Cara Belajar Aktif Model Pencocokan
Kartu Indeks
1. Uraian Singkat
Ini merupakan cara aktif dan menyenangkan untuk meninjau
ulang materi pelajaran. Cara ini memungkinkan siswa untuk berpasangan dan
memberi pertanyaan kuis kepada temannya serta menantang siswa untuk belajar
aktif.
2. Prosedur
a. Pada kartu indeks yang terpisah, tulislah pertanyaan
tentang apapun yang diajarkan di kelas. Buatlah kartu pertanyaan dengan jumlah
yang sama dengan setengah jumlah siswa.
b. Pada kartu yang terpisah, tulislah, tulisan jawaban atas
masing-masing pertanyaan itu.
c. Campurlah dua kumpulan kartu itu dan kocoklah beberapa
kali agar benar-benar tercampuraduk.
d. Berikansatu kartu untuk satu siswa. Jelaskan bahwa ini merupakan
latihan mencocokan. Sebagian siswa mendapatkan pertanyaan tinjauan dan sebagian
lain mendapatkan kartu jawabannya.
e. Perintahkan siswa untuk mencari kartu pasangan mereka.
Bila sudah terbentuk pasangan, perintahkan siswa yang berpasangan itu untuk
mencari tempat duduk bersama. (Katakan pada mereka untuk tidak mengungkapkan
kepada pasangan lain apa yang ada di kartu mereka).
f. Bila semua pasangan yang cocok telah duduk bersama,
perintahkan tiap pasangan untuk memberikan kuis kepada siswa yang lain dengan
membacakan keras-keras pertanyaan mereka dan menantang siswa lain untuk
memberikan jawaban.
3. Variasi
a. Sususunlah kartu yang berisi sebuah kalimat beberapa kata
yang dihilangkan untuk dicocokkan dengan kartu yang berisi kata-kata yang
hilang itu misalnya, ―Perubahan wujud dari berudu mejadi katak disebut
_________.‖
c. Buatlah kartu yang berisi pertanyaan-pertanyaan dengan
beberapa kemungkinan jawabannya __ misalnya, ―cara pencernaan makanan pada
hewan?‖. Cocokkan kartu-kartu itu dengan kartu yang berisi kumpulan jawaban
yang relevan. Ketika tiap pasangan memberikan kuis kepada kelompok, perintahkan
mereka untuk mendapatkann beberapa jawaban dari siswa lain.
0 comments :
Post a Comment