CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN DISKUSI
Topik : ……………………………..…………..
Tanggal : ……………………………………….
Jumlah Siswa : …………….……… orang.
No
|
Nama siswa
|
Menyampaikan
pendapat
|
Menanggapi
|
Mempertahankan
argumentasi
|
Jumlah score
|
Nilai
|
||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik :
Menyampaikan
pendapat
1. Tidak sesuai masalah
2.
Sesuai dengan masalah, tapi belum benar
3. Sesuai dengan
masalah dan benar
Menanggapi
pendapat
1. Langsung setuju atau menyanggah tanpa alasan
2.
Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar tidak
sempurna
3.
Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar
4.
Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar dengan didukung referensi
Mempertahankan
pendapat
1. Tidak dapat
mempertahankan pendapat
2. Mampu Mempertahankan
pendapat, alasan kurang benar
3. Mampu mempertahankan
pendapat, alasan benar tidak didukung referensi
4. Mampu mempertahankan
pendapat, alasan benar didukung referensi
CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN PRODUK
Kompentesi Inti :
Kompetensi Dasar :
Indikator :
Aspek Penilaian :
Praktik/Psikomotor
Tanggal Penilaian :
|
|
Kriteria/Aspek
|
Skor
|
Nilai
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||||||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Kriteria:
1. Tahap
Perencanaan Bahan (1)
2. Tahap Proses
Pembuatan
Persiapan alat dan
bahan (2)
Tehnik Pengolahan
(3)
K3 ( keselamatan,
kemamanan dan kebersihan ) (4)
3. Tahap Akhir ( bentuk
Produk)
Bentuk Fisik (5)
Inovasi (6)
Penskoran : Tiap Indikator
rentang 1 – 5, dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepatan dalam
proses pembuatan maka semakin tinggi nilainya.
CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK
Matapelajaran :
Nama
Proyek :
Alokasi
Waktu :
Guru
Pembimbing :
Nama :
NIS :
Kelas :
No
|
ASPEK
|
SKOR (1 - 5)
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
PERENCANAAN :
a. Persiapan
b. Rumusan
Judul
|
|
|
|
|
|
2
|
PELAKSANAAN :
a. Sistematika
Penulisan
b. Keakuratan
Sumber Data / Informasi
c. Kuantitas
Sumber Data
d. Analisis
Data
e. Penarikan
Kesimpulan
|
|
|
|
|
|
3
|
LAPORAN PROYEK :
a. Performance
b. Presentasi
/ Penguasaan
|
|
|
|
|
|
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
CONTOH LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN
|
|
ASPEK
|
JUMLAH SCORE
|
NILAI
|
||||||
NO
|
NAMA
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Aspek :
- Keaktifan
- Kesediaan menerima pendapat
- Tanggungjawab dalam tugas
- Inisiatif dalam mengambil keputusan
- Kepedulian terhadap kesulitan yang dialami sesama teman
- Kepedulian dalam memberi kesempatan yang dialami sesama teman
- Kemampuan mendorong aktivitas kerja kelompok
*) Ketentuan:
1 = jika peserta didik sangat kurang konsisten
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
2 = jika peserta didik kurang konsisten
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten
3 = jika peserta didik mulai konsisten
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
4 = jika peserta didik konsisten memperlihatkan
perilaku yang tertera dalam indikator
5 = jika peserta didik selalu konsisten memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator
Nilai
= Jumlah score x 100
35
0 comments :
Post a Comment