FORMAT JURNAL PENILAIAN SIKAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA SMP KELAS VII KURIKULUM 2013

Written By putrajunio on Thursday, August 7, 2014 | 7:35 PM

JURNAL
1)      Model Pertama
Petunjuk pengisian jurnal (diisi oleh guru):
a)      Tulislah identitas peserta didik yang diamati
b)      Tulislah tanggal pengamatan.
c)      Tulislah aspek yang diamati oleh guru.
d)      Ceritakan kejadian-kejadian yang dialami oleh Peserta didik baik yang merupakan kekuatan Peserta didik maupun kelemahan Peserta didik sesuai dengan pengamatan guru terkait dengan Kompetensi Inti.
e)      Tulislah dengan segera kejadian
f)       Setiap kejadian per anak ditulis pada kartu yang berbeda.
g)      Simpanlah kartu tersebut di dalam folder masing-masing Peserta didik
Format:


Jurnal
                                                     Nama Peserta Didik    : ………………………….
                                                     Nomor peserta Didik  : ………………………….
                                                     Tanggal                       : ………………………….
                                                    Aspek yang diamati    : ………………………….
                                                    Kejadian                      : ………………………….

                         Guru:
                         ……………………………………………………………………….
                         ……………………………………………………………………….
                         ……………………………………………………………………….
 
 









Petunjuk penskoran
Lihat petunjuk penskoran pedoman observasi sikap disiplin

2)      Model Kedua
Petunjuk pengisian jurnal (diisi oleh guru):
a)      Tulislah Aspek yang diamati
b)      Tulislah identitas peserta didik yang diamati
c)      Tulislah tanggal pengamatan.
d)      Tulislah aspek yang diamati oleh guru.
e)      Ceritakan kejadian-kejadian yang dialami oleh Peserta didik baik yang merupakan kekuatan Peserta didik maupun kelemahan Peserta didik sesuai dengan pengamatan guru terkait dengan Kompetensi Inti.
f)       Tulislah dengan segera kejadian yang diamati
g)      Setiap kejadian per anak ditulis pada kartu yang berbeda.
h)      Simpanlah kartu tersebut di dalam folder masing-masing Peserta didik 

Contoh Format Jurnal
Jurnal

Nama Peserta Didik     : ………………..
Aspek yang diamati     : ………………..

No.
Hari/ Tanggal
Kejadian
Keterangan












1.      Pelaksanaan Penilaian
            Pelaksanaan penilaian kompetensi sikap dilakukan oleh pendidik setiap mata pelajaran untuk dilaporkan kepada wali kelas yang selanjutnya dapat dijadikan sebagai laporan penilaian satuan pendidikan. Secara umum, pelaksanaan penilaian sikap sama dengan penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan yaitu harus berlangsung dalam suasana kondusif, tenang dan nyaman dengan menerapkan prinsip valid, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh, menggunakan acuan kriteria, dan akuntabel.
Tahap Pelaksanaan Penilaian kompetensi sikap adalah sebagai berikut:
a.       Pada awal semester, pendidik menginformasikan tentang kompetensi sikap yang akan dinilai yaitu sikap spiritual, jujur, disiplin, tanggungjawab, toleransi, gotong royong, santun atau sopan, atau percaya diri.
b.      Pendidik mengembangkan instrumen penilaian sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan indikator kompetensi sikap yang telah ditetapkan sebelumnya dalam RPP. Bentuk instrumen yang dikembangkan disesuaikan dengan jenis aspek yang akan dinilai dengan demikian pendidik dapat memilih salah satu dari empat bentuk instrumen yang direkmendasikan oleh Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan yaitu observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal
c.       Pendidik memberi penjelasan tentang kriteria penilaian untuk setiap sikap yang akan dinilai termasuk bentuk instrumen yang akan digunakannya.
d.      Memeriksa dan mengolah hasil penilaian dengan mengacu pada pedoman penskoran dan kriteria penilaian yang telah ditetapkan sebelumnya.
e.       Hasil penilaian diinformasikan kepada masing-masing peserta didik pada setiap akhir pekan dengan tujuan untuk (a) mengetahui kemajuan hasil pengembangan sikapnya, (b) mengetahui kompetensi sikap yang belum dan yang sudah dicapai sesuai kriteria yang ditetapkan, (c) memotivasi peserta didik agar memperbaiki sikap yang masih rendah dan berusaha mempertahankan sikap yang telah baik, dan (d) menjadi bagian refleksi bagi pendidik untuk memperbaiki strategi pengembangan sikap peserta didik di masa yang akan datang.
f.       Tindak lanjut hasil penilaian sikap setiap minggu dijadikan dasar untuk melakukan proses pembinaan dan pengembangan sikap yang disisipkan dalam mata pelajaran yang bersangkutan tanpa harus memperhatikan pencapaian kompetensi dasar terkait dari aspek kompetensi sikap.
g.       Pada akhir semester, setiap skor penilaian harian selama satu semester dibuat grafik perkembangannya dan nilai akhir ditetapkan dari rata-rata nilai kompetensi sikap. Grafik perkembangan digunakan sebagai bahan refleksi proses pembelajaran dan pembinaan sikap. Rata-rata nilai kompetensi sikap diserahkan kepada wali kelas oleh masing-masing pendidik pengampu mata pelajaran sebagai nilai raport

