CONTOH RPP KURIKULUM 2013 BAHASA JEPANG TOPIK "IDENTITAS DIRI" SMA KELAS X SEMESTER 1

Written By putrajunio on Monday, January 13, 2014 | 3:50 AM



Contoh RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
     N0 : 2

NAMA SEKOLAH                 : SMA
MATA PELAJARAN              : BAHASA JEPANG
KELAS/SEMESTER               : X/1
TOPIK                              : IDENTITAS DIRI
ALOKASI WAKTU                : 3X 45’


A.  KOMPETENSI INTI

KI 1  :  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3  :  Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4 : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B. KOMPETENSI DASAR
KD 1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Jepang sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar

KD 2.1
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan  guru dan teman.

KD 3. 1
Memahami cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih,meminta maaf, meminta izin, memberi instruksi dan memperkenalkan diri,  serta cara meresponnya terkait topik identitas diri ( あいさつじこしょうかい) aisatsu,jikoshoukai  dan kehidupan sekolah(学校のせいかつ) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur  budaya yang sesuai konteks penggunaannya

KD 4.1
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk  merespon perkenalan diri, sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, permintaan maaf, meminta izin dan instruksi terkait topik identitas diri (あいさつじこしょうかいaisatsu, jikoshoukai) dan kehidupan sekolah (がっこうの せいかつGakkou no seikatsu) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks  dan unsur budaya secara benar sesuai konteks




C.INDIKATOR
3.1.1.Mencocokkan ujaran-ujaran (kata,frasa dan kalimat) yang  didengar
3.1.2. Melengkapi kata, frasa, atau kalimat dengan huruf atau kata yang  didengar
3.1.3. Menanyakan informasi umum, selektif, dan  rinci yang telah didapat dalam wacana
3.1.4. Menanyakan ujaran-ujaran untuk melakukan dialog

4.1.1   Mengasosiasikan secara lisan dan tulisan ujaran dengan bahasa  tertentu(bahasa asing lainnya atau bahasa daerah)
 4.1.2   Menjelaskan  kata-kata terkait identitas diri, seperti; nama, pekerjaan, negara asal, daerah asal, tempat tinggal.
4.1.3   Melakukan dialog tentang pencarian data diri orang lain dengan memperhatikan unsur  kebahasaan, dan budaya secara benar dan sesuai konteks
4.1.4    Menginformasikan secara tertulis dalam bentuk laporan tentang diri sendiri, dan orang lain
4.1.5    Mengisi formulir tentang identitas diri  sesuai dengan data yang   dimiliki

D. Tujuan Pembelajaran :
1.  Setelah mengamati, bertanya, dan berdiskusi untuk mengeksplor data, peserta didik  dapat  mengenal,  memahami  ujaran-ujaran terkait identitas diri,baik data diri sendiri maupun data orang lain, dari wacana yang didengar dengan sikap rasa ingin tahu,  bertanggung jawab, jujur, toleran, mampu bekerja sama, dan komunikatif.

2.  Setelah melakukan proses mengasosiasi dengan cara menghubungkan kata, frasa, dan kalimat melalui persamaan dengan bahasa lain, peserta didik dapat mencoba menggunakan  kalimat berita dan tanya baik lisan maupun tulisan untuk memperkenalkan diri sendiri, orang lain dan bertanya jawab dengan bantuan kartu yang tersedia, dengan sikap percaya diri sendiri (mandiri), toleran, mampu bekerja sama dan komunikatif.
   
3.  Melalui tahapan mengomunikasikan  proses dan hasil wawancara terkait identitas diri, peserta didik dapat melakukandialog tentang identitas diri, menceritakan data diri sendiri dan orang lain baik secara lisan dengan lafal dan intonasi yang tepat,  maupun tulisan dengan  ejaan yang tepat, yang mampu mewujudkan sikap mandiri, bertanggung jawab, dan komunikatif.



