RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X/2
Mata
Pelajaran : Matematika-Wajib
Topik : Menentukan akar-akar persamaan
kuadrat
Waktu : 2 x 45 menit
A. Kompetensi Inti SMA kelas X
1. Meghayati dan mengamalkan ajaran yang
dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektifdengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisa,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan perabadan terkait penyebab penomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2.1 Memiliki
motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin,
rasa
percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam
memilih dan menerapkan strategi
menyelesaikan masalah.
3.10 Mendeskripsikan
persamaan dan fungsi kuadrat , memilih strategi dan menerapkan untuk
menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat serta memeriksa kebenaran
jawabannya.
4.9 Mengidentifikasi dan menerapkan konsep
fungsi dan persamaan kuadrat dalam menyelesaikan masalah nyata dan
menjelaskannya secara lisan dan tulisan.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menunjukkan partisipasi aktif dalam diskusi
kelompok tentang permasalahan kuadrat
2. Mampu menterjemahkan permasalahan ke
dalam persamaan kuadrat
3. Mampu menyelesaikan persamaan kuadrat
dengan cara :
a) Pemfaktoran
b) Melengkapkan bentuk kuadrat sempurna
c) Menggunakan rumus
4. Mengintepretasikan jawaban ke dalam
permasalahan yang sesungguhnya
5. Mampu menyelesaikan permasalahan dalam
kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan persamaan kuadrat.
D. Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi kelompok
dalam pembelajaran persamaan kuadrat ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta mampu:
1. Menyelesaikan persamaan kuadrat
dengan cara :
a) Pemfaktoran
b) Melengkapkan bentuk kuadrat sempurna
c) Menggunakan rumus
2. Menyelesaikan permasalahan
sehari-hari yang berhubungan dengan persamaan kuadrat.
E. Materi
Menentukan akar-akar persamaan
kuadrat ax2 + bx + c = 0 , a , b , c
dan a≠0 dengan cara :
a) Pemfaktoran
b) Melengkapkan bentuk kuadrat sempurna
c) Menggunakan rumus
F. Pendekatan /Model /Metoda Pembelajaran
·
Pendekatan
pembelajaran : scientific
·
Model
Pembelajran : Cooperatif Learning tipe Jigsaw
·
Metoda
Pembelajaran : Diskusi/tanya jawab
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan
gambaran tentang pentingnya memahami persamaan kuadrat dan aplikasinya dalam
kehidupan sehari-hari.
2.
Guru memberikan
apersepsi untuk mengingatkan kembali dan mendorong rasa ingin tahu , berfikir
kritis :
·
Pemfaktoran
·
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
langkah-langkah pembelajaran cooperatif tipe jigsaw :
·
Peserta didik
dikelompokkan ke dalam kelompok masing-masing
berangotakan tiga orang.
·
Tiap orang
dalam tim diberikan materi yang berbeda yaitu penyelesaian persamaan kuadrat
melalui pemfaktoran, melengkapkan bentuk kuadrat sempurna, dan rumus.
·
Tiap orang
dalam tim diberikan materi yang ditugaskan
·
Anggota dari
tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian yang sama bertemu dalam
kelompok baru ( kelompok ahli )untuk mendiskusikan bagian mereka
·
Setelah selesai
diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian
menjelaskan ke dalam teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai
dan tiap anggota tim lainnya memperhatikan
·
Tiap tim ahli
mempresentasikan hasil diskusi
2. Guru
mengumpulkan hasil diskusi tiap kelompok
3. Dengan tanya
jawab guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan tentang cara menyelesaikan
persaman kuadrat berdasarkan presentasi kelompok
4. Guru
memberikan beberapa soal untuk dikerjakan
tiap-tiap siswa dan dikumpulkan
|
70 menit
|
Penutup
|
1. Siswa diminta
menyimpulkan tentang bagaimana menyelesaikan persamaan kuadrat dengan
berbagai cara.
2. Guru
memberikan pekerjaan rumah beberapa soal mengenai penyelesaian persamaan
kuadrat
3. Guru
mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
|
10 menit
|
H. Alat / Media / Sumber Pembelajaran
1. Bahan tayang
2. Lembar Kerja siswa
3. Lembar penilaian
I.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik Penilaian : Pengamatan, tes
tertulis
2. Prosedur Penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a.
Terlibat
aktif dalam pembelajaran pesamaan kuadrat
b.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleran
terhadap
proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Menyelesaiakan
persamaan kuadrat dengan cara :
· Pemfaktoran
· Melengkapkan bentuk kuadrat sempurna
· Rumus kuadrat
b. Mengintepretasikan jawaban ke dalam
permasalahan yang sesungguhnya
|
Pengamatan dan tes
|
·
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
·
Sesudah
diskusi kelompok
|
3.
|
Keterampilan
Terampil menerapkan konsep/prinsip
dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan penyelesaian
persamaan kuadrat
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
0 comments :
Post a Comment