Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XII / 2
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Persuading
Pertemuan
Ke :
A. Standar Kompetensi
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam teks
percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained)
dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
9. Mengungkapkan makna dalam teks interaksional, dengan penekanan
pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
7.1 Merespon makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat,
lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak
tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan
mencegah.
9.2 Merespon makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara
akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyesali,
mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi,
dan memberikan penilaian.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran Siswa dapat :
·
Siswa
dapat merespons dengan benar terhadap tindak lulur: menanyakan, mengungkapkan.
dan menyembunyikan rencana..
·
Siswa
dapat melakukan berbagai (indak lulur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional:
menanyakan, mengungkapkan, dan menyembunyikan rencana.
E. Materi Pokok
Read the following dialog.
Riko : Danny, please buy me that DVD.
Dann : I think you have had many DVDs at
home.
Riko : But
I haven't got the film, and it is on sale. Please?
Danny : How much is it?
Riko : Rp20.000.00
Danny
: O.K.
then. Here is the money.
Riko : Thank you.
The sentence, "But
I haven't got the film, and It Is on sale. Please?’’ is an expression to
persuade someone to do something.
Here are some other
expressions you can use to persuade someone to do something.
Persuading Someone
§ Why don't you ... ?
§ I really think you'd do
well to....
§ Are you really sure you
can't'couldn't... ?
§ Oh, come on!\
§ Don't be like that!
§ Just this once!
§ I really think it would be
a pity if we didn't
§ Can't I persuade you to...
?
§ Are you quite sure you
won't consider... ?
Ungkapan-ungkapan yang
menanyakan, mengungkapkan. dan menyembunyikan rencana, misalnya:
-
What
is your plan?
-
I'm
going to....
-
I've
got a particular plan.
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
Total
Physical Response
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Bertanya jawab tentang
cara menyatakan perasaan (expressing:
love).
§ Membahas nilai-nilai yang
terkandung dalam cara menyatakan perasaan
(expressing: love).
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam cara menyatakan perasaan (expressing: love).
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Mendengarkan cerita
(secara langsung atau dengan media elektronik).
§ Membacakan cerita kepada
kelompok atau kelas (monolog).
§ Menceritakan kembali
cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan yang
dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§ Dengan kelompok
belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§ Bertanya jawab tentang
cara menyatakan perasaan (expressing:
love) yang didengar dengan kelompok belajarnya
§ Membahas nilai-nilai yang
terkandung dalam cara menyatakan perasaan
(expressing: love).
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Mendengarkan cerita
(secara langsung atau dengan media elektronik).
§ Membacakan cerita kepada
kelompok (monolog).
§ Menceritakan kembali
cerita kepada kelompok (monolog).
|
§ Siswa melakukan berbagai
kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap muka dan
terstruktur yang diberikan guru.
§ Siswa mengumpulkan setiap
hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh
serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
§ Mengucapkan salam dengan
ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun,
peduli)
§ Mengecek kehadiran siswa
(nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
§ Mengaitkan
materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
§ Dengan merujuk pada
silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak
dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
§ Siswa berdiskusi mengenai
pertanyaan yang tertera di buku teks
§ Siswa membaca dialog yang
di dalamnya terdapal ekspresi menanyakan rencana dan menggarisbawahi ekspresi
menanyakan rencana yang mereka temukan.
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§ Memberikan stimulus berupa
pemberian materi cara menanyakan, mengungkapkan, dan menyembunyikan rencana.
§ Mendiskusikan materi
bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai cara menanyakan,
mengungkapkan, dan menyembunyikan rencana.
§ Memberikan kesempatan pada
peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara
menanyakan, mengungkapkan, dan menyembunyikan rencana.
§ Siswa diminta membahas
contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai cara menanyakan,
mengungkapkan, dan menyembunyikan rencana.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§ Membiasakan siswa membuat cara
menanyakan, mengungkapkan, dan menyembunyikan rencana.
§ Memfasilitasi siswa melalui
pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris
untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§ Memberikan umpan balik pada
siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat
menyelesaikan tugasnya.
§ Memberi konfirmasi pada
hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§ Memfasilitasi siswa
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§ Memberikan motivasi kepada
siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai cara
menanyakan, mengungkapkan, dan menyembunyikan rencana.
Kegiatan Akhir (10’)
§ Siswa diminta membuat
rangkuman dari materi cara menanyakan, mengungkapkan, dan menyembunyikan
rencana.
§ Siswa dan Guru melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§ Siswa diberikan pekerjaan
rumah (PR) berkaitan dengan materi cara menyatakan perasaan (expressing: love).
§ Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ Buku Look Ahead 2
§ Kaset/CD
§ Tape
§ Script dari Look Ahead 2
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Merespons
dengan benar lerhadap tindak lulur: menanyakan, mengungkapkan, dan
menyembunyikan rencana.
Melakukan
berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional:
menanyakan, mengungkapkan, dan menyembunyikan rencana.
|
Tes
Tertulis
Tes
Lisan
|
Melengkapi
dialog
Membuat
dialog
|
Complete
the dialogue below using the suitable expression!
Give
your responses orally based on the situations below!
|
II. Instrumen Penilaian
Part A.
Active Listening.
Listen to the cassette and fill in the blanks. Act out this conversation.
Situation 1 : Soraya meets Adam at
the cafeteria.
Soraya :
Hello, Adam. How are you getting
on?
Adam :
Fine, thanks. How are you?
Soraya : I’m
very well. Thank you.
Adam : Have you finished your lunch?
Soraya :
Yes, I have. I’d better be
going, or I’ll be late at my office. Goodbye, Adam.
Adam :
Goodbye, Soraya. See you
tomorrow.
Situation 2 : In
the banquet room was a group of well-dressed people chatting among themselves.
Soraya approached one of them.
Soraya : Good
morning. Do you know who Susan Brandy is?
Adam :
She’s
over there.
Soraya :
Thank you. (Soraya went up to
her). Hi, I am Soraya. How do you `do?
Susan : Hello,
Soraya. This is Peter and Teddy. I’m sure you’ve heard of them.
Soraya
: How
do you do, sir?
Peter : Hello.
My wife has told me a great deal about you.
Soraya
: Nothing too terrible I hope, sir.
Peter :
On the contrary. She has said only
good things about you.
Soraya : Thank
you, sir. (She turns to Teddy). Good afternoon, sir.
Teddy : Hello,
Soraya.
Soraya : It’s
a pleasure to meet you, sir.
Teddy : Thank
you. You’re looking very well.
Soraya : So
are you, sir. I’m so sorry about what happened yesterday.
Teddy : Thank
you. Are you set up here to take care of all of us?
Soraya : Oh,
yes. I think we can make everyone comfortable.
Teddy : That’s
good. Sorry, but I would like to get freshened up.
Soraya : Of
course. It was pleased to meet you.
Teddy : Well,
good night.
Ways to say
it:
Expressing feelings
III. Pedoman Penilaian
Kriteria |
Jika respon benar, ucapan benar,
intonasi benar, dan pengucapan lancar.
|
Jika respon benar, ucapan benar,
intonasi benar, dan pengucapan tidak lancar.
|
Jika respon benar, ucapan benar,
intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.
|
Jika respon kurang tepat, ucapan
salah, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.
|
Nilai
|
100
|
90
|
80
|
70
|
Mengetahui …………….………,
……
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
0 comments :
Post a Comment