JURNAL
1)
Model Pertama
Petunjuk pengisian jurnal (diisi oleh guru):
a) Tulislah
identitas peserta didik yang diamati
b) Tulislah
tanggal pengamatan.
c) Tulislah
aspek yang diamati oleh guru.
d) Ceritakan
kejadian-kejadian yang dialami oleh Peserta didik baik yang merupakan kekuatan
Peserta didik maupun kelemahan Peserta didik sesuai dengan pengamatan guru
terkait dengan Kompetensi Inti.
e) Tulislah
dengan segera kejadian
f) Setiap
kejadian per anak ditulis pada kartu yang berbeda.
g) Simpanlah
kartu tersebut di dalam folder masing-masing Peserta didik
Format:
|
Petunjuk
penskoran
Lihat petunjuk
penskoran pedoman observasi sikap disiplin
2)
Model
Kedua
Petunjuk pengisian jurnal (diisi oleh guru):
a) Tulislah
Aspek yang diamati
b) Tulislah
identitas peserta didik yang diamati
c) Tulislah
tanggal pengamatan.
d) Tulislah
aspek yang diamati oleh guru.
e) Ceritakan
kejadian-kejadian yang dialami oleh Peserta didik baik yang merupakan kekuatan
Peserta didik maupun kelemahan Peserta didik sesuai dengan pengamatan guru
terkait dengan Kompetensi Inti.
f) Tulislah
dengan segera kejadian yang diamati
g) Setiap
kejadian per anak ditulis pada kartu yang berbeda.
h) Simpanlah
kartu tersebut di dalam folder masing-masing Peserta didik
Contoh Format Jurnal
Jurnal
Nama Peserta Didik :
………………..
Aspek yang diamati :
………………..
No.
|
Hari/
Tanggal
|
Kejadian
|
Keterangan
|
|
|
|
1. Pelaksanaan
Penilaian
Pelaksanaan
penilaian kompetensi sikap dilakukan oleh pendidik setiap mata pelajaran untuk
dilaporkan kepada wali kelas yang selanjutnya dapat dijadikan sebagai laporan
penilaian satuan pendidikan. Secara umum, pelaksanaan penilaian sikap sama
dengan penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan yaitu harus
berlangsung dalam suasana kondusif, tenang dan nyaman dengan menerapkan prinsip
valid, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh, menggunakan acuan
kriteria, dan akuntabel.
Tahap Pelaksanaan Penilaian kompetensi sikap adalah sebagai berikut:
a.
Pada
awal semester, pendidik menginformasikan tentang kompetensi sikap yang akan
dinilai yaitu sikap spiritual, jujur, disiplin, tanggungjawab, toleransi,
gotong royong, santun atau sopan, atau percaya diri.
b.
Pendidik
mengembangkan instrumen penilaian sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya,
Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan indikator kompetensi sikap yang telah
ditetapkan sebelumnya dalam RPP. Bentuk instrumen yang dikembangkan disesuaikan
dengan jenis aspek yang akan dinilai dengan demikian pendidik dapat memilih
salah satu dari empat bentuk instrumen yang direkmendasikan oleh Permendikbud
Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan yaitu observasi,
penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal
c.
Pendidik
memberi penjelasan tentang kriteria penilaian untuk setiap sikap yang akan
dinilai termasuk bentuk instrumen yang akan digunakannya.
d.
Memeriksa
dan mengolah hasil penilaian dengan mengacu pada pedoman penskoran dan kriteria
penilaian yang telah ditetapkan sebelumnya.
e.
Hasil
penilaian diinformasikan kepada masing-masing peserta didik pada setiap akhir
pekan dengan tujuan untuk (a) mengetahui kemajuan hasil pengembangan sikapnya,
(b) mengetahui kompetensi sikap yang belum dan yang sudah dicapai sesuai
kriteria yang ditetapkan, (c) memotivasi peserta didik agar memperbaiki sikap
yang masih rendah dan berusaha mempertahankan sikap yang telah baik, dan (d)
menjadi bagian refleksi bagi pendidik untuk memperbaiki strategi pengembangan
sikap peserta didik di masa yang akan datang.
f.
Tindak
lanjut hasil penilaian sikap setiap minggu dijadikan dasar untuk melakukan
proses pembinaan dan pengembangan sikap yang disisipkan dalam mata pelajaran
yang bersangkutan tanpa harus memperhatikan pencapaian kompetensi dasar terkait
dari aspek kompetensi sikap.
g.
Pada
akhir semester, setiap skor penilaian harian selama satu semester dibuat grafik
perkembangannya dan nilai akhir ditetapkan dari rata-rata nilai kompetensi
sikap. Grafik perkembangan digunakan sebagai bahan refleksi proses pembelajaran
dan pembinaan sikap. Rata-rata nilai kompetensi sikap diserahkan kepada wali
kelas oleh masing-masing pendidik pengampu mata pelajaran sebagai nilai raport
2. Pengolahan
Penilaian
Data penilaian sikap
bersumber dari hasil penilaian melalui teknik
observasi, penilaian diri, penilaian antarpeserta didik, dan jurnal. Instrumen
yang digunakan untuk observasi, penilaian diri, dan penilaian antarpeserta
didik adalah daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang
disertai rubrik. Sedangkan pada jurnal berupa catatan pendidik.
Pada akhir semester, guru mata pelajaran dan wali kelas
berkewajiban melaporkan hasil penilaian sikap, baik sikap spiritual dan sikap
sosial secara integratif. Laporan penilaian sikap dalam bentuk nilai kualitatif dan
deskripsi dari sikap peserta didik untuk
mata pelajaran yang bersangkutan dan antarmata pelajaran. Nilai kualitatif menggambarkan
posisi relatif peserta didik terhadap kriteria yang ditentukan. Kriteria
penilaian kualitatif dikategorikan menjadi 4 kategori yaitu :
a.
sangat baik (SB)
b.
baik (B),
c.
cukup (C),
d.
kurang (K).
Sedangkan deskripsi memuat uraian secara naratif pencapaian
kompetensi sikap sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar setiap mata
pelajaran . Deskripsi sikap pada setiap mata pelajaran menguraikan kelebihan
sikap peserta didik, dan sikap yang masih perlu ditingkatkan. Contoh uraian deskripsi sikap dalam mata
pelajaran antara lain :
·
Menunjukkan sikap
yang baik dalam kejujuran, disiplin, perlu ditingkatkan sikap percaya diri
·
Menunjukkan sikap
yang baik dalam kejujuran, disiplin, dan percaya diri
Sedangkan deskripsi sikap antarmata pelajaran menjadi
tanggung jawab wali kelas melalui analisis nilai sikap setiap mata pelajaran
dan proses diskusi secara periodik dengan guru mata pelajaran. Deskripsi sikap
antarmata pelajaran menguraikan kelebihan sikap peserta didik, dan sikap yang
masih perlu ditingkatkan apabila ada secara keseluruhan, serta rekomendasi
untuk peningkatan. Contoh uraian deskripsi sikap antarmatapelajaran antara lain :
·
Menunjukkan sikap
yang baik dalam kejujuran, disiplin, toleransi, gotong royong, santun, dan
percaya diri. Perlu ditingkatkan sikap tanggung jawab, melalui pembiasaan
penugasan mandiri di rumah.
·
Menunjukkan sikap
yang baik dalam kejujuran, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong,
santun, dan percaya diri
Pelaksanaan penilaian sikap menggunakan berbagai teknik dan
bentuk penilaian yang bervariasi dan berkelanjutan agar menghasilkan penilaian
otentik secara utuh. Nilai sikap diperoleh melalui proses pengolhan nilai
sikap. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengolahan nilai antara lain
:
a.
Pengolahan nilai sikap
dilakukan pada akhir kompetensi dasar dan akhir semester.
b.
Pengolahan nilai
berdasarkan sikap yang diharapkan sesuai tuntutan kompetensi dasar.
c.
Pengolahan nilai
ini bersumber pada nilai yang diperoleh melalui berbagai teknik penilaian .
d.
Menentukan pembobotan
yang berbeda untuk setiap teknik penilaian apabila diperlukan, dengan
mengutamakan teknik observasi memiliki bobot lebih besar.
e.
Pengolahan nilai
akhir semester bersumber pada semua nilai sikap sesuai kompetensi dasar
semester bersangkutan.
Konversi nilai sikap sesuai dengan Permendikbud No. 81 A
Tahun 2013 :
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A -
|
3.66
|
3.66
|
|
B +
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B -
|
2.66
|
2.66
|
|
C +
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C -
|
1.66
|
1.66
|
|
D +
|
1.33
|
1.33
|
D
|
D
|
1
|
1
|
Contoh Pengolahan Nilai Sikap
a.
Pengolahan Nilai Sikap Mata Pelajaran
1) Nilai
Sikap
Suatu
penilaian sikap peduli menghasilkan skor 3,6 dengan teknik penilaian antarpeserta
didik, dan skor 2,8 dengan observasi guru. Apabila bobot penilaian antarpeserta
didik adalah 1, sedangkan observasi 2, maka perolehan skor akhir adalah :
(3,6 x 1) + (2,8 x 2)
skor akhir = ------------------------------ = 3,066667 = 3,07
3
Karena skor akhir adalah 3,07 maka nilainya adalah Baik (B).
2)
Deskripsi
Sikap:
Deskripsi sikap dirumuskan berdasarkan akumulasi
capaian sikap selama pembelajaran sejumlah kompetensi dasar(KD) pada semester
berjalan. Rumusan deskripsi sikap berdasarkan kecenderungan perolehan capaian
nilai. Contoh sebagai berikut :
·
Menunjukkan
sikap jujur, iman dan taqwa, dan tanggung
yang sangat baik , perlu ditingkatkan
sikap disiplin.
·
Sikap
sudah sangat baik, namun sikap disiplin masih perlu ditingkatkan.
Contoh pengolahan nilai :
Sikap
|
Mata
Pelajaran
|
Rata-Rata
|
Nilai
Akhir
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
Jujur
|
3.2
|
2.4
|
3.7
|
3.5
|
3
|
2.78
|
2.5
|
2.33
|
3.4
|
3.1
|
2.9
|
Baik
|
Disiplin
|
3.4
|
3.2
|
3.1
|
3.5
|
3.4
|
3.4
|
3.0
|
3.5
|
2.9
|
3.0
|
3.24
|
Baik
|
Kerjasama
|
1.7
|
2.9
|
2.3
|
2.4
|
3.5
|
1.4
|
3.5
|
1.5
|
3.6
|
2.1
|
2.5
|
Baik
|
b.
Pengolahan Nilai Sikap Antarmata pelajaran
1)
Penilaian
dilakukan oleh seluruh guru mata pelajaran dan dikoordinasi oleh wali kelas.
2)
Proses
penilaian dilakukan melalaui analisis sikap setiap mata pelajaran dan
disampaikan dalam diskusi antar guru.
3)
Diskusi
bisa dilakukan secara periodik, berkesinambungan, melalui konfrensi, maupun
melalui rapat penilaian untuk kenaikan kelas
4)
Deskripsi
sikap antarmata pelajaran bersumber pada nilai kualitatif dan deskripsi setiap
mata pelajaran. Guru mata pelajaran menyerahkan skor akhir, nilai kualitatif,
dan deskripsi sikap pada wali kelas.
5)
Contoh pengolahan nilai sikap antarmata pelajaran :
Peserta
didik memperoleh nilai sebagai berikut :
No
|
Nama Siswa
|
Mata Pelajaran
|
Rata-rata Skor
Antarmata pelajaran
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
1
|
,,,,,,,
|
3.66
|
3.33
|
3
|
3.33
|
2.66
|
3.33
|
3
|
3.33
|
3
|
2.66
|
3.13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Deskripsi
nilai sikap :
Menunjukkan sikap yang baik dalam kejujuran, disiplin,
tanggung jawab, toleransi, gotong royong, santun, dan percaya diri
3. Manajemen
Hasil Penilaian Sikap
a.
Pelaporan
penilaian sikap oleh guru dilakukan secara berkala kepada peserta didik, orang
tua, dan satuan pendidikan.
b.
Pelaporan
kepada peserta didik dilakukan selekas mungkin setelah proses penilaian
selesai. Seperti hasil observasi, penilaian diri, penilaian antarpeserta didik,
dan jurnal. Pelaporan kepada orang tua peserta didik dapat dilakukan melalui
peserta didik, dan orang tua menandatangani hasil penilaian tersebut.
c.
Pelaporan
kepada orang tua peserta didik dapat dilakukan secara berkala setiap tengah
semester dan akhir semester. Bentuk laporan ini berupa laporan hasil penilaian
tengah semester dan buku rapor.
d.
Sesuai
prinsip akuntabilitas maka pendidik wajib melakukan dokumentasi proses
penilaian secara sistematis, teliti, dan rapi. Dokumentasi proses penilaian
dapat berupa :
1)
Portofolio
yang merupakan kumpulan hasil penilaian peserta didik
2)
Soft file
data penilaian memanfaatkan TIK.
3)
Buku
nilai secara terintegrasi antara kompetensi sikap, pengetahuan, dan
keterampilan
e.
Hasil penilaian
oleh pendidik dianalisis
lebih lanjut untuk mengetahui kemajuan dan kesulitan
belajar, dikembalikan kepada peserta didik disertai balikan(feedback)
berupakomentar yang mendidik
(penguatan) yang dilaporkan
kepadapihak terkaitdan dimanfaatkan untuk perbaikan pembelajaran.
f.
Program
remedial dan pengayaan dilaksanakan sebagai tindak lanjut analisis hasil
penilaian . Namun bentuk dan layanan kedua program ini berbeda dengan
pencapaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Bentuk layanan remedial
dapat dilakukan melalui kegiatan bimbingan konseling, pembiasaan terprogram,
maupun cara yang lain. Kegiatan layanan ini dapat melibatkan guru bimbingan
konseling, wali kelas, atau guru lain yang sesuai. Sedangkan program pengayaan
dapat dilakukan dengan bentuk tuturial sebaya seperti keteladanan, kerja
kelompok, dan kelompok diskusi.
nice post gan! izin share and copas gan!
ReplyDeleteQQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
ReplyDelete-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE