RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA
PELAJARAN
|
Bahasa
dan Sastra Indonesia
|
||
KELAS
/SEMESTER
|
XI
(sebelas) / 2 (dua)
|
||
PROGRAM
|
Umum
|
||
ALOKASI
WAKTU
|
3 x 45
menit
|
||
TEMA
|
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
9. Memahami
pendapat dan informasi dari
berbagai sumber dalam diskusi atau seminar
|
||
KOMPETENSI
DASAR
|
9.2 Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu
diskusi atau seminar
|
||
ASPEK
PEMBELAJARAN
|
Mendengarkan
|
||
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
|
·
Mampu
mengajukan pertanyaan dalam diskusi atau seminar
·
Mampu
menanggapi pembicaraan dalam bentuk kritikan
·
Mampu
menanggapi pembicaraan dalam bentuk dukungan
·
Mampu
menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan
·
Mampu
menciptakan komunikasi dua arah dalam diskusi/seminar
|
·
Bersahabat/
komunikatif
·
Mandiri
|
·
Kepemimpinan
|
|
MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
|
Berbagai
topik diskusi
Syarat
peserta diskusi yang baik
Syarat
mengajukan pertanyaan dalam diskusi/seminar
Daftar
pertanyaan dalam diskusi/seminar
Syarat
dan cara memberikan komentar/tanggapan
Tanggapan/komentar
pembicaraan dalam bentuk kritik
Tanggapan/komentar
pembicaraan dalam bentuk dukungan
Penambahan
alasan untuk memperkuat tanggapan/komentar
Cara
menciptakan komunikasi dua arah dalam diskusi
Contoh
hasil diskusi
|
||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau
seminar
|
·
Mengomentari
pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar
|
· Siswa
dapat Mampu
menyusun rangkuman isi informasi dengan bahasa yang benar dan mudah dipahami
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
PEMBUKA
(Apersepsi)
|
F Siswa
ditanya mengenai syarat peserta diskusi yang baik
F Siswa
ditanya mengenai cara memberikan tanggapan/komentar
pembicaraan dalam diskusi
|
·
Bersahabat/
komunikatif
|
INTI
|
& Eksplorasi
F Siswa
membaca dan memahami berbagai komentar yang
ada dalam contoh hasil diskusi
F Guru
menghadirkan satu atau beberapa panelis/nara sumber untuk menyampaikan
pendapatnya tentang suatu topik
& Elaborasi
F Guru
menunjuk beberapa siswa sebagai notulis dan moderator diskusi dan siswa yang
lain sebagai peserta diskusi
F Pelaksanaan diskusi panel
: moderator mengatur jalannya diskusi
F Siswa
peserta diskusi menyampaikan tanggapan/komentar
pembicaraan dalam bentuk kritik disertai alasan pendukung
F Siswa
peserta diskusi menyampaikan tanggapan/komentar
pembicaraan dalam bentuk dukungan disertai alasan pendukung
F Penyampaian kesimpulan hasil diskusi
oleh moderator
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui.
|
Mandiri
|
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)
|
F Siswa diminta menjelaskan kesulitannya
dalam menyampaikan tanggapan/komentar pembicaraan dalam diskusi
F Siswa diminta mengungkapkan manfaat
penyampaian tanggapan terhadap hasil akhir diskusi
|
·
Bersahabat/
komunikatif
|
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar
|
v
|
Pustaka rujukan
|
Alex Suryanto dan Agus Haryanta.
2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra
Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
176-180
Arsjad Maidar G. Dan Mukti U.S.
1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta :
Erlangga
|
v
|
Material: VCD, kaset, poster
|
Rekaman pelaksanaan diskusi atau
seminar
|
|
V
|
Media cetak dan elektronik
|
Rekaman atau siaran langsung suatu
diskusi atau seminar dari TV
|
|
V
|
Website internet
|
Rekaman diskusi atau seminar
|
|
V
|
Narasumber
|
Panelis, guru, dosen, praktisi,
dll.
|
|
V
|
Model peraga
|
Siswa sebagai moderator dan
panelis
|
|
V
|
Lingkungan
|
Diskusi panel, seminar di sekolah,
perguruan tinggi, instansi, atau forum lain yang ada di masyarakat y
|
|
Metode
|
V
|
Presentasi
|
|
V
|
Diskusi Kelompok
|
|
|
V
|
Inquari
|
|
|
V
|
Demontrasi /Pemeragaan Model
|
|
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK
|
V
|
Tes Lisan
|
V
|
Tes Tertulis
|
|
V
|
Observasi Kinerja/Demontrasi
|
|
V
|
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas,
projek, portofolio
|
|
V
|
Pengukuran Sikap
|
|
V
|
Penilaian diri
|
|
INSTRUMEN /SOAL
|
||
Daftar pertanyaan lisan tentang
mengenai syarat peserta diskusi yang baik, dan cara memberikan
tanggapan/komentar pembicaraan dalam diskusi
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, penyampaian
tanggapan pembicaraan
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah
dipelajari
|
||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
|
RUBRIK PENILAIAN
KOMENTAR TERHADAP PENDAPAT DALAM DISKUSI
NAMA SISWA :
KELAS/NO. ABSEN :
TANGGAL PENILAIAN :
KOMPETENSI
DASAR : Mengomentari pendapat
seseorang dalam suatu diskusi atau seminar
ASPEK
|
RINCIAN
|
NILAI
|
|||
KURANG
|
CUKUP
|
BAIK
|
AMAT BAIK
|
||
D (10)
|
C (15)
|
B (20)
|
A (25)
|
||
ISI KOMENTAR
|
Sesuai
dengan pendapat pembicara
|
|
|
|
|
Kritis/mendalam/tajam
|
|||||
Isinya
sesuai
|
|||||
Komentar
logis dan realistis
|
|||||
Didukung alasan, bukti serta referensi memadai
|
|||||
SISTEMATIKA
KOMENTAR
|
Dibuka
dengan pengantar /latar belakang
|
|
|
|
|
Ada pernyataan utama di awal
|
|||||
Ada gagasan penjelas / pengembang di
tengah
|
|||||
Ada
kesimpulan/penegasan di akhir
|
|||||
BAHASA KOMENTA TOR
|
Kalimat
efektif dan komunikatif
|
|
|
|
|
Diksi
tepat, khusus, variatif, baku
|
|||||
Struktur
kalimat tepat dan baku
|
|||||
Artikulasi
dan intonasi tepat
|
|||||
ETIKA
|
Menghargai
pendapat orang lain
|
|
|
|
|
Tidak
emosional
|
|||||
Kata-katanya
santun
|
|||||
Sesuai
alokasi waktu
|
|||||
JUMLAH SKOR
|
|
Mengetahui, 2011
Kepala SMA/MA Guru
Mata Pelajaran
NIP : NIP
:
0 comments :
Post a Comment