CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS VII SEMESTER 1 MATERI "PENYAMPAIAN CERITA" PERTEMUAN PERTAMA DAN KEDUA

Written By putrajunio on Wednesday, January 22, 2014 | 4:08 PM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : ....................................
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : VII/1
Standar Kompetensi   : 2. Berbicara (Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman.
Kopetensi dasar          : 2.1. Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan kata dan kalimat yang efektif.
Alokasi waktu             : 4x 40 menit ( 2x Pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
1.       Peserta didik dapat mengidentifikasi pengalaman yang mengesankan
2.       Peserta didik dapat menentukan pengalaman yang paling mengesankan dari daftar pengalaman yang diidentifikasi
3.       Peserta didik dapat menyusun pokok-pokok cerita berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan

Pertemuan Kedua:
Peserta didik dapat mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.Materi Pembelajaran
Penyampaian cerita
1.       Daftar pengalaman peserta didik
2.       Cara menyampaikan cerita
3.       Bercerita

C.Metode Pembelajaran
Bercerita,Tanya jawab,Tes unjuk kerja

D.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama: 2 X 40’
1.      Kegiatan Pendahuluan
  Apersepsi :
§ Peserta didik mencermati cerita pengalaman dari narasumber
§ Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang isi cerita pengalaman
§ Peserta didik mengidentifikasi kebermaknaan bercerita pengalaman
§ Peserta didik menyepakati tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Motivasi :
§ Menyusun tentang pentingnya pokok-pokok cerita berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan

2.      Kegiatan Inti
Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§   melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
§   menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§   memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
§   melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§   memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§   membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
§   memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
§   memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
§   memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
§   memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
§   memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§   memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§   memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§   memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§     Konfirmasi
      Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§   memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
§   memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
§   memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
§   memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
§  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
§  membantu menyelesaikan masalah;
§  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
§  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
§  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
o     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
o     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
o     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
o     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
o     menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

Pertemuan Kedua: 2 X 40’
1.            Kegiatan Pendahuluan
  Apersepsi :
§ Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang kegiatan berlatih bercerita pada kegiatan sebelumnya
§ Peserta didik menjelaskan tujuan kegiatan bercerita
§ Peserta didik berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Motivasi :
§ Ceritakan  tentang pentingnya pengalaman yang paling mengesankan
  1. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Peserta didik menceritakan pengalaman secara individu
F  Beberapa Peserta didik lain dan guru menilai Peserta didik yang tampil

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F  Peserta didik dan guru menentukan tiga pencerita terbaik
F  Tiga pencerita terbaik mendapatkan penghargaan dari guru dan teman-teman
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.Sumber Belajar
a.       Bagan identifikasi pengalaman
b.      Gambar
c.       VCD
d.      Narasumber
e.       Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

F.Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.      Mampu mengidentifikasi pengalaman yang mengesankan
2.      Mampu menentukan pengalaman yang paling mengesankan dari daftar pengalaman yang diidentifikasi
3.      Mampu menyusun pokok-pokok cerita berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan
4.      Mampu menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan pokok-pokok cerita yang disusun dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
1.      Identifikasilah minimal tiga pengalamanmu yang paling mengesankan!
2.      Tentukan satu pengalaman yang kamu anggap paling mengesankan dari daftar yang telah kamu buat untuk diceritakan!
3.      Susunlah   pokok-pokok cerita pengalaman yang paling mengesankan itu dengan runtut!
4.      Ceritakanlah secara lisan pengalaman yang mengesankan itu berdasarkan pokok-pokok cerita yang telah kamu susun dengan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif!


Pedoman Penilaian Menceritakan Pengalaman
a.         Identifikasilah minimal tiga pengalamanmu yang paling mengesankan!
Pedoman Penskoran:
Kegiatan
Skor
Peserta didik menuliskan 3 pengalaman atau lebih
2
Peserta didik menuliskan 1—2 pengalaman
1
Peserta didik tidak menuliskan apa-apa
0

b.         Tentukan satu pengalaman yang kamu anggap paling mengesankan dari daftar yang telah kamu buat untuk diceritakan!
Pedoman Penskoran:
Kegiatan
Skor
Peserta didik menentukan satu pengalaman yang mengesankan
1
Peserta didik tidak dapat  menuliskan apa-apa
0
c.         Susunlah   pokok-pokok cerita pengalaman yang paling mengesankan itu dengan runtut!
Pedoman Penskoran:
Kegiatan
Skor
Peserta didik menyusun pokok-pokok cerita pengalaman yang mengesankan dengan  runtut
2
Peserta didik menyusun  pokok-pokok cerita pengalaman yang mengesankan, tapi tidak runtut
1
Peserta didik tidak dapat  menuliskan apa-apa
0

d.         Ceritakanlah secara lisan pengalaman yang mengesankan itu berdasarkan pokok-pokok cerita yang telah kamu susun dengan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif!


Rubrik Penilaian Bercerita (perlu disepakati dulu oleh guru dan Peserta didik)
Berilah tanda cek (Ö) pada kolom nilai 1, 2, 3, atau 4  dengan ketentuan: 1 =  kurang; 2 = sedang; 3 = baik; 4 = sangat baik.
Nama Peserta didik: ......................................
Tanggal       :  .....................................
Judul Cerita  :  ....................................

No.
Aspek
Deskriptor
1
2
3
4
1
Kesesuaian isi
Isi cerita sesuai dengan pokok-pokok cerita yang disusun




2
Kesesuaian visualisasi
Visualisasi mendukung isi cerita




3
Pelafalan
Pelafalan kata secara jelas dan tepat




4
Jeda dan Intonasi
Pengaturan jeda, tinggi-rendah nada, keras- lemah suara, dan cepat-lambat cerita




5
Gerak/mimik
Keserasian antara ekspresi wajah, gerak, sikap, dan ucapan





Skor maksimal:
No 1.    = 2
No 2.    = 1
No 3.    = 2
No 4.   = 20
Jumlah = 25
Saat Peserta didik melaksanakan perintah soal no. 4, dia sudah harus melaksanakan soal no 1,1 2, dan 3

Penghitungan nilai akhir dalam skala 0—100 adalah sebagai berikut:

1.            Prosedur (1 + 2 + 3) diberi bobot 20 % atau 30 %


Perolehan Skor





Nilair =
---------------------
X
Skor Ideal (100)
X
Bobot (20/30 %)
=  ....

Skor Maksimal (5)





  
2.            Produk /unjuk kerja (d) diberi bobot lebih besar daripada prosedur, misalnya 80 atau 70 %                                

Perolehan Skor





Nilai  =
---------------------
X
Skor Ideal (100)
X
Bobot (80/70 %)
=  ....

Skor Maksimal (20)





3.            Nialai akhir = prosedur+unjuk kerja = 20/30+80/70 = 100




Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel BHS Indonesia.



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS VII SEMESTER 1 MATERI "PENYAMPAIAN CERITA" PERTEMUAN PERTAMA DAN KEDUA yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 4:08 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu