CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MATEMATIKA SMA KELAS X SEMESTER 2 MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Written By putrajunio on Sunday, January 26, 2014 | 11:00 PM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan                          : SMA
Kelas/Semester                               : Kelas X/Semester 2
Mata Pelajaran                                 : Matematika
Topik                                                : Peluang
Waktu                                                : 2 X 45

     A.      Kompetensi Inti SMA Kelas X :
1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.       Menghayati dan Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.       Memahami ,menerapkan,  menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.       Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

     B.      Kompetensi Dasar :
2.1.              Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalammemilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2.              Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3.              Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.21.          Mendeskripsikan konsep peluang suatu kejadian menggunakan berbagai objek nyata dalam suatu percobaan menggunakan frekuensi relative
4.18.         Menyajikan hasil penerapan konsep peluang untuk menjelaskan berbagai objek nyata melalui percobaan menggunakan frekuensirelatif.

      C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
§  Menemukan konsep frekuensi relatif dari suatu kejadian
§  Menentukan nilai frekuensi relatif dari suatu kejadian
§  Menemukan konsep peluang dengan pemahamannya sendiri

      D.      Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran, siswa dapat menemukan konsep peluang dengan frekuensi relatif melalui  percobaan-percobaan dalam suatu kegiatan.

      E.       Materi
1.    Konsep frekuensi relatif suatu kejadian
2.    Nilai frekuensi relatif  suatu kejadian
3.    Pengertian percobaan, kejadian, titik sampel dan ruang sampel
4.    Konsep peluang dengan pendekatan frekuensi relatif

     F.       Model/Metode Pembelajaran
§  Discovery Learning

    G.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.       Menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari. Dapat dilakukan dengan pertanyaan misalnya bagaimana cara kalian berangkat dari rumah ke sekolah. Ada berbagai alternative untuk berangkat dari rumah ke sekolah. Untuk masuk ke perguruan tinggi, menjawab soal, Memberikan gambaran tentang pentingnya memahami pelung dalam kehidupan sehari-hari
2.       Siswa dibagi kedalam  kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang.

5
Inti
1.       Setiap anggota dalam kelompok melakukan percobaan melempar koin sebanyak 5 kali.
2.       Setiap kelompok mencatat hasil lemparan yang dituangkan dalam table-1 (terlampir).
3.       Masing-masing kelompok mengisikan hasil percobaan kedalam table-1.  
4.       Setiap kelompok mempresentasikan hasil percobaannya.
5.       Setiap kelompok mendiskusikan hasil laporannya dibandingkan dengan hasil kelompok lain.
6.       Mengajukan pertanyaan yang memotivasi siswa dalam mendiskusikan pertanyaan yang ada di lampiran 1
7.       Setiap kelompok membuat satu simpulan yang diperoleh dan mempresentasikan hasilnya.
8.       Siswa melakukan percobaan yang sama, tetapi dengan jumlah lemparan yang berbeda 
9.       Melakukan percobaan yang sama dengan menggunakan dadu sebanyak 12 kali.
10.   Mengajukan  pertanyaan-pertanyaan yang memotivasi siswa untuk menemukan konsep frekuensi relatif.
11.   Penekanan (reinforcement) terhadap konsep frekuensi relatif.
12.   Mengajukan  pertanyaan-pertanyaan yang memotivasi siswa untuk memahami titik sampel, ruang sampel, kejadian, dan konsep peluang.
13.   Diberikan persoalan yang berkalian dengan peluang


75
Penutup
1.       Membuat simpulan dan refleksi
2.       Pemberian tugas (Uji Kompetensi 12.1 no. 1, 2, 3, 4, dan no. 5)
3.       Menginformasikan kegiatan untuk pertemuan merikutnya

10


     H.      Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.       Alat               :  Koin, Dadu, Bidak dan Pion, dan Lembar Kerja
2.       Sumber       :  Buku Panduan Guru Matematika Kls X hal 389-415, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MATEMATIKA SMA KELAS X SEMESTER 2 MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 11:00 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu