MENTERI ANIES BEBERKAN KELEBIHAN UN BERBASIS KOMPUTER

Written By putrajunio on Thursday, April 2, 2015 | 7:39 PM

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Selamat pagi dan selamat berakhir pekan....

Pada kesempatan siang hari ini The Secret Blog kembali akan membagikan berita dan informasi terkini terkait dengan dunia pendidikan saat ini yaitu tentang penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun 2015 yang akan berlangsung dalam dua bentuk yaitu dengan sistem LJK dan sistem komputer.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan meninjau pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer atau UNCBT. Anies yang mendatangi SMAN 1 Depok, Jawa Barat, menegaskan dengan sistem ini untuk mencegah kebocoran soal.

"Iya, karena perubahan soal bisa dilakukan dengan cepat. Misal ada soal bocor bisa diganti dengan cepat soal yang lain," ujar Anies di sela-sela kunjungan ke SMA Negeri 1 Depok, Jawa Barat, Kamis (2/4).

"Substansinya bocor jangan mengkritik imajinasi yang dibuat sendiri," tambahnya.

Anies menegaskan dengan sistem komputer bisa menghemat waktu 30 menit dan setiap meja soalnya berbeda-beda. "Pertama, dengan ujian komputer ternyata ada penghematan waktu 30 menit dari 2 jam. Kedua soal kejujuran dengan menggunakan komputer bisa, karena tiap komputer soalnya berbeda-beda," ungkapnya.

Anies juga menjelaskan kalau komputer yang digunakan tidak perlu yang mahal. "Dari sisi peralatan sistem ini tidak membutuhkan hardware yang rumit, tidak perlu komputer yang baru," imbuhnya.

Direktur Pusat Penilaian Pendidikan, SMAN 1 Depok, Nirzam menjelaskan bila terjadi pemadaman listrik atau komputer eror semua sudah terekam didalam server. "Itu akan aman, karena semua itu sudah tersimpan di server," katanya.

"Misalnya murid sudah mengerjakan soal nomor 30 itu mereka tidak perlu panik, karena sudah  tersimpan dan komputer nyala lagi mereka tinggal lanjutkan nomor 31," tuturnya.

Menurutnya, murid tidak bisa login atau logout tanpa ada pengawasan dari penjaga yang memegang kunci server "Murid juga tidak bisa login atau logout sendiri, karena yang pegang kunci itu di server. Jadi ini menghindari segala hal yang kebocoran sehingga pengamanan berlapis," tandasnya.

UNCBT, Ujian Nasional berbasis komputer ini akan diadakan di 585 sekolah, 26 provinsi, 140 kabupaten/kota, 42 SMP, 138 SMA dan 405 SMK. (sumber : kuambil )

Demikian berita tentang Ujian Nasional yang dapat dibagikan, semoga bermanfaat.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul MENTERI ANIES BEBERKAN KELEBIHAN UN BERBASIS KOMPUTER yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 7:39 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu