RENCANA
PEMBELAJARAN
|
MATA
PELAJARAN
|
Bahasa
dan Sastra Indonesia
|
|||
|
KELAS
/SEMESTER
|
XII
(dua belas) / 2 (dua)
|
|||
|
PROGRAM
|
Umum
|
|||
|
ALOKASI
WAKTU
|
3 x 45
menit
|
|||
|
TEMA
|
|
|||
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato tanpa teks
|
|||
|
KOMPETENSI
DASAR
|
10.2 Berpidato tanpa teks dengan lafal,
intonasi, nada, dan sikap yang tepat
|
|||
|
ASPEK
PEMBELAJARAN
|
Berbicara
|
|||
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
||
|
·
Mampu
menjelaskan macam-macam metode berpidato
·
Mampu
menyiapkan pidato tanpa teks dengan tema tertentu
·
Mampu
membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
·
Mampu
mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
·
Mampu
memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan
teman
|
·
Mandiri
·
Kreatif
·
Bersahabat/
komunikatif
|
·
Kepemimpinan
·
Percaya
diri
|
||
|
MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
|
Pengertian dan
macam-macam metode berpidato
Ide pidato
dengan tema-tema tertentu
Cara menyiapkan
pidato tanpa teks
Cara
berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Cara
mencatat kekurangan pidato yang disampaikan teman
Cara
memperbaiki kekurangan pidato teman
|
|||
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
TAHAP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
|
PEMBUKA
(Apersepsi)
|
F Siswa
ditanya pemahamannya tentang manfaat berpidato
F Siswa
diajak untuk mengemukakan pendapatnya tentang forum-forum yang sering
menampilkan kegiatan berpidato
|
·
Mandiri
|
|
INTI
|
& Eksplorasi
Siswa menyiapkan pidato tanpa
naskah
& Elaborasi
F Siswa mendiskusikan
pengertian pidato
F Siswa
mendiskusikan macam-macam metode berpidato
F Siswa
berdiskusi untuk menentukan tema pidato
F Siswa
melaksanakan kegiatan berpidato
F Siswa
mencatat kekurangan pidato yang dilakukan oleh siswa lain
F Siswa
mengajukan usulan perbaikan pidato
F Siswa memperbaiki cara berpidato dan
isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui.
|
·
Kreatif
|
|
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)
|
F Siswa
merefleksikan kesalahan berpidato pada umumnya
F Siswa
mengungkapkan pengalamannya ketika berpidato
F Siswa
menjawab soal-soal uji kompetensi dan kuis uji teori
|
·
Bersahabat/
komunikatif
|
METODE DAN SUMBER BELAJAR
|
Sumber Belajar
|
v
|
Pustaka rujukan
|
Alex Suryanto dan Agus Haryanta.
2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra
Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
164-169
Maidar G. Arsjad, Mukti U.S. 1991.
Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia.
Jakarta : Erlangga
|
|
v
|
Material: VCD, kaset, poster
|
Rekaman/audio visual pidato atau
pembelajaran berpidato
|
|
|
|
Media cetak dan elektronik
|
|
|
|
|
Website internet
|
|
|
|
v
|
Narasumber
|
Orator
|
|
|
V
|
Model peraga
|
Siswa yang mempunyai pengalaman
banyak berpidato
|
|
|
v
|
Lingkungan
|
Kejadian di masyarakat yang banyak
menampilkan kegiatan berpidato
|
|
|
Metode
|
v
|
Presentasi
|
|
|
v
|
Diskusi Kelompok
|
|
|
|
v
|
Inquari
|
|
|
|
v
|
Demontrasi /Pemeragaan Model
|
|
PENILAIAN
|
TEKNIK DAN BENTUK
|
v
|
Tes Lisan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
v
|
Tes Tertulis
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
v
|
Observasi Kinerja/Demontrasi
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
v
|
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas,
projek, portofolio
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
v
|
Pengukuran Sikap
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
Penilaian diri
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
INSTRUMEN /SOAL
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Daftar pertanyaan lisan tentang manfaat berpidato
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan
demonstrasi
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah
dipelajari
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
RUBRIK PENILAIAN BERPIDATO
NAMA :
KELAS/NO. ABS :
TANGGAL PENILAIAN :
KOMPETENSI
DASAR : Berpidato
tanpa teks dengan lafal,
intonasi, nada,
dan sikap
yang tepat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengetahui, ……………, ……...…
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran,
---------------------------------
------------------------------
NIP :
NIP :
Anda sedang membaca artikel berjudul
0 comments :
Post a Comment