PERAN GURU BK DALAM MENGARAHKAN DAN MEMBANTU SISWA BERKAITAN DENGAN PEMINATAN KURIKULUM 2013

Written By putrajunio on Wednesday, August 6, 2014 | 8:09 PM

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabbarakatuh.
Selamat pagi menjelang siang,,,implementasi Kurikulum 2013 sampai detik ini menjadi topik perbincangan yang beguti hangat di kalangan guru baik ditingkat SD/MI, SMP/Mts, SMA/MA/SMA. Banyak hal yang menarik dari Kurikulum 2013 yang selalu dibahas mulai dari tentang Administrasinya (RPP dan Silabus), Metode dan Pendekatan Scientificnya, masalah Buku pegangan Guru dan siswanya dan sampai pada tugas dan peranan guru dalam menerapkan Kurikulum 2013 di Sekolah masing-masing. 

Ada istilah-istilah baru yang kita temukan dalam Kurikulum 2013 yaitu tentang Peminatan, Lintas Minat dan Pendalaman Minat, berkaitan dengan hal tersebut ada yang menarik yaitu tentang peran guru BK dalam hal mengarahkan dan membantu siswa dalam memilih jurusan yang sesuai dengan minatnya masing-masing. Untuk lebih jelasnya berikut kutipan informasi yang disampaikan oleh Prof Dr Sugiyo Msi yang berkaitan dengan poeran guru BK dalam menentukan Minat siswa.

Peranan guru Bimbingan Konseling (BK) dalam implementasi Kurikulum 2013 sangat diperlukan oleh peserta didik, terutama saat siswa menentukan peminatan. Guru BK harus mampu memfasilitasi siswa agar menemukan bidang, jurusan, serta karier yang sesuai minat dan potensinya. Pilihan yang tepat akan membantu siswa mencapai perkembangan optimum.

Prof Dr Sugiyo MSi mengatakan itu saat memberi penjelasan tentang implementasi bimbingan konseling dalam Kurikulum 2013 kepada 70 guru BK SMA, SMK, dan MA se-Kabupaten Purbalingga, Rabu (4/6) di SMA Negeri 1 Bukateja, Purbalingga. Hadir pula Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga Dra Nanik Indriyati.

Kehadiran Prof Dr Sugiyo MSi merupakan bagian dari Program Profesor dan Doktor Go to School Unnes untuk mengawal Implementasi Kurikulum 2013.

“Dulu image guru BK tugasnya memarahi siswa, namun sebetulnya guru BK itu sangat mulia yakni membimbing siswa supaya terarah. Kini dalam implementasi kurikulum 2013 tugas guru BK berkolaborasi dengan guru mata pelajaran dan orang tua,” katanya.

Prof Sugiyo juga mengemukakan, pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 dapat menimbulkan masalah besar bagi peserta didik SMA, SMK, dan MA yang tidak mampu menentukan pilihan peminatan secara tepat. Dampaknya peserta didik kesulitan belajar dan kecenderungan gagal dalam belajar. Oleh karena itu, guru BK sangat berperan dalam pemilihan peminatan.

Peminatan itu, kata Prof Sugiyo merupakan proses yang berkesinambungan, harus berpijak pada kaidah-kaidah dasar yang secara eksplisit dan implisit, terkandung dalam kurikulum. Penetapan peminatan peserta didik hendaknya sesuai dengan potensi diri, minat, dan
kecenderungan pilihan peserta didik, supaya proses serta hasil belajar baik.

Pria kelahiran Yogyakarta 11 April 1952 itu mengemukakan, pelayanan peminatan pada peserta didik membantu dalam memilih dan menetapkan mata pelajaran yang diikuti, memahami dan memilih arah pengembangan karir, menyiapkan diri, serta memilih pendidikan lanjutan sampai ke jenjang perguruan tinggi sesuai dengan potensi dirinya.

Prof Sugiyo yang juga Ketua program studi Manajemen Pendidikan S2/S3 Pascasarjana mengatakan, pemilihan peminatan kelompok mata pelajaran di SMA/MA berdasarkan nilai rapor SMP/MTs, nilai ujian nasional SMP/MTs, rekomendasi guru BK di SMP/MTs, hasil tes penempatan ketika mendaftar di SMA/MA, dan tes bakat minat oleh psikolog/konselor.

Pada semester kedua di Kelas X, seorang peserta didik masih mungkin mengubah Kelompok peminatan, berdasarkan hasil pembelajaran di semester pertama dan rekomendasi guru BK. Dalam menentukan peminatan guru BK bekerja sama dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru mata pelajaran, wali kelas, dan orang tua, tegas Prof Sugiyo.

“Apabila terjadi kesulitan atau ketidakcocokan antara pilihan peserta didik dengan orang tua (anak memilih IPS sedangkan porang tua harus IPA), maka peserta didik dan orang tua dapat berkonsultasi dengan guru BK/Konselor,” kata profesor psikologi pendidikan dan bimbingan itu.

Sekian dan semoga informasi ini menambah wawasan kita dalam memahami Kurikulum 2013.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul PERAN GURU BK DALAM MENGARAHKAN DAN MEMBANTU SISWA BERKAITAN DENGAN PEMINATAN KURIKULUM 2013 yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 8:09 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu