a. Penilaian proses belajar mengajar oleh guru
b. Penilaian hasil belajar (tes
tertulis berbentuk uraian)
2. Alat Penilaian (Soal terlampir)
Jakarta, 15 Juli 2013
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
Kepala SMA INDONESIA RAYA
0 comments :
Post a Comment