RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII / Genap
Standar Kompetensi : Menggunakan
perangkat lunak pembuat presentasi
Waktu : 4 x 45 menit
Satuan
Pendidikan :
A. KOMPETENSI DASAR
2.2. Menggunakan menu, ikon yang terdapat pada perangkat lunak pembuat
presentasi
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
·
Mendeskripsikan
manfaat program presentasi
·
Mengidentifikasi
fungsi menu, tools dan ikon
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
Pertemuan kesatu (2 jam pelajaran)
·
Mendeskripsikan
manfaat program presentasi Power Point dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengidentifikasi
bagian-bagian lembar kerja power point
·
Mengidentifikasi
menu yang ada pada program presentasi Microsoft Power Point
Pertemuan
kedua (2 jam pelajaran)
· Mengidentifikasi tool menu yang ada
pada program Power Point
· Mendemontrasikan beberapa fungsi
dari tool menu
Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Disiplin, Kerja keras,
Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat,
Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§
Percaya diri, Berorientasi tugas
dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Multi Model Pembelajaran (Model
Pembelajaran Langsunng, Praktik Model Pembelajaran Kooperatif)
E. SUMBER BELAJAR
1.
Buku pegangan siswa (1)
Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
2.
Modul Pembelajaran Sadiman
3.
LKS (Soal Uji Indikator
Pencapaian Kompetensi)
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menggunakan menu ikon yang terdapat
dalam perangkat lunak pembuat presentasi
|
· Mendiskusikan dan mengidentifikasi
fungsi masing-masing menu tool dan ikon pada lembar kerja power point
· Mampraktekan beberapa fungsi dari menu,
tool dan ikon pada lember kerja power point
|
·
Siswa
dapat Mendeskripsikan manfaat program presentasi
· Siswa dapat Mengidentifikasi
fungsi menu, tools dan ikon
|
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
·
Menyampaikan
kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
·
Apersepsi
tentang presentasi
·
Motivasi
promosi dengan media
B. Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 (2 jam)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
mengajar siswa untuk berdiskusi mengenai media presentasi yang masih banyak
digunakan di sekolah seperti Slide film dan OHP
·
Guru
mendemontrasikan melalui layar LCD cara mengaktifkan Power Point
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Guru
selalu mengingat siswa agar tidak melakukan aktivitas apapun pada saat proses
pengaktifkan power point.
·
Siswa
diajak untuk mengidentifikasi bagian-bagian yang ada pada lembar kerja Power
Point
·
Siswa
diajak untuk mengidentifikasi menu-menu, sub menu yang tampil untuk setiap menu
dan mencatat beberapa menu, sub menu, menu cascading yang
penting dan sering digunakan dalam operasional Power Point
·
Siswa
diminta untuk keluar dari Microsoft Power
Point dengan cara yang benar.
Pertemuan Kedua
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
:
·
Siswa
diajak untuk mengaktifkan program Microsoft Power Point
·
Siswa
berdiskusi dengan temanya mengenail tool-tool yang ada, cara untuk menampilkan
dan menyembunyikan tool yang ada
·
Siswa
mendemontrasikan beberapa fungsi dari tool menu yang ada, terutama untuk tooll
menu yang tidak ada dalam lembar kerja sebelumnya
·
Siswa
diajak untuk mengisi teksbox sederhana
·
Guru
minta agar siswa belajar menyimpan dokumen Power Point dengan metoda yang
meraka kuasai
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
·
Guru mengevaluasi dengan
memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa diminta untuk membuatan
rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
G. EVALUASI & PENILAIAN
A. Penilaian
Pemahaman Konsep (Kognitif)
(Skor 0 – 100)
1. Apa yang dimaksud lembar presentasi ?
2. Sebutkan dan beberapa program presentasi
yang kamu ketahui !
3. Jelaskan apa keunggulan yang dimiliki oleh
Microsoft Power Point !
4. Sebutlkan dan jelaskan menu-menu yang
dimiliki oleh Microsoft Power Point !
5. Jelaskan syarat-syarat lembar presentasi
yang baik !
B. Penilaian Praktik (Psikomotorik)
Meliputi :
- Keterampilan mengaktifkan dan
menonaktikan MS. Power Point (1 – 20)
- Keterampilan menampilkan sub menu secara
lengkap (1 – 20)
- Kemampuan mengidentifikasi dan menggunakan menu (1 – 20)
- Kemampuan
mengidentifikasi dan menggunakan tool menu (1 – 20)
- Kemampuan menyimpan dengan menu dan tool
menu (1 – 20)
C. Penilaian
Afektif (Sikap)
Meliputi :
-
Kehadiran
di kelas ketepatan kehadiran
di kelas dengan rentang (1 – 4)
-
Ketepatan
waktu pengumpulan tugas (1-4)
-
Frekuensi
menjawab soal (menunjuk jari, maju, mengkomentari jawaban teman) (1-4)
-
Sikap
yang ditunjukan pada saat praktek (1 – 4)
-
Kerjasama
dengan anggota kelompok atau dengan teman di dekatnya pada saat menyelesaikan
masalah (1 – 4)
|
0 comments :
Post a Comment