Contoh
RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
N0 : 2
NAMA SEKOLAH :
SMA
MATA PELAJARAN :
BAHASA JEPANG
KELAS/SEMESTER :
X/1
TOPIK :
IDENTITAS DIRI
ALOKASI WAKTU :
3X 45’
A. KOMPETENSI
INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR
KD 1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Jepang
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar
KD 2.1
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
KD 3. 1
Memahami cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima
kasih,meminta maaf, meminta izin, memberi instruksi dan memperkenalkan
diri, serta cara meresponnya terkait
topik identitas diri ( あいさつ、じこしょうかい) aisatsu,jikoshoukai dan kehidupan sekolah(学校のせいかつ) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks
dan unsur budaya yang sesuai konteks
penggunaannya
KD 4.1
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk merespon perkenalan diri, sapaan, pamitan,
ucapan terima kasih, permintaan maaf, meminta izin dan instruksi terkait topik
identitas diri (あいさつ、じこしょうかいaisatsu, jikoshoukai) dan
kehidupan sekolah (がっこうの せいかつGakkou no seikatsu) dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks
dan unsur budaya secara benar sesuai konteks
C.INDIKATOR
3.1.1.Mencocokkan ujaran-ujaran (kata,frasa dan kalimat) yang didengar
3.1.2. Melengkapi kata, frasa, atau kalimat dengan huruf atau kata
yang didengar
3.1.3. Menanyakan informasi umum, selektif, dan rinci yang telah
didapat dalam wacana
3.1.4. Menanyakan ujaran-ujaran
untuk melakukan dialog
4.1.1
Mengasosiasikan secara lisan dan tulisan ujaran dengan bahasa tertentu(bahasa asing lainnya atau bahasa daerah)
4.1.2
Menjelaskan kata-kata terkait
identitas diri, seperti; nama, pekerjaan, negara asal,
daerah asal, tempat tinggal.
4.1.3 Melakukan dialog tentang pencarian data diri
orang lain dengan memperhatikan unsur
kebahasaan, dan budaya secara benar dan sesuai konteks
4.1.4 Menginformasikan secara tertulis dalam
bentuk laporan tentang diri sendiri, dan orang lain
4.1.5 Mengisi formulir tentang identitas
diri sesuai dengan data yang dimiliki
D.
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, bertanya, dan berdiskusi untuk
mengeksplor data, peserta didik
dapat mengenal, memahami
ujaran-ujaran terkait identitas diri,baik data diri sendiri maupun data
orang lain, dari wacana yang didengar dengan sikap rasa ingin tahu, bertanggung jawab, jujur, toleran, mampu
bekerja sama, dan komunikatif.
2. Setelah
melakukan proses mengasosiasi dengan cara menghubungkan kata, frasa, dan
kalimat melalui persamaan dengan bahasa lain, peserta didik dapat mencoba
menggunakan kalimat berita dan tanya
baik lisan maupun tulisan untuk memperkenalkan diri sendiri, orang lain dan
bertanya jawab dengan bantuan kartu yang tersedia, dengan sikap percaya diri
sendiri (mandiri), toleran, mampu bekerja sama dan komunikatif.
3. Melalui tahapan mengomunikasikan
proses dan hasil wawancara terkait identitas diri, peserta didik dapat melakukandialog
tentang identitas diri, menceritakan data diri sendiri dan orang lain baik
secara lisan dengan lafal dan intonasi yang tepat, maupun tulisan dengan ejaan yang tepat, yang mampu mewujudkan sikap
mandiri, bertanggung jawab, dan komunikatif.
E.Materi
Ajar :
v
Fakta :
Wacana lisan (dialog) tentang
identitas diri
Ujaran lisan
( kata, frasa dan kalimat),seperti :
aisatsu (ohayou
gozaimasu,
konnichiwa, konbanwa), jikoshoukai (hajimemashite,
watashi wa
... desu. Douzo yoroshiku ) onamae, oshigoto, okuni,
goshusshin.
v
Konsep :
Menanyakan, menetukan informasi umum, selektif dan atau rinci,
ujaran ujaran untuk mendapatkan data diri sendiri dan orang
lain,
untuk melakukan
dialog.
v
Prinsip :
Penggunaan salam sesuai waktunya
Menyapa orang pertama kali berkenalan
Struktur kalimat
... wa ... desu. /..Wa ...desu ka
v
Prosedur
: kalimat berita dan kalimat
tanya, dialog, wacana sederhana
F. Pendekatan :
Saintifik
Strategi : berkelompok/berpasangan
Metode
Pembelajaran:
v
Inkuiri
v Tanya
jawab
v Penugasan
v Drill
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Tahapan
|
Aktivitas Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik mengucap salam dan berdoa.
2.
siswa mengamati berbagai cara orang menyampaikan salam.
3.
Siswa menyadari, mana kebiasaan yang dia lakukan, mana yang
kebanyakan dilakukan orang-orang sekelilingnya, dan mana yang pernah dilihat.
4.
Siswa berdiskusi kepada siapa, kapan dan mengatakan apa pada saat
bersalaman untuk menyadari “Banyak yang berbeda, dengan tujuan yang sama” dan
“Ada yang berbeda, karena tujuannya berbeda”
5.
Siswa memastikan sendiri apa yang akan diperolehnya dalam
pembelajaran ini
|
10 mnt
|
Inti
|
MENGAMATI
1.
Siswa menyimak CD yang diperdengarkan, dan memperhatikan beberapa hal
yang dipandu guru:
2.
-Membedakan suara
3.
-Memperhatikan kata yang sama
4.
-Mengulang (memperhatikan lafal)
5.
-Mencatat (memperhatikan ejaan)
MENANYA
6.
-Mengkonfirmasi hasil kerja dengan sesama teman.(menanyakan hal yang
tidak dipahami)
7.
Siswa menyimak penjelasan struktur perkenalan diri.
MENGEKSPLOR
8.
Siswa berlatih percakapan. Diharapkan antar siswa saling melakukan
koreksi atas latihan yang dilakukan. Siswa mendapat umpan balik atas praktek
yang dilakukannya.
MENGASOSIASI
9.
Siswa berdiskusi untuk membandingkan/mengobservasi“perkenalan
diri” dalam bahasa Jepang dengan“perkenalan diri”dalam bahasa Indonesia,
serta budaya Jepang saat memperkenalkan diri dengan budaya
Indonesia/setempat.
10.
Siswa mengisi LEMBAR HASIL OBSERVASI.
MENGKOMUNIKASIKAN
11.
Siswa Siswa diminta untuk mengkomunikasikan hasil analisisnyaatau
bila waktu tidak mencukupi ditulis sebagai tugas di rumah.
12.
Siswa mendapat umpan balik atas tugas yang dilakukan.
13. Siswa mengisi lembar
Evaluasi dan Refleksi Diri
|
25 menit
25 menit
25 Menit
20’
20’
|
Penutup
|
1.
Membuat refleksi kegiatan belajar mengajar,
berupa evaluasi terhadap langkah-langkah pembelajaran yang telah disampaikan.
2.
Peserta didik dan guru merencanakan tindak lanjut
pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
3.
Pemberian tugas
|
10
|
H. Penilaian
1. Penilaian Hasil Belajar
Kompetensi Sikap
Penilaian akhir KD 2.1, 2.2, 2.3, dan
2.4
teknik :
Observasi
Bentuknya
: Lembar pengamatan
Indikator perkembangan
karakter kreatif, komunikatif,menghargai, disiplin dan kerja keras
1. BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2. MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3. MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas yang cukup sering dan mulai
ajeg/konsisten
4. MK (membudaya) jika
menunjukkan adanya usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai
hasil pengamatan.
No.
|
Nama Siswa
|
Kreatif/komunikatif
|
Menghargai/disiplin
|
Kerja keras
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian
Hasil Belajar Kompetensi Pengetahuan
Penilaian Akhir KD 3
v
Teknik : Tes Tertulis dan Tugas
v
Bentuk : Isian,
uraian, dan portofolio
v
Instrumen Penilaian (terlampir 2)
Rancangan
Tes Tulis
Indikator
Soal
|
Bentuk
|
No
Soal
|
Skor
Penilaian
|
peserta
didik dapat mengisi teks rumpang tentang Identitas diri/perkenalan,
melalui sebuah dialog
diperdengarkan
|
isian
|
1 - 5
|
Satu
kata =
1
10
Kata = 1 x 10
|
Diperdengarkan
sebuah dialog, tentang Identitas diri/ Perkenalan, peserta didik dapat membuat pertanyaan dengan tepat.
|
Uraian
terbatas
|
6 -
10
|
Skor 2 apabila
kalimat tanya yang dibuat dengan struktur yang benar dan bermakna
Skor 1 apabila hanya sebagian strukturnya benar
Skor 0 apabila struktur yang dibuat salah,
|
Peserta
didik dapat mengisi tabel dengan informasi umum tertentu dan rinci,
serta dapat menjawab pertanyaan tentang Identitas diri/ Perkenalan, sesuai
dialog yang diperdengarkan.
|
Uraian
Terbatas
|
10
- 15
|
No.
11 – 15 skor 1
|
Penilaian ; Juml perolehan skor X 100 =
Jumlah skor max (25)
3.
Penilaian
Akhir Kompetensi Keterampilan
Kriteria
|
Skor
|
Penilaian
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Ketuntas-an tugas sesuai tujuan (タスク達成)
|
Semua tugas tuntas
dengan sangat baik dan sesuai tujuan.
|
Semua tugas tuntas,
tetapi ada sebagian kecil yang salah namun tetap sesuai tujuan.
|
Sebagian besar tugas tuntas, namun banyak kesalahan sehingga tidak sesuai dengan
tujuan.
|
Sebagian besar tugas tidak
tuntas sehingga tidak sesuai dengan tujuan.
|
Jumlah Soal 5
Skor maksimal
5 x 4 = 15
|
Struktur wacana(談話構造)
|
Penyampaian dengan
struktur wacana sangat runut dan mudah dipahami
|
Penyampaian dengan
struktur yang cukup runut dan bisa dipahami
|
Penyampaian kurang runut
sehingga agak sulit dipahami
|
Penyampai-an tidak runut
sehingga tidak bisa dipahami
|
Jumlah Soal 5
Skor maksimal
5 x 4 = 20
|
Kelancar-an(流暢さ)
|
Penyampaian sangat
lancar.
|
Ada penyampaian yang dilakukan dengan agak kurang lancar, namun
makna dapat dipahami.
|
Penyampaian dilakukan
tersendat-sendat, sehingga makna kurang dipahami.
|
Penyampai-an sangat
tersendat-sendat, sehingga makna tidak dapat dipahami.
|
Jumlah Soal 5
Skor maksimal
5 x 4 = 20
|
Kosa
kata
|
Dapat mengguna-kan kosa kata
dengan sangat leluasa dan benar.
|
Dapat mengguna-kan kosa
kata dengan cukup leluasa dan benar.
|
Dapat menggunakan kosa kata
terbatas, dan ada dapat menggunakan kosa kata yang sangat terbatas, dan ada
beberapa kesalahan kesalahan.
|
Dapat mengguna-kan kosa
kata yang sangat terbatas, dan banyak kesalahan.
|
Jumlah Soal 5
Skor maksimal
5 x 4 = 20
|
Tata
bahasa
|
Dapat mengguna-kan tata
bahasa dengan leluasa sesuai kondisi.
|
Dapat mengguna-kan tata
bahasa yang sering digunakan sesuai kondisi
|
Hanya dapat menggunakan
tata bahasa sederhana.
|
Dapat terdapat kesalahan
mendasar dalam tata bahasa, namun dapat dipahami apa yang ingin diutarakan.
|
Jumlah Soal 5
Skor maksimal
5 x 4 = 20
|
Pelafalan
(発音)
|
Pelafalan sangat baik dan sangat mudah dipahami.
|
Pelafalan cukup
baik, namun ada sedikit kesalahan namun tak mengubah makna.
|
Banyak kesalahan pada
lafal, namun masih dapat dipahami maknanya
|
Banyak kesalahan pelafalan, sehingga
tidak
dapat dipahami.
|
Jumlah Soal 5
Skor maksimal
5 x 4 = 20
|
|
Nilai akhir:Jumlah Perolehan skor X 100
Jml skor maksimal (24 x 4 =96)
= ....
|
I.
SUMBER
BELAJAR
Sumber Belajar
|
Pustaka
Rujukan
|
Buku teks pelajaran yang relevan
Internet yang sesuai dengan materi
|
Media
|
Komputer, LCD, LKS、gambar, kartu huruf, CD/DVD/Kaset
|
|
Mengetahui Bandung, 20 Agustus 2013
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
----------------------
..............................
0 comments :
Post a Comment