2.      Pengolahan Penilaian
Data penilaian sikap bersumber dari hasil penilaian melalui teknik observasi, penilaian diri, penilaian antarpeserta didik, dan jurnal. Instrumen yang digunakan untuk observasi, penilaian diri, dan penilaian antarpeserta didik adalah daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik. Sedangkan pada jurnal berupa catatan pendidik.
Pada akhir semester, guru mata pelajaran dan wali kelas berkewajiban melaporkan hasil penilaian sikap, baik sikap spiritual dan sikap sosial secara integratif. Laporan penilaian sikap  dalam bentuk nilai kualitatif dan deskripsi  dari sikap peserta didik untuk mata pelajaran yang bersangkutan dan antarmata pelajaran. Nilai kualitatif menggambarkan posisi relatif peserta didik terhadap kriteria yang ditentukan. Kriteria penilaian kualitatif dikategorikan menjadi 4 kategori yaitu :
a.       sangat baik (SB)
b.      baik (B),
c.       cukup (C),
d.      kurang (K).
Sedangkan deskripsi memuat uraian secara naratif pencapaian kompetensi sikap sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar setiap mata pelajaran . Deskripsi sikap pada setiap mata pelajaran menguraikan kelebihan sikap peserta didik, dan sikap yang masih perlu ditingkatkan.  Contoh uraian deskripsi sikap dalam mata pelajaran antara lain :
·         Menunjukkan sikap yang baik dalam kejujuran, disiplin, perlu ditingkatkan sikap percaya diri
·         Menunjukkan sikap yang baik dalam kejujuran, disiplin, dan percaya diri
Sedangkan deskripsi sikap antarmata pelajaran menjadi tanggung jawab wali kelas melalui analisis nilai sikap setiap mata pelajaran dan proses diskusi secara periodik dengan guru mata pelajaran. Deskripsi sikap antarmata pelajaran menguraikan kelebihan sikap peserta didik, dan sikap yang masih perlu ditingkatkan apabila ada secara keseluruhan, serta rekomendasi untuk peningkatan. Contoh uraian deskripsi sikap  antarmatapelajaran antara lain :
·         Menunjukkan sikap yang baik dalam kejujuran, disiplin, toleransi, gotong royong, santun, dan percaya diri. Perlu ditingkatkan sikap tanggung jawab, melalui pembiasaan penugasan mandiri di rumah.
·         Menunjukkan sikap yang baik dalam kejujuran, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, santun, dan percaya diri
Pelaksanaan penilaian sikap menggunakan berbagai teknik dan bentuk penilaian yang bervariasi dan berkelanjutan agar menghasilkan penilaian otentik secara utuh. Nilai sikap diperoleh melalui proses pengolhan nilai sikap. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengolahan nilai antara lain :
a.       Pengolahan nilai sikap dilakukan pada akhir kompetensi dasar dan akhir semester.
b.      Pengolahan nilai berdasarkan sikap yang diharapkan sesuai tuntutan kompetensi dasar.
c.       Pengolahan nilai ini bersumber pada nilai yang diperoleh melalui berbagai teknik penilaian .
d.      Menentukan pembobotan yang berbeda untuk setiap teknik penilaian apabila diperlukan, dengan mengutamakan teknik observasi memiliki bobot lebih besar.
e.       Pengolahan nilai akhir semester bersumber pada semua nilai sikap sesuai kompetensi dasar semester bersangkutan.

Konversi nilai sikap sesuai dengan Permendikbud No. 81 A Tahun 2013 :
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
          A
            4
            4
SB
          A -
            3.66
            3.66
          B +
            3.33
            3.33
B
          B
            3
            3
          B -
            2.66
            2.66
          C +
            2.33
            2.33
C
          C
            2
            2
          C -
            1.66
            1.66
          D +
            1.33
            1.33
D
          D
            1
            1


Contoh Pengolahan Nilai Sikap
      a.      Pengolahan Nilai Sikap Mata Pelajaran
1)      Nilai Sikap
Suatu penilaian sikap peduli menghasilkan skor 3,6 dengan teknik penilaian antarpeserta didik, dan skor 2,8 dengan observasi guru. Apabila bobot penilaian antarpeserta didik adalah 1, sedangkan observasi 2, maka perolehan skor akhir adalah :
                         (3,6 x 1) + (2,8 x 2)
skor akhir =   ------------------------------ = 3,066667 = 3,07


                                     3
Karena skor akhir adalah 3,07 maka nilainya adalah Baik (B).

2)      Deskripsi Sikap:
Deskripsi sikap dirumuskan berdasarkan akumulasi capaian sikap selama pembelajaran sejumlah kompetensi dasar(KD) pada semester berjalan. Rumusan deskripsi sikap berdasarkan kecenderungan perolehan capaian nilai. Contoh sebagai berikut :
·         Menunjukkan sikap jujur, iman dan taqwa, dan tanggung  yang sangat baik , perlu ditingkatkan  sikap disiplin.
·         Sikap sudah sangat baik, namun sikap disiplin masih perlu ditingkatkan.

Contoh pengolahan nilai :
Sikap
Mata Pelajaran
Rata-Rata
Nilai Akhir
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Jujur
3.2
2.4
3.7
3.5
3
2.78
2.5
2.33
3.4
3.1
2.9
Baik
Disiplin
3.4
3.2
3.1
3.5
3.4
3.4
3.0
3.5
2.9
3.0
3.24
Baik
Kerjasama
1.7
2.9
2.3
2.4
3.5
1.4
3.5
1.5
3.6
2.1
2.5
Baik


       b.      Pengolahan Nilai Sikap Antarmata pelajaran
1)      Penilaian dilakukan oleh seluruh guru mata pelajaran dan dikoordinasi oleh wali kelas.
2)      Proses penilaian dilakukan melalaui analisis sikap setiap mata pelajaran dan disampaikan dalam diskusi antar guru.
3)      Diskusi bisa dilakukan secara periodik, berkesinambungan, melalui konfrensi, maupun melalui rapat penilaian untuk kenaikan kelas
4)      Deskripsi sikap antarmata pelajaran bersumber pada nilai kualitatif dan deskripsi setiap mata pelajaran. Guru mata pelajaran menyerahkan skor akhir, nilai kualitatif, dan deskripsi sikap pada wali kelas.
5)      Contoh pengolahan nilai sikap antarmata pelajaran :
Peserta didik memperoleh nilai sebagai berikut :
No
Nama Siswa
Mata Pelajaran
Rata-rata Skor
Antarmata pelajaran
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
,,,,,,,
3.66
3.33
3
3.33
2.66
3.33
3
3.33
3
2.66
3.13




























Deskripsi nilai sikap :
Menunjukkan sikap yang baik dalam kejujuran, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, santun, dan percaya diri

3.      Manajemen Hasil Penilaian Sikap
a.         Pelaporan penilaian sikap oleh guru dilakukan secara berkala kepada peserta didik, orang tua, dan satuan pendidikan.
b.        Pelaporan kepada peserta didik dilakukan selekas mungkin setelah proses penilaian selesai. Seperti hasil observasi, penilaian diri, penilaian antarpeserta didik, dan jurnal. Pelaporan kepada orang tua peserta didik dapat dilakukan melalui peserta didik, dan orang tua menandatangani hasil penilaian tersebut.
c.         Pelaporan kepada orang tua peserta didik dapat dilakukan secara berkala setiap tengah semester dan akhir semester. Bentuk laporan ini berupa laporan hasil penilaian tengah semester dan buku rapor.
d.        Sesuai prinsip akuntabilitas maka pendidik wajib melakukan dokumentasi proses penilaian secara sistematis, teliti, dan rapi. Dokumentasi proses penilaian dapat berupa :
1)      Portofolio yang merupakan kumpulan hasil penilaian peserta didik
2)      Soft file data penilaian memanfaatkan TIK.
3)      Buku nilai secara terintegrasi antara kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan
e.         Hasil  penilaian  oleh  pendidik  dianalisis  lebih  lanjut  untuk mengetahui kemajuan dan kesulitan belajar, dikembalikan kepada peserta didik disertai balikan(feedback) berupakomentar yang mendidik (penguatan)  yang  dilaporkan  kepadapihak terkaitdan dimanfaatkan untuk perbaikan pembelajaran.
f.         Program remedial dan pengayaan dilaksanakan sebagai tindak lanjut analisis hasil penilaian . Namun bentuk dan layanan kedua program ini berbeda dengan pencapaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Bentuk layanan remedial dapat dilakukan melalui kegiatan bimbingan konseling, pembiasaan terprogram, maupun cara yang lain. Kegiatan layanan ini dapat melibatkan guru bimbingan konseling, wali kelas, atau guru lain yang sesuai. Sedangkan program pengayaan dapat dilakukan dengan bentuk tuturial sebaya seperti keteladanan, kerja kelompok, dan kelompok diskusi.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul FORMAT JURNAL PENILAIAN SIKAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA SMP KELAS VII KURIKULUM 2013 yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 7:35 PM

2 comments :

  1. nice post gan! izin share and copas gan!

    ReplyDelete
  2. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE

    ReplyDelete

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu