CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MATEMATIKA SMA KELAS X SEMESTER 2 MATERI "MENENTUKAN AKAR-AKAR PERSAMAAN KUADRAT"

Written By putrajunio on Sunday, January 26, 2014 | 6:03 PM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                    Satuan Pendidikan      :           SMA
                                    Kelas/Semester           :           X/2
                                    Mata Pelajaran           :           Matematika-Wajib
Topik                          :             Menentukan akar-akar persamaan kuadrat
                                    Waktu                          :           2 x 45  menit

        A.     Kompetensi Inti SMA kelas X
1.      Meghayati dan mengamalkan ajaran yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisa, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan perabadan terkait penyebab penomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

       B.      Kompetensi Dasar
1.1   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.1     Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin,
   rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam  
   memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.


3.10 Mendeskripsikan persamaan dan fungsi kuadrat , memilih strategi dan menerapkan untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat serta memeriksa kebenaran jawabannya.
4.9   Mengidentifikasi dan menerapkan konsep fungsi dan persamaan kuadrat dalam menyelesaikan masalah nyata dan menjelaskannya secara lisan dan tulisan.

      C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menunjukkan partisipasi aktif dalam diskusi kelompok tentang  permasalahan kuadrat
2.      Mampu menterjemahkan permasalahan ke dalam persamaan kuadrat
3.      Mampu menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cara :
a)      Pemfaktoran
b)      Melengkapkan bentuk kuadrat sempurna
c)      Menggunakan rumus
4.      Mengintepretasikan jawaban ke dalam permasalahan yang sesungguhnya
5.      Mampu menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan persamaan kuadrat.

      D.     Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi kelompok dalam pembelajaran persamaan kuadrat ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta mampu:
1.      Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cara :
a)    Pemfaktoran
b)    Melengkapkan bentuk kuadrat sempurna
c)    Menggunakan rumus
2.      Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan persamaan kuadrat.

      E.      Materi
Menentukan akar-akar persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0 , a , b , c  dan a0 dengan cara :
a)    Pemfaktoran
b)    Melengkapkan bentuk kuadrat sempurna
c)    Menggunakan rumus
      F.       Pendekatan /Model /Metoda Pembelajaran
·         Pendekatan pembelajaran : scientific
·         Model Pembelajran : Cooperatif Learning tipe Jigsaw
·         Metoda Pembelajaran : Diskusi/tanya jawab
     G.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.   Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami persamaan kuadrat dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
2.   Guru memberikan apersepsi untuk mengingatkan kembali dan mendorong rasa ingin tahu , berfikir kritis :
·         Pemfaktoran
·        
3.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

10 menit
Inti
1. langkah-langkah pembelajaran cooperatif tipe jigsaw :
·         Peserta didik dikelompokkan ke dalam  kelompok masing-masing berangotakan tiga orang.
·         Tiap orang dalam tim diberikan materi yang berbeda yaitu penyelesaian persamaan kuadrat melalui pemfaktoran, melengkapkan bentuk kuadrat sempurna, dan rumus.
·         Tiap orang dalam tim diberikan materi yang ditugaskan
·         Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian yang sama bertemu dalam kelompok baru ( kelompok ahli )untuk mendiskusikan bagian mereka
·         Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian menjelaskan ke dalam teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota tim lainnya memperhatikan
·         Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi

2. Guru mengumpulkan hasil diskusi tiap kelompok
3. Dengan tanya jawab guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan tentang cara menyelesaikan persaman kuadrat berdasarkan presentasi kelompok
4. Guru memberikan beberapa soal untuk dikerjakan  tiap-tiap siswa dan dikumpulkan
70 menit
Penutup
1. Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana menyelesaikan persamaan kuadrat dengan berbagai cara.
2. Guru memberikan pekerjaan rumah beberapa soal mengenai penyelesaian persamaan kuadrat
3. Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
10 menit
      H.     Alat / Media / Sumber Pembelajaran
1. Bahan tayang
2. Lembar Kerja siswa
3. Lembar penilaian
      I.        Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik Penilaian : Pengamatan, tes tertulis
2. Prosedur Penilaian :
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran pesamaan kuadrat
b.       Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.        Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
a.       Menyelesaiakan persamaan kuadrat dengan cara :
·      Pemfaktoran
·      Melengkapkan bentuk kuadrat sempurna
·      Rumus kuadrat
b.       Mengintepretasikan jawaban ke dalam permasalahan yang sesungguhnya


Pengamatan dan tes

·         Penyelesaian tugas individu dan kelompok
·         Sesudah diskusi kelompok
3.

Keterampilan
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan penyelesaian persamaan kuadrat

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MATEMATIKA SMA KELAS X SEMESTER 2 MATERI "MENENTUKAN AKAR-AKAR PERSAMAAN KUADRAT" yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 6:03 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu