RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..........................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : IV/II
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan minggu ke- 1 sampai 4 (4 minggu)
I. Standar Kompetensi
2. Mengenal
sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan
kabupaten I kota dan provinsi
II.Kompetensi Dasar
2.1 Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan
dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
I.
Indikator pencapaian kompetensi
Psikomotor
§ Menyebutkan
sumber daya alam yang berpotensi di daerah-nya
Kognitif
§ Mengelompokkan
sumber daya alam di daerahnya
§ Menjelaskan
manfaat sumber daya alam yang ada di daerah
§ Menjelaskan
perlunya melestarikan sumber daya alam
§ Menyebutkan
bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya
§ Menunjukkan
tempat kegiatan ekonomi yang ada di daerahnya
§ Menunjukkan
tempat sumber daya alam pertanian, kelautan,mineral dan
energi dan sumber daya ruang
§ Membuat
laporan sederhana tentang hasil pengamatan tem-pat sumber daya alam tersebut
II.
Tujuan Pembelajaran**
Psikomotor
¨ Siswa dapat Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan
sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
Ø Karakter siswa yang diharapkan : Kreatif, Kerja keras
III.
Materi Pokok
§ Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan
sumber daya alam dan potensi lain yang ada di daerahnya
AKTIVITAS EKONOMI RAKYAT
Coba sebutkan beberapa mata pencaharian! Lingkungan
alam setempat memengaruhi kegiatan perekonomian. Di pedesaan umumnya usaha yang
dilakukan berupa pertanian. Akan tetapi, di perkotaan kegiatan ekonomi beragam,
misalnya pegawai, karyawan pabrik, pedagang, pengusaha, industri, dan jasa. Adapun jenis perekonomian masyarakat
tersebut akan diuraikan di bawah ini.
Agraris adalah kegiatan
mengolah tanah. Kegiatan ini bertujuan menghasilkan barang. Kegiatan agraris
banyak mempergunakan sumber daya alam. Adapun kegiatan agraris adalah sebagai
berikut.
a.
Pertanian
adalah kegiatan bercocok tanam. Bertujuan menghasilkan bahan pangan. Hasil yang diperoleh padi, jagung, kacang, kedelai, dan sebagainya.
b.
Peternakan adalah pembudidayaan
hewan ternak. Hewan ternak berupa sapi, kuda, kerbau, kambing, sejenis unggas
(hasilnya daging dan telur).
c.
Perkebunan
merupakan bagian dari agraris. Tanaman yang ditanam digunakan untuk keperluan
industri. Hasil perkebunan berupa teh, kopi, cengkih,
dan sebagainya.
d. Kehutanan adalah kegiatan menggunakan
hasil hutan. Selain itu, kegiatan kehutanan dapat berupa
pelestarian. Hasil
hutan berupa kayu, rotan, dan damar
e.
Perikanan
adalah kegiatan membudidayakan ikan. Hasil perikanan berupa bandeng, nila, lele, dan sebagainya.
IV.
METODE PEMBELAJARAN
Model : a.Jig
saw
b. Pembelajaran
koperatif
c.
Pendekatan kontlektual
Metode : a. Diskusi dengan teman sebangku dan
penegasan
b.
Pemberian tugas kelompok
c.
penegasan
V.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Langkah Kegiatan
|
Pegorganisasian
|
Pengembangan Diri
|
||
Kelas
|
Waktu
|
Penilaian
|
||
·
Fase 1
·
Kegiatan awal
-
Siswa diajak mengamati gambar pemandangan
alam
·
Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyebutkan
apa saja sumber daya alam di daerahnya yang mendukung kegitan ekonomi di
daerahnya
F Mengelompokkan
sumber daya alam tersebut sesuai jenis-jenisnya
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Merangkum
materi pelajaran yang telah diterimanya
·
Fase 2
·
Kegiatan awal
-
Siswa diajak menyanyi ”Nyiur Melambai”
-
Tanya jawab materi pelajaran
·
Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan
tentang manfaat sumber daya alam
F Menjelaskan
perlunya melestarikan sumber daya alam
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mencatat
hal-hal penting tentang manfaat dan melestarikan sumber daya alam
·
Fase 3
·
Kegiatan awal
-
Menjawab pertanyaan guru
·
Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyebutkan
bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerahnya
F Menunjukkan
tempat kegiatan ekonomi di daerahnya
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Murid maju
menunjukkan melalui peta tempat kegiatan ekonomi di daerahnya
·
Fase 4
·
Kegiatan awal
-
Mengamati peta di papan tulis
-
Menunjukkan tempat dan jenis-jenis sumber
daya alam
·
Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan
jenis-jenis sumber daya alam di daerahnya
F Menceritakan
sumber daya alam yang mendukung kegiatan ekonomi
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bercerita di
depan kelas tentang sumber daya alam yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi
di daerahnya
|
|
|
|
|
VI.
Alat dan Sumber Bahan
§ Alat Peraga : Gambar berbagai jenis
sumber daya alam
§ Sumber :
Buku IPS kelas IV
Buku
pendamping IPS yang relevan
VII.
Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Kreatif : Berpikir dan melakukan
sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah
dimiliki.
§ Kerja keras : Perilaku yang
menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar
dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
|
§ Menyebutkan
sumber daya alam yang berpotensi di daerah-nya
§ Mengelompokkan
sumber daya alam di daerahnya
§ Menjelaskan
manfaat sumber daya alam yang ada di daerah
§ Menjelaskan
perlunya melestarikan sumber daya alam
§ Menyebutkan
bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya
§ Menunjukkan
tempat kegiatan ekonomi yang ada di daerahnya
§ Menunjukkan
tempat sumber daya alam pertanian, kelautan,mineral dan
energi dan sumber daya ruang
§ Membuat
laporan sederhana tentang hasil pengamatan tem-pat sumber daya alam tersebut
|
Tertulis uraian
|
jawaban singkat
|
Sebutkan
sumber daya alam yang berpotensi di daerah-nya
Tulislah
tiga sumber daya alam yang dapat diperbarui!
Tulislah
tiga sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui!
Tulislah
potensi ekonomi yang terdapat di daerah tempat tinggalmu!
Jelaskan
bagaimana cara melestarikan sumber daya alam agar tidak cepat habis atau
punah!
Apa
saja manfaat sumber daya alam pertanian?
|
VIII.
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
IX.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
7.
8.
9.
10
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPS
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
0 comments :
Post a Comment