RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ……………...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/2
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi : 9. Memahami isi berita dari radio/televisi
Kompetensi Dasar : 9.2. Mengemukakan kembali berita yang didengar/ditonton
melalui radio/televisi
I. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
pembelajaran ini, siswa mampu
- Pertemuan Pertama:
o
Mendengarkan rekaman berita dari radio/TV
o
Menganalisis
pokok-pokok berita yang didengar
o
Mendiskusikan penulisan berita dengan urutan pokok-pokok
berita yang bervariasi
- Pertemuan Kedua :
o
Menulis satu teks berita
o
Menyunting teks
berita tulisan sendiri atau teman
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
II. Materi
Ajar
Cara mengemukakan kembali berita dan implementasinya
III. Metode
Pembelajaran
– Contoh –
Diskusi
– Tanya
jawab – Penugasan
– Latihan
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
Pertemuan Pertama :
§ Apersepsi :
F Bertanya jawab tentang tema ”Ekonomi”
F Membuka kembali ingatan siswa tentang
kegiatan mendengarkan berita
§ Memotivasi :
F Menyampaikan kembali isi berita tersebut
B.
Kegiatan Inti•
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan urutan yang
baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F memfasilitasi peserta didik dapat
Mendengarkan pembacaan teks berita ”Dana Nasabah Bank Global Hari Ini
Dicairkan” yang akan dibacakan oleh salah satu teman
F Tiap anak membuat dua pertanyaan
pada kertas, kemudian dikocok
F Siswa mengambil dua gulungan
kertas tersebut, dan menjawab pertanyaannya
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
A.
Kegiatan Awal
Pertemuan Kedua :
§ Apersepsi :
F Bertanya jawab tentang tema ”Lingkungan”
F Membuka kembali ingatan siswa tentang
kegiatan mendengarkan berita
dan cara
menemukan pokok-pokok berita
§ Memotivasi :
F cara Mengemukakan kembali berita yang didengar/ditonton
melalui radio/ televisi.
B.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan urutan yang
baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F memfasilitasi peserta didik dapat
membacakan teks berita ”Tanaman
Guttapercha Terancam Punah” dengan memerhatikan intonasi, artikulasi, dan
ekspresi
F Menyampaikan kembali isi berita
tersebut
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
F Menyimpulkan cara Mengemukakan
kembali berita yang didengar/ditonton melalui radio/ televisi.
V.
Sumber/Bahan/Alat
Berita dari
radio/televisi/rekaman yang diperdengarkan
Teks berita
dari majalah/surat kabar yang dibacakan
Buku
pelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
VI. Penilaian
§ Penilaian dilaksanakan selama proses dan
sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Mampu menuliskan
pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
· Mampu merangkai
pokok-pokok berita secara
bervasiasi menjadi teks berita
· Mampu menyunting berita
yang ditulis
|
Tes tulis
Tes praktik/
kinerja
|
Uraian
Uji petik kerja
|
§ Tulis pokok-pokok
berita dengan singkat!
§ Tulislah teks berita
dengan cara merangkai secara
bervariasi pokok-pokok berita!
§ Suntinglah teks
beritamu dan berita temanmu!
|
Bentuk tes: lisan dan tertulis
No
|
Aspek Penilaian
|
Bobot
|
Nilai
|
1
|
1. Keberanian
mengungkapkan kembali isi berita
a. Berani (3)
b. Kurang
berani (2)
c. Tidak berani (1)
|
5
|
|
2
|
2. Menjawab
pertanyaan tentang teks
a. Semua benar
(3)
b. Sebagian
besar benar (2)
c. Sebagian
besar salah (1)
|
5
|
|
3
|
3. Menggunakan
penghubung yang
a. Tepat (3)
b. Kurang
tepat (2)
c. Tidak tepat
(1)
|
5
|
|
Keterangan
Skor maksimum 3 (3 × 5) = 45
Nilai akhir : Skor yang
diperoleh
X 100
Skor
maksimak
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
0 comments :
Post a Comment