CONTOH RPP KURIKULUM 2013 ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 2

Written By putrajunio on Tuesday, December 31, 2013 | 10:16 PM

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..........................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester            :   IV/II
Alokasi Waktu             :   12 jam pelajaran @ 35 menit
                                           Pertemuan minggu ke- 1 sampai 4 (4 minggu)

I.  Standar Kompetensi
2.  Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten I kota dan provinsi

II.Kompetensi Dasar
2.1  Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya

I.          Indikator pencapaian kompetensi
Psikomotor
§  Menyebutkan sumber daya alam yang berpotensi di daerah-nya
Kognitif
§  Mengelompokkan sumber daya alam di daerahnya
§  Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di daerah
§  Menjelaskan perlunya melestarikan sumber daya alam
§  Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya
§  Menunjukkan tempat kegiatan ekonomi yang ada di daerahnya
§  Menunjukkan tempat sumber daya alam pertanian, kelautan,mineral dan energi dan sumber daya ruang
§  Membuat laporan sederhana tentang hasil pengamatan tem-pat sumber daya alam tersebut


II.                Tujuan Pembelajaran**
Psikomotor
¨      Siswa dapat Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya

Ø  Karakter siswa yang diharapkan :           Kreatif, Kerja keras


III.             Materi Pokok
§  Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain yang ada di daerahnya
AKTIVITAS EKONOMI RAKYAT
Coba sebutkan beberapa mata pencaharian! Lingkungan alam setempat memengaruhi kegiatan perekonomian. Di pedesaan umumnya usaha yang dilakukan berupa pertanian. Akan tetapi, di perkotaan kegiatan ekonomi beragam, misalnya pegawai, karyawan pabrik, pedagang, pengusaha, industri, dan jasa. Adapun jenis perekonomian masyarakat tersebut akan diuraikan di bawah ini.
Agraris adalah kegiatan mengolah tanah. Kegiatan ini bertujuan menghasilkan barang. Kegiatan agraris banyak mempergunakan sumber daya alam. Adapun kegiatan agraris adalah sebagai berikut.
a.       Pertanian adalah kegiatan bercocok tanam. Bertujuan menghasilkan bahan pangan. Hasil yang diperoleh padi, jagung, kacang, kedelai, dan sebagainya.
b.      Peternakan adalah pembudidayaan hewan ternak. Hewan ternak berupa sapi, kuda, kerbau, kambing, sejenis unggas (hasilnya daging dan telur).
c.       Perkebunan merupakan bagian dari agraris. Tanaman yang ditanam digunakan untuk keperluan industri. Hasil perkebunan berupa teh, kopi, cengkih, dan sebagainya.
d.    Kehutanan adalah kegiatan menggunakan hasil hutan. Selain itu, kegiatan kehutanan dapat berupa pelestarian. Hasil hutan berupa kayu, rotan, dan damar
e.       Perikanan adalah kegiatan membudidayakan ikan. Hasil perikanan berupa bandeng, nila, lele, dan sebagainya.


IV.             METODE PEMBELAJARAN           
Model :  a.Jig saw                
         b. Pembelajaran koperatif
   c. Pendekatan kontlektual
                               
Metode : a. Diskusi dengan teman sebangku dan penegasan
    b. Pemberian tugas kelompok
    c. penegasan             
                   

V.                Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Langkah Kegiatan
Pegorganisasian
Pengembangan Diri
Kelas
Waktu
Penilaian
·         Fase  1
·         Kegiatan awal
-       Siswa diajak mengamati gambar pemandangan alam
·         Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyebutkan apa saja sumber daya alam di daerahnya yang mendukung kegitan ekonomi di daerahnya
F Mengelompokkan sumber daya alam tersebut sesuai jenis-jenisnya
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Merangkum materi pelajaran yang telah diterimanya

·         Fase  2
·         Kegiatan awal
-       Siswa diajak menyanyi ”Nyiur Melambai”
-       Tanya jawab materi pelajaran
·         Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan tentang manfaat sumber daya alam
F Menjelaskan perlunya melestarikan sumber daya alam
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mencatat hal-hal penting tentang manfaat dan melestarikan sumber daya alam

·         Fase  3
·         Kegiatan awal
-       Menjawab pertanyaan guru
·         Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerahnya
F Menunjukkan tempat kegiatan ekonomi di daerahnya
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Murid maju menunjukkan melalui peta tempat kegiatan ekonomi di daerahnya

·         Fase  4
·         Kegiatan awal
-       Mengamati peta di papan tulis
-       Menunjukkan tempat dan jenis-jenis sumber daya alam
·         Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan jenis-jenis sumber daya alam di daerahnya
F Menceritakan sumber daya alam yang mendukung kegiatan ekonomi
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bercerita di depan kelas tentang sumber daya alam yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi di daerahnya






VI.             Alat dan Sumber Bahan
§  Alat Peraga   :   Gambar berbagai jenis sumber daya alam
§  Sumber          :   Buku IPS kelas IV  
                                      Buku pendamping IPS yang relevan




VII.          Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
§ Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
§  Menyebutkan sumber daya alam yang berpotensi di daerah-nya
§  Mengelompokkan sumber daya alam di daerahnya
§  Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di daerah
§  Menjelaskan perlunya melestarikan sumber daya alam
§  Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya
§  Menunjukkan tempat kegiatan ekonomi yang ada di daerahnya
§  Menunjukkan tempat sumber daya alam pertanian, kelautan,mineral dan energi dan sumber daya ruang
§  Membuat laporan sederhana tentang hasil pengamatan tem-pat sumber daya alam tersebut
Tertulis uraian
jawaban singkat
­      Sebutkan sumber daya alam yang berpotensi di daerah-nya
­      Tulislah tiga sumber daya alam yang dapat diperbarui!
­      Tulislah tiga sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui!
­      Tulislah potensi ekonomi yang terdapat di daerah tempat tinggalmu!
­      Jelaskan bagaimana cara melestarikan sumber daya alam agar tidak cepat habis atau punah!
­      Apa saja manfaat sumber daya alam pertanian?



VIII.       Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.
Pengetahuan


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1

IX.              Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
7.
8.
9.
10







  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       
                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPS


          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP KURIKULUM 2013 ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 2 yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 10:16 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu