RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : .........................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV
(Empat) /2 (dua)
Alokasi waktu : 4 x 35
menit
A.
Standar Kompetensi :
5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.
B.
Kompetensi
Dasar
5.1 Mengurutkan bilangan bulat
C.
Indikator pencapaian kompetensi
Psikomotor
o
Menerapkan bilangan bulat negatif dalam
kehidupan sehari-hari
Kognitif:
o
Membaca dan menuliskan lambang bilangan bulat
o
Menentukan letak bilangan bulat pada garis
bilangan
o Mengenal lawan suatu
bilangan
o
Mengurutkan
sekelompok bilangan bulat dari terkecil atau terbesar
D.
Tujuan
Pembelajaran**
Psikomotor
Peserta didik dapat :
o
Menerapkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan
sehari-hari
- Kognitif:
Dengan tanpa membuka buku
o
Membaca dan menuliskan lambang bilangan bulat
o
Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
o
Mengenal lawan suatu bilangan
o
Mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari terkecil atau
terbesar
v Karakter siswa yang diharapkan :
1.
Rasa ingin tahu , Mandiri,
Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai
Prestasi.
E.
Materi
Ajar
BILANGAN
Mengurutkan Bilangan bulat
Mengurutkan Bilangan Bulat
Telah kita pelajari di depan bahwa bilangan negatif lebih kecil dari
nol. Mari kita perhatikan garis bilangan berikut ini.
A.
Semakin ke kiri nilai bilangan semakin kecil. Sebaliknya, semakin ke kanan
nilai bilangan semakin besar. Sekarang, mari kita lengkapi perbandingan
bilangan bulat di bawah ini dengan memberi tanda lebih besar (>) atau lebih
kecil (<).
B.
Nah kawan, dengan membandingkan dua bilangan bulat, kamu dapat mengurutkan
bilangan-bilangan bulat dari yang terkecil maupun dari yang terbesar. Untuk
membantu mengurutkan bilangan-bilangan bulat, dapat kita gunakan garis
bilangan.
Contoh:
Urutkan bilangan-bilangan berikut ini.
–5, 10, –25, 20, –10, 0, 30
Jawab:
Masing-masing bilangan tersebut dapat dituliskan pada garisbilangan di bawah
ini.
C.
Urutan bilangan dari yang terkecil adalah
–25, –10, –5, 0, 10, 20, 30
Urutan bilangan dari yang terbesar adalah
30, 20, 10, 0,
–5, –10, –25
F.
Metoda
Pembelajaran
a.
deduktif-deskriptif (meringkas
uraian materi)
b. ekspositori
(menerangkan)
c.
tanya jawab
d. latihan
G.
METODE PEMBELAJARAN
Model : a.Jig
saw
b. Pembelajaran
koperatif
c.
Pendekatan kontlektual
Metode : a. Diskusi dengan teman sebangku dan penegasan
b. Pemberian tugas kelompok
c. penegasan
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Langkah
Kegiatan
|
Pegorganisasian
|
Pengembangan Diri
|
|||
Kelas
|
Waktu
|
Penilaian
|
|||
a.
Fase 1
b.
Kegiatan awal
Apresepsi dan Motivasi
i.
Mengingat kembali konsep Mengurutkan
bilangan bulat
ii.
Melakukan game yang berhubungan dengan Mengurutkan bilangan bulat dari bilangan
c.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menjelaskan cara membaca dan
menuliskan lambang bilangan bulat pada garis bilangan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencontohkan langkah mengerjakan latihan
F Memeriksa pekerjaan siswa dan menugaskan untuk
mengerjakan di depan
F Tanya jawab
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
d. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
|
|
|
|
|
|
I.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
a.
BUKU BSE
b.
Buku Pelajaran Matematika
Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4,
c.
Matematika SD untuk Kelas IV 4B,
J.
Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Rasa
ingin tahu : Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas
dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
o
Mandiri
: Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada
orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
o
Kreatif:
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara
atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
o
Kerja
keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam
mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas
dengan sebaik-baiknya.
o
Disiplin
: Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh
pada berbagai ketentuan dan peraturan
o
Demokratis
: Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai
sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
o
Tanggung-jawab
: Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas
dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,terhadap diri sendiri,
masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha
Esa.
o
Menghargai
Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk
menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta
menghormati keberhasilan orang lain.
|
o
Menerapkan bilangan bulat negatif dalam
kehidupan sehari-hari
o
Membaca dan menuliskan lambang bilangan
bulat
o
Menentukan letak bilangan bulat pada garis
bilangan
o Mengenal lawan suatu
bilangan
o Mengurutkan sekelompok
bilangan bulat dari terkecil atau terbesar
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
o
Terapkan bilangan bulat negatif dalam
kehidupan sehari-hari ?
o
Bacakanlah dan Tuliskanlah lambang bilangan
bulat ?
o
Tentukan letak bilangan bulat pada garis
bilangan ?
o Kenalkanlah lawan suatu bilangan ?
o
Kurutkanlah sekelompok bilangan bulat dari
terkecil atau terbesar ?
|
K.
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
0 comments :
Post a Comment