RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SMA .......................
Kelas /
Semester : XII (Dua belas) /
Semester II
Mata Pelajaran :
FISIKA
Standar Kompetensi
3. Menganalisis berbagai besaran fisis pada
gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma
fisika modern.
Kompetensi Dasar
3.1 Menganalisis secara kualitatif gejala kuantum yang
mencakup hakikat dan sifat-sifat radiasi
benda hitam serta penerapannya.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Mendeskripsikan fenomena radiasi benda hitam.
2. Mendeskripsikan hipotesis Planck tentang kuantum
cahaya.
3. Menerapkan karakteristik radiasi benda hitam untuk
menjelaskan gejala pemanasan global.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik dapat:
1.
Menjelaskan pengertian benda hitam.
2.
Menjelaskan karakteristik radiasi pada benda hitam.
3.
Menjelaskan hubungan antara intensitas radiasi benda
hitam terhadap panjang gelombang pada berbagai suhu.
4.
Menjelaskan aplikasi hukum pergeseran Wien.
5.
Menjelaskan aplikasi hukum Stefan-Boltzmann.
6.
Menjelaskan aplikasi hukum Rayleigh-Jeans.
7.
Menganalisis fenomena pergeseran Wien melalui teori
Planck.
8.
Membedakan pandangan Rayleigh-Jeans dan Planck
mengenai radiasi benda hitam.
9.
Menjelaskan aplikasi dari sifat radiasi benda hitam
dalam kehidupan sehari-hari.
10. Menjelaskan
pengertian efek fotolistrik.
11. Membedakan
teori efek fotolistrik menurut teori elektrodinamika klasik dan Enstein.
12. Menjelaskan
eksperimen mengukur energi kinetik maksimum.
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi
tugas dan hasil.
B. Materi Pembelajaran
Pendahuluan
Teori Kuantum
C. Metode Pembelajaran
1.
Model : -
Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2. Metode :
- Diskusi kelompok
-
Ceramah
- Observasi
Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menganalisis
secara kualitatif gejala kuantum yang mencakup hakikat dan sifat-sifat
radiasi benda hitam serta penerapannya.
|
· Menafsirkan
data radiasi benda hitam dalam diskusi kelas.
|
· Siswa
dapat Mendeskripsikan fenomena radiasi
benda hitam
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
-
Motivasi dan Apersepsi:
l Apakah setiap
benda yang panas memancarkan gelombang elektromagnetik?
l Bagaimana
hubungan antara kerapatan energi yang dipancarkan benda hitam dengan suhu benda
tersebut?
-
Prasyarat pengetahuan:
l Faktor apakah
yang mempengaruhi daya yang dipancarkan gelombang elektromagnetik?
l Sebutkan bunyi
hukum Stefan-Boltzmann.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
pengertian benda hitam. (nilai yang ditanamkan: Religius,
Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penjelasan karakteristik
radiasi pada benda hitam yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai
hubungan antara intensitas radiasi benda hitam terhadap panjang gelombang pada
berbagai suhu. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
aplikasi hukum pergeseran Wien. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan
hukum pergeseran Wien. (nilai yang ditanamkan: Religius,
Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan contoh soal aplikasi hukum
pergeseran Wien yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
aplikasi hukum Stefan-Boltzmann. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan
hukum Stefan-Boltzmann. (nilai yang ditanamkan: Religius,
Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan contoh soal aplikasi hukum
Stefan-Boltzmann yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal aplikasi hukum
pergeseran Wien dan Stefan-Boltzmann untuk dikerjakan oleh peserta didik.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan
benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan Apersepsi:
l Bagaimana
hubungan kerapatan energi yang dipancarkan benda hitam terhadap suhu dan
panjang gelombang?
l Mengapa
energi getaran atom-atom pada benda hitam tidak dapat memiliki nilai sembarang?
-
Prasyarat pengetahuan:
l Sebutkan bunyi
hukum Rayleigh-Jeans.
l Apakah
peranan teori Planck dalam menjelaskan radiasi benda hitam?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
aplikasi hukum Rayleigh-Jeans. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan
hukum Rayleigh-Jeans. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penerapan hukum
Rayleigh-Jeans dalam menjelaskan radiasi benda hitam yang disampaikan oleh
guru. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
aplikasi teori Planck. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penerapan teori Planck
dalam menjelaskan radiasi benda hitam yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai
fenomena pergeseran Wien melalui teori Planck. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan
perbedaan pandangan Rayleigh-Jeans dan Planck mengenai radiasi benda hitam.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan contoh soal aplikasi teori
Planck yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal aplikasi teori Planck
untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan
benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan
aplikasi dari sifat radiasi benda hitam dalam kehidupan sehari-hari. (nilai
yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil
diskusinya di depan kelompok yang lain. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN
KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan Apersepsi:
·
Faktor apakah yang mempengaruhi terjadinya efek
fotolistrik?
·
Bagaimana mengukur energi kinetik maksimum elektron
foto secara kuantitatif?
-
Prasyarat pengetahuan:
·
Apakah yang dimaksud dengan efek fotolistrik?
·
Bagaimana diagram eksperimen fotolistrik?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
pengertian efek fotolistrik. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai
efek fotolistrik menurut teori elektrodinamika klasik.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan teori efek fotolistrik
menurut Einstein yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan
perbedaan teori efek fotolistrik menurut teori elektrodinamika klasik dan
Einstein. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan
energi kinetik maksimum elektron yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal menentukan energi
kinetik maksimum elektron untuk dikerjakan oleh peserta didik.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan
benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
mengenai eksperimen mengukur energi kinetik maksimum.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
E. Sumber
Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl.3B (Esis)
halaman 1-24
b. Buku referensi yang relevan
F.
Penilaian Hasil Belajar
a.
Teknik Penilaian:
·
Tes tertulis
b.
Bentuk Instrumen:
Tes PG
Tes isian
Tes uraian
c. Contoh Instrumen:
Contoh PG
Frekuensi cahaya tampak 6 x 1014 Hz.
Konstanta Planck 6,6 x 10-34 Js, maka besar energi foton adalah ....
A. 1,975 x 10-17 J
B. 2,975 x 10-18 J
C. 3,975 x 10-19 J
D. 4,975 x 10-19 J
E. 5,975 x
10-19 J
l Contoh
isian
Suatu benda hitam pada suhu 127 0C
memancarkan energi 180 J/s. Jika suhu benda terus berkurang hingga menjadi 27 0C.
Energi yang dipancarkan sekarang menjadi ....
l Contoh
tugas rumah
Jelaskan aplikasi dari
sifat radiasi benda hitam dalam kehidupan sehari-hari.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA /MA Guru
Mata Pelajaran
............................ ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK./NIK.
0 comments :
Post a Comment