RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
....................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi :
3. Membaca ( Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca).
Kopetensi dasar :
3.1. Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai
dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
Alokasi waktu :
2x 40 menit
A. Tujuan
Pembelajaran
F Peserta didik dapat menentukan
lema secara cepat dan tepat
F Peserta didik dapat menemukan
makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
B.Materi
Pembelajaran
Cara menemukan makna kata secara
cepat dan tepat serta implementasinya
C.Metode
Pembelajaran
Observasi
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
Apersepsi :
1.
Guru memperlihatkan teks non sastra kepada siswa.
Motivasi :
1. Guru
menjelaskan pentingnya membaca.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Peserta didik dapat Peserta didik membaca teks
nonsatra
F Guru bertanya jawab mengenai isi
bacaan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F Menandai kata-kata baru
dan menemukan kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya dalam kamus.
F Bepasangan untuk menemukan lema
secara cepat dan tepat dari kamus yang Sudah disediakan. (Satu Peserta
didik mencari lema, Peserta didik lain menghitung waktu)
F Berpasangan untuk menemukan makna
kata ( lema ) secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang
diinginkan dalan teks bacaan ( 1 Peserta didik mencari arti sesuai dengan konteks, Peserta didik lain
menghitung waktu )
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
E.Sumber
Belajar
a. Bagan identifikasi pengalaman
b. Gambar
c. VCD
d. Narasumber
e. Buku Pelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Mampu menemukan lema
secara cepat dan tepat
· Mampu menemukan makna
kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
· Peserta didik dapat
menemukan lema dalam kamus dengan waktu minimal (sesuai dengan waktu yang
ditentukan): ya/ tidak
· Peserta didik dapat
menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang
diinginkan dalam waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/
tidak
|
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel BHS Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
0 comments :
Post a Comment