E.Materi Ajar :
v Fakta             :    Wacana lisan (dialog) tentang  identitas diri
                                  Ujaran lisan ( kata, frasa dan kalimat),seperti :  aisatsu (ohayou 
                                  gozaimasu,  konnichiwa, konbanwa), jikoshoukai (hajimemashite,
                                  watashi wa ... desu.  Douzo yoroshiku )  onamae, oshigoto, okuni, 
                                  goshusshin.
v Konsep           :    Menanyakan, menetukan informasi umum, selektif dan atau rinci,
                             ujaran ujaran  untuk mendapatkan data diri sendiri dan orang lain, 
                             untuk melakukan dialog.
v Prinsip           :    Penggunaan salam sesuai waktunya
Menyapa orang pertama kali berkenalan
Struktur kalimat  ... wa ... desu. /..Wa ...desu ka
v Prosedur         :    kalimat berita dan kalimat tanya, dialog, wacana sederhana



F. Pendekatan :  Saintifik
    Strategi        :  berkelompok/berpasangan

    Metode Pembelajaran:
v  Inkuiri
v  Tanya jawab
v  Penugasan
v  Drill

G. Langkah-langkah Pembelajaran


Tahapan

Aktivitas Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Peserta didik mengucap salam dan berdoa.
2.      siswa mengamati berbagai cara orang menyampaikan salam.
3.      Siswa menyadari, mana kebiasaan yang dia lakukan, mana yang kebanyakan dilakukan orang-orang sekelilingnya, dan mana yang pernah dilihat.
4.    Siswa berdiskusi kepada siapa, kapan dan mengatakan apa pada saat bersalaman untuk menyadari “Banyak yang berbeda, dengan tujuan yang sama” dan “Ada yang berbeda, karena tujuannya berbeda”
5.    Siswa memastikan sendiri apa yang akan diperolehnya dalam pembelajaran ini

10 mnt
Inti
MENGAMATI
1.    Siswa menyimak CD yang diperdengarkan, dan memperhatikan beberapa hal yang dipandu guru:
2.    -Membedakan suara
3.    -Memperhatikan kata yang sama
4.    -Mengulang (memperhatikan lafal)
5.    -Mencatat (memperhatikan ejaan)

MENANYA
6.    -Mengkonfirmasi hasil kerja dengan sesama teman.(menanyakan hal yang tidak dipahami)
7.    Siswa menyimak penjelasan struktur perkenalan diri.

MENGEKSPLOR
8.    Siswa berlatih percakapan. Diharapkan antar siswa saling melakukan koreksi atas latihan yang dilakukan. Siswa mendapat umpan balik atas praktek yang dilakukannya.




 MENGASOSIASI
9.    Siswa berdiskusi untuk membandingkan/mengobservasi“perkenalan diri” dalam bahasa Jepang dengan“perkenalan diri”dalam bahasa Indonesia, serta budaya Jepang saat memperkenalkan diri dengan budaya Indonesia/setempat.
10. Siswa mengisi LEMBAR HASIL OBSERVASI.

MENGKOMUNIKASIKAN
11. Siswa Siswa diminta untuk mengkomunikasikan hasil analisisnyaatau bila waktu tidak mencukupi ditulis sebagai tugas di rumah.
12. Siswa mendapat umpan balik atas tugas yang dilakukan.
13.  Siswa mengisi lembar Evaluasi dan Refleksi Diri



25 menit











25 menit









25  Menit








20’









20’
Penutup

1.    Membuat refleksi kegiatan belajar mengajar, berupa evaluasi terhadap langkah-langkah pembelajaran yang telah disampaikan.
2.    Peserta didik dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
3.    Pemberian tugas

10

H. Penilaian
1. Penilaian Hasil Belajar Kompetensi Sikap
Penilaian akhir KD  2.1, 2.2, 2.3, dan 2.4
          teknik         :  Observasi
          Bentuknya :  Lembar pengamatan

Indikator perkembangan karakter kreatif, komunikatif,menghargai, disiplin dan kerja keras
1.    BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas
2.    MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.    MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.    MK (membudaya) jika menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten

Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
Nama Siswa
Kreatif/komunikatif
Menghargai/disiplin
Kerja keras
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.













2.













3













4













5













6













7













10













11














2.     Penilaian Hasil Belajar Kompetensi Pengetahuan
          Penilaian Akhir KD 3
v  Teknik      :  Tes Tertulis dan Tugas
v  Bentuk      :   Isian,  uraian, dan portofolio
v  Instrumen Penilaian (terlampir 2)

Rancangan Tes Tulis

Indikator Soal
Bentuk
No Soal
Skor Penilaian
peserta didik dapat mengisi teks rumpang tentang Identitas diri/perkenalan, melalui  sebuah dialog diperdengarkan 


isian


1  -   5


Satu kata  =  1
10 Kata     =  1 x 10


Diperdengarkan sebuah dialog, tentang Identitas diri/ Perkenalan, peserta didik  dapat membuat pertanyaan dengan tepat.


