CONTOH RPP BAHASA INGGRIS SMA KELAS XII SEMESTER 2 MATERI PERSUADING

Written By putrajunio on Monday, February 10, 2014 | 3:22 AM



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah               :     SMA/MA .............................
Mata Pelajaran              :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester            :     XII / 2
Alokasi Waktu               :     2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran    :     Persuading
Pertemuan Ke               :

A.     Standar Kompetensi
         Mendengarkan
7.               Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
         Berbicara
9.               Mengungkapkan makna  dalam teks interaksional, dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.     Kompetensi Dasar
7.1             Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah.
9.2             Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian.

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  • Merespons dengan benar lerhadap tindak lulur: menanyakan, mengungkapkan, dan menyembunyikan rencana.
  • Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menanyakan, mengungkapkan, dan menyembunyikan rencana.

Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran Siswa dapat :
·         Siswa dapat merespons dengan benar terhadap tindak lulur: menanyakan, mengungkapkan. dan menyembunyikan rencana..
·         Siswa dapat melakukan berbagai (indak lulur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menanyakan, mengungkapkan, dan menyembunyikan rencana.

E.     Materi Pokok
 
Read the following dialog.
Riko       :           Danny, please buy me that DVD. Dann  : I think you have had many DVDs at home.
Riko       :           But I haven't got the film, and it is on sale. Please?
 Danny :           How much is it?
Riko       :           Rp20.000.00
Danny   :           O.K. then. Here is the money.
Riko       :           Thank you.


The sentence, "But I haven't got the film, and It Is on sale. Please?’’ is an expression to persuade someone to do something.

Here are some other expressions you can use to persuade someone to do something.

Persuading Someone
§  Why don't you ... ?
§  I really think you'd do well to....
§  Are you really sure you can't'couldn't... ?
§  Oh, come on!\
§  Don't be like that!
§  Just this once!
§  I really think it would be a pity if we didn't
§  Can't I persuade you to... ?
§  Are you quite sure you won't consider... ?

Ungkapan-ungkapan yang menanyakan, mengungkapkan. dan menyembunyikan rencana, misalnya:

-       What is your plan?
-       I'm going to....
-       I've got a particular plan.

F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
Total Physical Response

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
§  Bertanya jawab tentang cara menyatakan perasaan  (expressing: love).
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam cara menyatakan perasaan  (expressing: love).
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam cara menyatakan perasaan  (expressing: love).
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Menceritakan kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.

§  Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.
§  Bertanya jawab tentang cara menyatakan perasaan  (expressing: love) yang didengar dengan kelompok belajarnya
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam cara menyatakan perasaan  (expressing: love).
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan cerita kepada kelompok (monolog).
§  Menceritakan kembali cerita kepada kelompok (monolog).

§  Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§  Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
§  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
§  Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
§  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
§  Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
§  Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
§  Siswa membaca dialog yang di dalamnya terdapal ekspresi menanyakan rencana dan menggarisbawahi ekspresi menanyakan rencana yang mereka temukan.

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi cara menanyakan, mengungkapkan, dan menyembunyikan rencana.
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai cara menanyakan, mengungkapkan, dan menyembunyikan rencana.
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menanyakan, mengungkapkan, dan menyembunyikan rencana.
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai cara menanyakan, mengungkapkan, dan menyembunyikan rencana.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa membuat cara menanyakan, mengungkapkan, dan menyembunyikan rencana.
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai cara menanyakan, mengungkapkan, dan menyembunyikan rencana.
Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi cara menanyakan, mengungkapkan, dan menyembunyikan rencana.
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi cara menyatakan perasaan  (expressing: love).
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.     Sumber/Bahan/Alat

§  Buku Look Ahead 2
§  Kaset/CD
§  Tape
§  Script dari Look Ahead 2

I.       Penilaian

I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.



No.

Indikator
Teknik
Bentuk
Contoh
1.







2.





Merespons dengan benar lerhadap tindak lulur: menanyakan, mengungkapkan, dan menyembunyikan rencana.


Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menanyakan, mengungkapkan, dan menyembunyikan rencana.

Tes Tertulis







Tes Lisan





Melengkapi dialog






Membuat dialog
Complete the dialogue below using the suitable expression!



Give your responses orally based on the situations below!

II. Instrumen  Penilaian


Part A. Active Listening. Listen to the cassette and fill in the blanks. Act out this conversation.

Situation 1     :     Soraya meets Adam at the cafeteria.

Soraya           :     Hello, Adam. How are you getting on?
Adam              :     Fine, thanks. How are you?
Soraya           :      I’m very well. Thank you.
Adam              :     Have you finished your lunch?
Soraya           :     Yes, I have. I’d better be going, or I’ll be late at my office. Goodbye, Adam.
Adam              :     Goodbye, Soraya. See you tomorrow.

Situation 2     :     In the banquet room was a group of well-dressed people chatting among themselves. Soraya approached one of them.

Soraya           :     Good morning. Do you know who Susan Brandy is?
Adam              :     She’s over there.
Soraya           :     Thank you. (Soraya went up to her). Hi, I am Soraya. How do you `do?
Susan            :     Hello, Soraya. This is Peter and Teddy. I’m sure you’ve heard of them.
Soraya           :     How do you do, sir?
Peter               :     Hello. My wife has told me a great deal about you.
Soraya           :     Nothing too terrible I hope, sir.
Peter               :     On the contrary. She has said only good things about you.
Soraya           :     Thank you, sir. (She turns to Teddy). Good afternoon, sir.
Teddy             :     Hello, Soraya.
Soraya           :     It’s a pleasure to meet you, sir.
Teddy             :     Thank you. You’re looking very well.
Soraya           :     So are you, sir. I’m so sorry about what happened yesterday.
Teddy             :     Thank you. Are you set up here to take care of all of us?
Soraya           :     Oh, yes. I think we can make everyone comfortable.
Teddy             :     That’s good. Sorry, but I would like to get freshened up.
Soraya           :     Of course. It was pleased to meet you.
Teddy             :     Well, good night.


Ways to say it: Expressing feelings

III.  Pedoman Penilaian    



Kriteria

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon kurang tepat, ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Nilai

100

90

80

70





Mengetahui                                                                                      …………….………, ……
Kepala Sekolah                                                                              Guru Mata Pelajaran



______________________                                                           __________________
NIP.                                                                                                    NIP.  

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP BAHASA INGGRIS SMA KELAS XII SEMESTER 2 MATERI PERSUADING yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 3:22 AM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu