RENCANA PELAKSANAANAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
..............................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII (delapan)/ 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami wacana
lisan berbentuk laporan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1.
Menganalisis laporan
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x pertemuan ( 4 x 40
menit )
|
1. Tujuan Pembelajaran
- Pertemuan Pertama:
Peserta didik dapat menganalisis laporan
- Pertemuan Kedua:
§ Peserta didik dapat menyimpulkan
pokok-pokok laporan
§ Peserta didik dapat
mengenali laporan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi Pembelajaran
Contoh
teks laporan perjalanan
a.
Daftar kosa kata
b.
Gambar lokasi / peta
3. Metode Pembelajaran
a.
Diskusi
b.
Tanya jawab
c.
Penugasan
4. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1. Peserta
didik menentukan kalimat utama dan kalimat penunjang yang diperdengarkan
2. Peserta didik memilih kosa kata yang
berkenaan dengan perjalanan
Motivasi :
1. Menuliskan pokok-pokok laporan
perjalanan dengan kalimat yang singkat
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan
urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik dapat menganalisis laporan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi Peserta didik
mendengarkan laporan perjalanan dari seorang teman yang ditunjuk
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Awal
Apersepsi
:
1. Peserta didik dan guru bertanya jawab
2. Peserta didik menyimpulkan pokok-pokok laporan
Motivasi :
1. Menunjukkan bagian – bagian yang harus ditulis dalam laporan
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan
urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik menganalisis laporan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi Peserta didik mengenali lporan perjalanan : Berdasrkan
urutan tempat, urutan kegiatan, dan urutan
waktu.
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
F Dengan bimbingan guru, peserta didik
diminta membuat laporan.
5. Sumber Belajar
a.
Gambar
b. Teks
perjalanan
c. VCD
d. Buku
Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
6. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
·
Mampu menuliskan
pokok-pokok laporan yang didengarkan dengan kalimat singkat
·
Mampu menganalisis pola urutan waktu, ruang, atau topik
dalam laporan yang didengarkan.
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Dafttar pertanyaan
Uraian
|
§ Tulislah enam pokok
laporan dari laporan yang kamu dengarkan!
§ Tentukan pola urutan
laporan dan buktikan dengan cara mencuplik isinya!
|
1. Tentukan
2 kalimat utama dan kalimat penunjang dari teks perjalanan di atas !
Pedoman Penskoran :
Kegiatan
|
Skor
|
Peserta didik menulis 2 contoh kalimat
|
2
|
Peserta didik menulis 1 contoh kalimat
|
1
|
Peserta didik tidak menulis
|
0
|
2.
Tulislah 3 pokok – pokok laporan perjalanan tersebut !
Pedoman penskoran
Kegiatan
|
Skor
|
Peserta didik menulis 3 pokok – pokok laporan
|
3
|
Peserta didik tidak dapat menuslikan apa-apa
|
0
|
3.
Tulislah 5 hal – hal menarik dari teks perjalanan di atas :
Kegiatan
|
Skor
|
Peserta didik menulis 5 contoh
|
5
|
Peserta didik menulis 4 contoh
|
4
|
Peserta didik menulis 3 contoh
|
3
|
Peserta didik menulis 2 contoh
|
2
|
Peserta didik menulis 1 contoh
|
1
|
Peserta didik tidak menulis
|
0
|
Skor maksimum
No 1 : 2
No 2 : 3
No 3 : 5
Jumlah: 10
Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :
Perolehan skor
Nilai Akhir : x skor
ideal (100) = ..........
Skor maksimum ( 10 )
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel BHS Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
0 comments :
Post a Comment