STUDENT FACILITATOR AND EXPALINING
Siswa/peserta mempresentasikan ide/pendapat pada rekan
peserta lainnya.
Cara ini memungkinkan siswa untuk melatih mental dan
keberanian untuk tampil di hadapan teman-temannya yang lain untuk
mempresentasikan ide/gagasanya.
Langkah – langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai dan
tujuan pembelajaran
2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3. Memberikan kesempatan siswa/peserta untuk menjelaskan
kepada peserta lainnya baik melalui bagan/peta konsep maupun yang lainnya
4. Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
5. Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu.
6. Evaluasi untuk mengetahui ketarcapain materi dan
kesuksesan metode
7. Penutup
COURSE REVIEW HORAY
Teknik sangat menyenangkan karena siswa akan belajar sambil
bermain
Langkah – langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru memaparkan tujuan pembelajaran
3. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi sesuai TPK
4. Memberikan kesempatan siswa tanya jawab (proses tanya
jawab)
4. Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak
9/16/25 sesuai kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing
– masing siswa
5. Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban
didalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau
benar diisi tanda benar (v) dan kalu salah diisi tanda (x)
6. Siswa yang sudah mendapat tanda (v) vertical atau horizontal,
atau diagonal harus segera berteriak horay....atau yel – yel lainnya
(mengekspresikan emosi)
7. Nilai siswa dihitung dari jawaban benar dan horay yang
diperoleh
8. Penutup
EXPLICIT INSTRUCTION (Pengajaran Langsung)
Pembelajaran secara langsung khusus dirancang untuk
mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural dan pengetahuan
deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah
Langkah – langkah :
1. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
2. Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
3. Membimbing pelatihan (siswa melakukan pelatihan dengan
mengeksplor smua kemampuan diri)
4. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik (kegiatan
tanya jawab dengan memuncul sebuah permasalahan)
5. Membrikan latihan untuk latihan lanjutan
6. Penutup
0 comments :
Post a Comment