RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
....................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi :
1. Mendengarkan ( memahami wacana lisan
melalui kegiatan mendengar berita )
Kopetensi dasar :
1.2. Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
Alokasi waktu :
2 x 40 menit
A.Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat menemukann pokok-pokok berita yang
didengarkan melalui radio/TV
2.
Peserta didik dapat menuliskan isi berita ke dalam
beberapa kalimat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tanggung jawab ( responsibility )
Integritas (
integrity )
Peduli ( caring
)
Jujur ( fairnes
)
B.Materi
Pembelajaran
Penyimpulan pikiran, pendapat dan
gagasan dalam wacana
C.Metode
Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi dan penugasan
D.Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
Apersepsi :
§ Guru dan Peserta didik
bertanya jawab tentang tugas rumah penulisan teks berita
Motivasi :
§ Menjelaskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa
kalimat
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1)
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
2)
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain;
3)
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
4)
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
5)
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio,
atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1)
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2)
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3)
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut;
4)
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5)
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar;
6)
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
7)
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok;
8)
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta
produk yang dihasilkan;
9)
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
1)
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2)
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melalui berbagai sumber,
3)
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang telah dilakukan,
4)
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar:
a)
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan
peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku
dan benar;
b)
membantu menyelesaikan masalah;
c)
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil
eksplorasi;
d)
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
e)
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum
berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a. bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
c. memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
e. menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
E.Sumber
Belajar
a. Bagan identifikasi pengalaman
b. Gambar
c. VCD
d. Narasumber
e.
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
F.Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah
pembelajaran
Indikator
pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik
penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Soal/Instrumen
|
|
· Mampu menemukan
isi/sari berita yang didengarkan
· Mampu menuliskan
kembali berita yang didengar ke dalam
beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi
|
Penugasan individual/ke-lompok
|
Pekerjaan rumah (PR)
|
· Tuliskan kembali berita
yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi!
|
No
|
Butir Soal
|
Skor maksimal
|
1
2
3
|
Tulislah minimal 3 pokok berita yang terdapat
dalam teks berita yang dibacakan !
Tunjukkan intisari pokok-pokok beritanya !
Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan
ke dalam satu alinea
|
3
4
3
|
Jumlah
|
10
|
Kriteria Penilaian
Soal Nomor 1 :
1. Apabil Peserta didik
menjawab satu dari tiga pokok berita
2.
Apabila
hanya dua yang benar
3. Apabila Peserta didik
menjawab lengkap dan benar
Soal Nomor 2 :
1.
Apabila Peserta didik menjawab benar nilai 4
2.
Apabila Peserta didik menjawab kurang sempurna nilai 2
3. Apabila Peserta didik salah diberi nilai 1
Soal Nomor 3 :
1 Apabila Peserta didik dapat menyimpulkan
dengan benailai 3
2.Apabila Peserta didik
dapat menyimpulkan tetapi kurang sempurna nilai 2
3.Apabila Peserta didik salah diberi nilai 1
Penghitungan nilaian Akhir : Perolehan
skor x 100
Skor Maksimum
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel BHS Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
0 comments :
Post a Comment