RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
....................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi :
3. Membaca ( Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca).
Kopetensi dasar :
3.2 Menyimpulkan isi bacaan
setelah membaca cepat 200 kata per menit
Alokasi waktu :
2x 40 menit
A. Tujuan
Pembelajaran
- Peserta didik dapat Menyimpulkan isi bacaan
- Peserta didik dapat Menghitung waktu membaca
- Peserta didik dapat Merangkai pokok-pokok bacaan
- Peserta didik dapat Menentukan pokok-pokok bacaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
B.Materi
Pembelajaran
Penyimpulan isi bacaan
C.Metode
Pembelajaran
1.
Pemodelan
2.
Tanya jawab
3.
Penugasan
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
Apersepsi :
o
Guru memperlihatkan teks non sastra kepada siswa.
Motivasi :
o
Menyimpulkan isi membaca.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Peserta didik dapat Peserta didik membaca teks
nonsatra
F Guru bertanya jawab mengenai isi
bacaan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F Peserta didik dapat Membaca
bacaan yang terdiri atas 200 kata atau kelipatannya.
F Peserta didik dapat Menghitung
waktu membaca
F Peserta didik dapat Menjawab
pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan
F Menghitung Kecepatan Efektif
Membaca (KEM)
F Menentukan pokok-pokok bacaan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
E.Sumber
Belajar
a. Bagan identifikasi pengalaman
b. Gambar
c. VCD
d. Narasumber
e.
Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Mampu membaca cepat 200
kata per menit
· Mampu menjawab dengan
benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan
· Mampu menyimpulkan isi
bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
· Buka dan bacalahlah
teks yang terlipat di atas mejamu setelah terdengar bel satu kali dan berilah
tanda garis miring pada akhir kata yang dibaca setelah terdengar bel 2 kali!
· Jawablah beberapa
pertanyaan berikut!
1. ...
2. ...
dst.
Hitunglah KEM kamu
· Tuliskan pokok-pokok
bacaan itu, kemudian simpulkan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok bacaan
itu!
|
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel BHS Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
0 comments :
Post a Comment