RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
.............................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/2
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 9. Memahami isi berita dari radio/televisi
Kompetensi Dasar : 9.1.Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa,
di mana,
kapan, mengapa, dan bagaimana)
yang didengar dan/
atau ditonton melalui
radio/televisi
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
• menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan
bagaimana)
yang didengar dan/atau ditonton melalui radio/televisi;
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
II. Materi
Ajar
Cara menemukan pokok-pokok berita dan implementasinya
III. Metode Pembelajaran
– Contoh – Latihan
– Tanya jawab – Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
§ Apersepsi :
F Bertanya jawab tentang
tema ”Teknologi” dan hal-hal yang harus
diperhatikan serta teknik mendengarkan berita dari radio/televisi
F Bertanya jawab tentang topik berita yang
disukai siswa
§ Memotivasi :
F • menemukan pokok-pokok berita
B.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan
urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F memfasilitasi peserta didik dapat
menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan
bagaimana) yang didengar dan/atau ditonton melalui radio/televisi.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi Peserta didik Mendengarkan pembacaan teks
berita
F Bertanya jawab tentang
pokok-pokok berita yang didengar
F Mendengarkan teks berita
pada latihan
F Mengidentifikasi
kata-kata kunci
F Mengidentifikasi
pokok-pokok berita berdasarkan kata-kata kunci
F Menjawab pertanyaan
tentang isi teks
F Membuat pertanyaan lain tentang isi teks
F Mengubah sajian berita
tersebut menjadi sajian berita live report
F Menyampaikan kembali isi
berita secara lisan
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
F Memberikan penguatan
materi yang baru dibelajarkan
F Menyimpulkan cara
menemukan pokok-pokok berita dan mengemukakan kembali berita yang
didengar/ditonton melalui radio/televisi
V.
Sumber/Bahan/Alat
§ Berita dari
radio/televisi/rekaman yang diperdengarkan
§ Teks berita dari
majalah/surat kabar yang dibacakan
§ Buku pelajaran bahasa dan
sastra Indonesia.
VI. Penilaian
§ Penilaian dilaksanakan selama proses dan
sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Mampu menemukan
pernyataan-pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan pokok-pokok
berita
· Mampu menuliskan
pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
|
§ Kemukakan secara lisan
pokok-pokok berita yang terdapat di dalam berita yang kamu dengarkan!
§ Tuliskan pokok-pokok
berita dengan singkat!
|
Bentuk tes: lisan dan tertulis
No
|
Aspek Penilaian
|
Bobot
|
Nilai
|
1
|
Menemukan
pokok-pokok berita
a. Tepat (3)
b. Kurang
tepat (2)
c. Tidak tepat (1)
|
5
|
|
2
|
Mengemukakan
kembali berita
a. Baik (3)
b. Kurang baik
(2)
c. Tidak baik
(1)
|
5
|
|
3
|
Menjawab
pertanyaan tentang isi berita
a. Semua benar
(3)
b. Sebagian
besar benar (2)
c. Sebagian
besar salah (1)
|
5
|
|
Keterangan
Skor maksimum 3 (3 × 5) = 45
Nilai akhir : Skor yang
diperoleh
X 100
Skor
maksimak
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
0 comments :
Post a Comment