RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN :
Geografi
KELAS :
XII
SEMESTER : 1 ( satu )
TAHUN PELAJARAN :
2011/2012
ALOKASI WAKTU : 4
x 40 menit
I. STANDAR
KOMPETENSI
1. Mempraktekkan ketrampilan dasar
peta dan pemetaan
II.
KOMPETENSI DASAR
1.1.Mendeskripsikan
prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
III. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa mampu
·
Menunjukkan komponen-komponen
peta
·
Mengidetifikasi prinsip dasar
peta dan pemetaan peta wilayah pada bidang datar
·
Mempraktekkan prinsip proyeksi
peta ke bidang datar
Karakter siswa yang
diharapkan :
§
Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
§
Kerja keras, jujur, saling
menghargai orang lain, inovatif,
IV. MATERI
PEMBELAJARAN
Prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
V. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
·
Menunjukkan komponen-komponen
peta
·
Mengidetifikasi prinsip dasar
peta dan pemetaan peta wilayah pada bidang datar
·
Mempraktekkan prinsip proyeksi
peta ke bidang datar
VI. METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya jawab, Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mendeskripsik-an prinsip-prinsip dasar peta dan
pemetaan
|
·
Secara
individu, mengidentifikasi komponen peta pada atlas
·
Secara
kelompok diskusi tentang penggambaran satu wilayah pada globe ke bidang datar
·
Secara
kelompok membuat peta suatu wilayah dari globe ke bidang datar
|
·
Siswa dapat Menunjukkan komponen-komponen peta
·
Siswa dapat Mengidentifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan
membuat peta wilayah pada bidang datar
·
Siswa dapat Mempraktekkan prinsip proyeksi peta ke bidang
datar
|
VII. LANGKAH –
LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan:
· Apersepsi: guru menyapa
siswa, kemudian mengabsen.
·
Guru bertanya tentang komponen
peta.
2. Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
·
Siswa merespon pertanyaan guru.
(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Guru meminta siswa menunjukkan
komponen peta pada atlas. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
·
Siswa diskusi tentang
penggambaran wilayah pada globe ke bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
·
Siswa secara berkelompok
menggambarkan wilayah pada globe ke bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
·
Siswa presentasi menjelaskan
cara menggambar wilayah pada globe ke bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
·
Guru menjelaskan tentang
penggambaran wilayah pada globe ke bidang datar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal
yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup:
· Melakukan refleksi materi
yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
· Guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
· Secara individu, siswa
membuat kliping tentang pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan
(berisi tentang rangkuman, tanggapan, dan sumber) (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
VIII. SUMBER
BELAJAR / ALAT / BAHAN :
-
Sumber
·
Aryono Prihandito (1989),
Kartografi, Yogyakarta Mitra Gama Widya
·
Buku Geografi yang relevan
-
Alat
·
Atlas
·
Globe
·
Peta
·
Denah
·
Buku-buku yang relevan
IX. PENILAIAN
·
Jenis tagihan : Tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis
·
Bentuk tagihan :
Laporan, uraian berstruktur
·
Instrumen penilaian
1.
Sebutkan komponen-komponen
peta!
2.
Sebutkan macam proyeksi peta!
3.
Sebutkan 3 syarat peta!
4.
Jelaskan cara pembuatan peta!
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
0 comments :
Post a Comment