CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS VIII SEMESTER 2 PERTEMUAN PERTAMA

Written By putrajunio on Tuesday, January 28, 2014 | 10:13 PM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Nama Sekolah         : .............................................
Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester       : VIII/2
Pertemuan Ke-       : 1
Alokasi Waktu        : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 9.  Memahami isi berita dari radio/televisi
Kompetensi Dasar : 9.1.Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana,
kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan/
atau ditonton melalui radio/televisi

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
• menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan
bagaimana) yang didengar dan/atau ditonton melalui radio/televisi;

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
II. Materi Ajar
Cara menemukan pokok-pokok berita dan implementasinya

III. Metode Pembelajaran
– Contoh – Latihan
– Tanya jawab – Diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
§ Apersepsi :
F  Bertanya jawab tentang tema ”Teknologi” dan hal-hal yang harus  diperhatikan serta teknik mendengarkan berita dari radio/televisi
F  Bertanya jawab tentang topik berita yang disukai siswa
§ Memotivasi :
F  • menemukan pokok-pokok berita
B. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F  memfasilitasi peserta didik dapat menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan/atau ditonton melalui radio/televisi.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi  Peserta didik Mendengarkan pembacaan teks berita
F  Bertanya jawab tentang pokok-pokok berita yang didengar
F  Mendengarkan teks berita pada latihan
F  Mengidentifikasi kata-kata kunci
F  Mengidentifikasi pokok-pokok berita berdasarkan kata-kata kunci
F  Menjawab pertanyaan tentang isi teks
F  Membuat pertanyaan lain tentang isi teks
F  Mengubah sajian berita tersebut menjadi sajian berita live report
F  Menyampaikan kembali isi berita secara lisan
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.    

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Memberikan penguatan materi yang baru dibelajarkan
F  Menyimpulkan cara menemukan pokok-pokok berita dan mengemukakan kembali berita yang didengar/ditonton melalui radio/televisi

V. Sumber/Bahan/Alat
§ Berita dari radio/televisi/rekaman yang diperdengarkan
§ Teks berita dari majalah/surat kabar yang dibacakan
§ Buku pelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

VI. Penilaian
§ Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·   Mampu menemukan pernyataan-pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan pokok-pokok berita
·   Mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar

Tes lisan



Tes tulis


Uraian



Uraian


§ Kemukakan secara lisan pokok-pokok berita yang terdapat di dalam berita yang  kamu dengarkan!
§ Tuliskan pokok-pokok berita de­ngan singkat!







Bentuk tes: lisan dan tertulis
No
Aspek Penilaian
Bobot
Nilai
1
Menemukan pokok-pokok berita
a. Tepat (3)
b. Kurang tepat (2)
c. Tidak tepat (1)
5

2
Mengemukakan kembali berita
a. Baik (3)
b. Kurang baik (2)
c. Tidak baik (1)
5

3
Menjawab pertanyaan tentang isi berita
a. Semua benar (3)
b. Sebagian besar benar (2)
c. Sebagian besar salah (1)
5


Keterangan
Skor maksimum 3 (3 × 5) = 45

Nilai akhir :     Skor yang diperoleh      
                          X   100  
                                    Skor maksimak


                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS VIII SEMESTER 2 PERTEMUAN PERTAMA yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 10:13 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu