RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN :
Geografi
KELAS :
XII
SEMESTER : 2 ( dua )
TAHUN PELAJARAN :
20../20..
ALOKASI WAKTU : 4
x 40 menit
I. STANDAR
KOMPETENSI
3. Menganalisis
wilayah dan pewilayahan
II.
KOMPETENSI DASAR
3.1. Menganalisis
pola persebaran spasial, hubungan serta interaksi spasial desa dan kota
III. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa mampu
·
Mengidentifikasi potensi desa
kaitannya dengan perkembangan desa kota
·
Mengidentifikasi cirri-ciri
struktur ruang desa
Karakter siswa yang
diharapkan :
§
Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
§
Kerja keras, jujur, saling
menghargai orang lain, inovatif,
IV. MATERI
PEMBELAJARAN
·
Pengertian desa
·
Ciri-ciri desa
·
Polusi desa
·
Struktur ruang desa
V. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
·
Mengidentifikasi polusi desa
kaitannya dengan perkembagan desa kota
·
Mengidentifikasi struktur ruang
desa
VI. METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya jawab, Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis
pola persebaran, spasial, hubungan serta interaksi spasial desa-kota
|
·
Secara
kelompok, diskusi tentang potensi desa kaitannya dengan perkembangan desa
kota
·
Secara
kelompok diskusi tentang cirri-ciri struktur desa
|
·
Siswa dapat
Mengidentifikasi potensi desa kaitannya dengan perkembangan desa kota
·
Siswa dapat
Mengidentifikasi cirri-ciri struktur ruang desa
|
VII. LANGKAH –
LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan:
·
Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
·
Secara individu siswa
menganalisis beberapa pengertia dari beberapa ahli (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
·
Tanya jawab unsur-unsur desa. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
·
Diskusi cirri-ciri desa. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Diskusi potensi desa. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Mengamati gambar-gambar pola
desa. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Presentasi hasil diskusi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Siswa menyimpulkan struktur
ruang desa. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal
yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup:
·
Melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Secara individu, siswa membuat kliping tentang
pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan (berisi tentang rangkuman,
tanggapan, dan sumber) (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
VIII. SUMBER
BELAJAR / ALAT / BAHAN :
-
Sumber
·
Daldjoeni. N (1999) Geografi
Kota dan Desa, Alumni Bandung
·
K. Wardyatmoko (20005) Geografi
SMA jilid 3. Jakarta. Erlangga
·
Buku Geografi yang relevan
IX. PENILAIAN
·
Jenis tagihan : Tugas individu, tugas kelompok
·
Bentuk tagihan :
Laporan, uraian berstruktur
·
Instrumen penilaian
1.
Rumuskanlah pengertian desa!
2.
Sebutkan unsur-unsur desa!
3.
Sebutkan cirri-ciri fisik dan
masyarakat desa!
4.
Sebutkan potensi-potensi desa!
5.
Gambarkan tata ruang desa!
§ Terpusat
§ Memanjang jalan
§ Mengeliligi fasilitas tertentu
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
0 comments :
Post a Comment