Uraian terbatas


6   -  10
Skor 2  apabila kalimat tanya yang dibuat dengan struktur yang benar dan bermakna
Skor 1 apabila hanya sebagian strukturnya benar
Skor 0 apabila struktur yang dibuat salah,
Peserta didik  dapat mengisi tabel  dengan informasi umum tertentu dan rinci, serta dapat menjawab pertanyaan tentang Identitas diri/ Perkenalan, sesuai dialog yang diperdengarkan.


Uraian Terbatas


10 - 15


No. 11 – 15  skor 1





Penilaian  ;  Juml  perolehan skor  X   100   =
                      Jumlah skor max (25)


3.   Penilaian Akhir Kompetensi Keterampilan

Kriteria
Skor
Penilaian
4
3
2
1
Ketuntas-an tugas sesuai tujuan (タスク達成)
Semua tugas tuntas dengan sangat baik dan sesuai tujuan.
Semua tugas tuntas, tetapi ada sebagian kecil yang salah namun tetap sesuai tujuan.
Sebagian besar tugas tuntas, namun banyak kesalahan sehingga tidak sesuai dengan tujuan.
Sebagian besar tugas tidak tuntas sehingga tidak sesuai dengan tujuan.
Jumlah Soal 5
Skor maksimal
5 x 4  =  15

Struktur wacana(談話構造)
Penyampaian dengan struktur wacana sangat runut dan mudah dipahami
Penyampaian dengan struktur yang cukup runut dan bisa dipahami
Penyampaian kurang runut sehingga agak sulit dipahami
Penyampai-an tidak runut sehingga tidak bisa dipahami
Jumlah Soal 5
Skor maksimal
5 x 4  =  20

Kelancar-an(流暢さ)
Penyampaian sangat lancar.
Ada penyampaian yang  dilakukan dengan agak kurang lancar, namun makna dapat dipahami.
Penyampaian dilakukan tersendat-sendat, sehingga makna kurang dipahami.
Penyampai-an sangat tersendat-sendat, sehingga makna tidak dapat dipahami.
Jumlah Soal 5
Skor maksimal
5 x 4  =  20
Kosa kata
Dapat mengguna-kan kosa kata dengan sangat leluasa dan benar.
Dapat mengguna-kan kosa kata dengan cukup leluasa dan benar.
Dapat menggunakan kosa kata terbatas, dan ada dapat menggunakan kosa kata yang sangat terbatas, dan ada beberapa kesalahan kesalahan.
Dapat mengguna-kan kosa kata yang sangat terbatas, dan banyak kesalahan.
Jumlah Soal 5
Skor maksimal
5 x 4  =  20
Tata bahasa
Dapat mengguna-kan tata bahasa dengan leluasa sesuai kondisi.
Dapat mengguna-kan tata bahasa yang sering digunakan sesuai kondisi
Hanya dapat menggunakan tata bahasa sederhana.
Dapat terdapat kesalahan mendasar dalam tata bahasa, namun dapat dipahami apa yang ingin diutarakan.
Jumlah Soal 5
Skor maksimal
5 x 4  =  20
Pelafalan (発音)
Pelafalan sangat baik dan sangat mudah dipahami.
Pelafalan cukup baik, namun ada sedikit kesalahan namun tak mengubah makna.
Banyak kesalahan pada lafal, namun masih dapat dipahami maknanya
Banyak kesalahan pelafalan, sehingga tidak dapat dipahami.
Jumlah Soal 5
Skor maksimal
5 x 4  =  20

Nilai akhir:Jumlah Perolehan skor X 100
                          Jml skor maksimal (24 x 4 =96)        =  ....



I.   SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar
Pustaka Rujukan
Buku teks pelajaran yang relevan
Internet yang sesuai dengan materi
Media
Komputer, LCD, LKSgambar, kartu huruf, CD/DVD/Kaset




Mengetahui                                                             Bandung,  20 Agustus 2013
Kepala Sekolah,                                                             Guru Mata Pelajaran,




----------------------                                                                 ..............................

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP KURIKULUM 2013 BAHASA JEPANG TOPIK "IDENTITAS DIRI" SMA KELAS X SEMESTER 1 yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 3:50 AM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu