RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
....................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII/1
Standar Kompetensi
: Mendengarkan
1. ( memahami
wacana lisan melalui kegiatan
mendengarkan -berita)
Kopetensi dasar :
1.1.Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
1.Peserta didik dapat
menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan
2.Peserta didik dapat
menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
3.Peserta didik dapat
menyimpulkan isi berita dalam satu alinea
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.
Materi Pembelajaran
Penyimpulan pikiran, pendapat dan
gagasan dalam wacana
C.
Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi dan penugasan
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
Apersepsi :
1)
Peserta
didik Membacakan teks berita
2)
Peserta didik mendengarkan teks berita yang dibacakan
3)
Peserta didik diminta bertanya tentang manfaat berita yang dibacakab
Motivasi :
1)
Menjelaskan isi
berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Kegitan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik
melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
E.
Sumber Belajar
a. Bagan identifikasi pengalaman
b. Gambar
c. VCD
d. Narasumber
e. Buku Pelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia
F.
Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah
pembelajaran
Indikator
pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik
penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Soal/Instrumen
|
|
· Mampu menulis isi/sari
berita yang didengarkan/dibacakan
· Mampu menyimpulkan
isi/sari berita dalam satu alinea
|
Tes tulis
|
Uraian
|
·
Tulislah minimal lima isi/sari berita dari sepuluh
isi/sari berita yang dibacakan!
·
Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke
dalam satu alinea!
|
No
|
Butir Soal
|
Skor maksimal
|
1
2
3
|
Tulislah minimal 3 pokok berita yang terdapat
dalam teks berita yang dibacakan !
Tunjukkan intisari pokok-pokok beritanya !
Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan
ke dalam satu alinea
|
3
4
3
|
|
Jumlah
|
10
|
Kriteria Penilaian
Soal Nomor 1 :
1. Apabil Peserta didik
menjawab satu dari tiga pokok berita
2.
Apabila
hanya dua yang benar
3. Apabila Peserta didik
menjawab lengkap dan benar
Soal Nomor 2 :
1.
Apabila Peserta didik menjawab benar nilai 4
2.
Apabila Peserta didik menjawab kurang sempurna nilai 2
3. Apabila Peserta didik salah diberi nilai 1
Soal Nomor 3 :
1 Apabila Peserta didik dapat menyimpulkan
dengan benailai 3
2.Apabila Peserta didik
dapat menyimpulkan tetapi kurang sempurna nilai 2
3.Apabila Peserta didik salah diberi nilai 1
Penghitungan nilaian Akhir : Perolehan
skor x 100
Skor Maksimum
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel BHS Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
0 comments :
Post a Comment