RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P)
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester :
XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1.
Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan pengertian
fenomena biosfer
Indikator Pencapaian Kompetensi: -
Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Mengungkapkan
kembali pengertian fenomena biosfer
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Pengertian
biosfer
-
Fenomena
biosfer
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menjelaskan
pengertian fenomena biosfer
|
·
Mengungkapkan
kembali fenomena biosfer dari bahan berbagai referensi
·
Secara berkelompok, mendiskusikan
faktor-faktor yang berpengaruh
terhadap keberadaan flora dan fauna, kemudian presentasi
|
·
Siswa
dapat Carilah pengertian biosfer dari situs internet!
·
Diskusikanlah
faktor-faktor yang berpengaruh
terhadap keberadaan flora dan fauna
|
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan
Pendahuluan: 5 menit
·
Memberi salam
dan mengabsen
·
Apersepsi
materi
2.
Kegiatan
Inti: 30 menit
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan pengertian biosfer dan fenomenanya secara garis besar dengan
menggunakan gambar (hal 3-4). (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
·
Penugasan
secara individu, siswa mencari pengertian biosfer dari berbagai pakar dari
situs internet. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Siswa membuat
karangan secara individu mengenai hasil temuan dari situs internet dengan
mencantumkan sumbernya. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Tanya-jawab
berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan
tokoh mengenai pengertian biosfer di buku sumber (hal 3-4). (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3.
Kegiatan
Penutup: 10 menit
·
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
(nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
·
Melakukan
refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Penugasan
secara kelompok, membuat makalah tentang faktor-faktor yang berpengaruh
terhadap keberadaan flora dan fauna. Pada pertemuan berikutnya, setiap kelompok
mempresentasikan makalahnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
E.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Buku sumber
Geografi SMA – ESIS
-
Buku-buku penunjang
yang relevan
-
Gambar
mengenai fenomena biosfer
-
OHP / Slide
Proyektor
-
Internet
F.
Penilaian
-
Penilaian
untuk tugas karangan mencari pengertian biosfer dari situs internet.
Penilaian berdasarkan pada rubrik
penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai
|
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
Deskripsi
(Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
|
|
|
|
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat
tokoh
|
|
|
|
|
Isi disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap
kutipan/pendapat tokoh
|
|
|
|
|
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
0 comments :
Post a Comment