10 TIPS
MENGATASI STRESS DI TEMPAT KERJA
Selamat pagi
sobat, kembali saya menyapa di pagi hari yang cerah ini dan tidak lupa saya
ucapkan selamat menikmati hari libur setelah satu pekan berkutat dengan
permaslahan kantor dan kerjaan yang begitu menguras tenaga, pikiran dan emosi
yang tak jarang sangat membuat anda stress. Menarik sekali bagi saya untuk
berbagi info tentang cara mengatasi stress.
Stress adalah keadaan jiwa yang
paling populer di abad ini. Coba anda ingat-ingat kembali berapa banyak orang yang
anda jumpai mengatakan bahwa mereka sedang mengalami stress atau mungkin anda
sendiri sedang mengalaminya?
Stress bukan suatu penyakit, tetapi jika anda tidak dapat mengatasinya dalam waktu tertentu, anda akan terkena banyak masalah kesehatan.
Stress bukan suatu penyakit, tetapi jika anda tidak dapat mengatasinya dalam waktu tertentu, anda akan terkena banyak masalah kesehatan.
Beberapa waktu yang lalu saya
membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa :
- Lebih dari 40 juta orang di Eropa atau setidaknya 1 dari 3 orang pekerja mengatakan bahwa mereka mengalami stress di tempat kerja.
- Stress di tempat kerja adalah masalah kedua yang sering terjadi disamping masalah sakit punggung.
- Dari hasil survei juga dikatakan bahwa lebih dari seperempat pekerja absen selama 2 minggu (akumulasi) dalam setahun karena masalah kesehatan yang diakibatkan oleh stress.
Mohon maaf karena saya belum mendapatkan hasil survei di Indonesia, tapi kurang lebih saya perkirakan sama.
- Lebih dari 40 juta orang di Eropa atau setidaknya 1 dari 3 orang pekerja mengatakan bahwa mereka mengalami stress di tempat kerja.
- Stress di tempat kerja adalah masalah kedua yang sering terjadi disamping masalah sakit punggung.
- Dari hasil survei juga dikatakan bahwa lebih dari seperempat pekerja absen selama 2 minggu (akumulasi) dalam setahun karena masalah kesehatan yang diakibatkan oleh stress.
Mohon maaf karena saya belum mendapatkan hasil survei di Indonesia, tapi kurang lebih saya perkirakan sama.
Sebelumnya saya akan sampaikan
beberapa hal utama yang dapat menyebabkan stress di tempat kerja :
- Kondisi kerja yang selalu berada di bawah tekanan
- Ketidakjelasan tugas yang diberikan
- Permintaan barang yang sangat tinggi
- Kurangnya perencanaan kerja
- Adanya ancaman di kalangan karyawan
- Teriakan dan makian para konsumen
- Teman kerja yang selalu mengganggu
- Ketidaknyamanan fisik, seperti suara mesin yang ribut, ventilasi yang kurang dsb.
- dan yang paling buruk, tidak adanya perbaikan untuk mengatasi masalah-masalah diatas.
- Kondisi kerja yang selalu berada di bawah tekanan
- Ketidakjelasan tugas yang diberikan
- Permintaan barang yang sangat tinggi
- Kurangnya perencanaan kerja
- Adanya ancaman di kalangan karyawan
- Teriakan dan makian para konsumen
- Teman kerja yang selalu mengganggu
- Ketidaknyamanan fisik, seperti suara mesin yang ribut, ventilasi yang kurang dsb.
- dan yang paling buruk, tidak adanya perbaikan untuk mengatasi masalah-masalah diatas.
Hal-hal ini dapat menimbulkan
gangguan kesehatan fisik dan mental seperti : depresi, gelisah, gugup, tidak
dapat fokus untuk waktu yang lama dan keletihan yang berkepanjangan.
Jika ada hal-hal diatas yang anda rasakan …. hmmm, saya rasa anda perlu segera merubah aktivitas anda sehari-hari baik di tempat kerja maupun di hidup anda secara keseluruhan.
Jika ada hal-hal diatas yang anda rasakan …. hmmm, saya rasa anda perlu segera merubah aktivitas anda sehari-hari baik di tempat kerja maupun di hidup anda secara keseluruhan.
Berikut adalah 9 tips mengatasi
stress di tempat kerja
:
1. Rencanakan dengan baik aktivitas
anda : apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap
tugas-tugas. Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya jangka
panjang tapi juga jangka pendek (rencana bulanan, rencana harian).
2. Pastinya anda di masa lalu pernah
mengalami masalah-masalah di tempat kerja. Coba ingat-ingat kembali adakah
cara-cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah yang anda hadapi saat
ini.
3. Ikutlah membangun iklim kerja
yang menyenangkan, yaitu dengan bersikap terbuka dan berkomunikasi dengan
sesama rekan kerja.
4. Pastikan anda mengerti terhadap
tugas dan tanggung jawab anda, serta jangan ragu untuk bertanya.
5. Lakukan beberapa kali break untuk
beberapa menit selama anda bekerja. Santai dan JANGAN MELAKUKAN APAPUN. Ambil
nafas dalam-dalam.
6. Miliki sikap toleransi kepada
sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa masing-masing orang adalah pribadi yang
unik, sebagai contoh : beberapa orang justru berprestasi lebih baik di bawah
tekanan sementara sebagian yang lain membutuhkan waktu lebih banyak untuk
menyelesaikan pekerjaannya.
7. Delegasikan sebagian tanggung
jawab anda kepada anak buah anda.
8. Pertahankan semangat tim anda,
misalnya dengan melakukan perayaan-perayaan kecil, berolahraga atau berekreasi
bersama.
9. Sediakan lingkungan kerja yang
baik. Minimalkan gangguan-gangguan seperti suara, ventilasi, cahaya dan suhu.
10. Jangan lupa
berdoa sebelum memulai aktifitas agar lancar menyelesaikan setiap pekerjaan
yang telah anda rencanakan
Disamping stress di tempat kerja, di
kehidupan secara umum kita pun dapat mengalami stress dengan beberapa alasan, namun tentang tips mengatasi stress di
kehidupan secara umum akan saya sharing di postingan berikutnya. Demikian
semoga bermanfaat buat semuanya....
0 comments :
Post a Comment