RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA
PELAJARAN
|
Bahasa
dan Sastra Indonesia
|
||
KELAS
/SEMESTER
|
XI
(sebelas) / 2 (dua)
|
||
PROGRAM
|
Umum
|
||
ALOKASI
WAKTU
|
3 x 45
menit
|
||
TEMA
|
|||
STANDAR
KOMPETENSI
|
10. Menyampaikan laporan hasil penelitian
dalam diskusi atau seminar
|
||
KOMPETENSI
DASAR
|
10.1 Mempresentasikan hasil penelitian secara
runtut dengan menggunakan bahasa yang
baik dan benar
|
||
ASPEK
PEMBELAJARAN
|
Berbicara
|
||
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
|
·
Mampu
menuliskan pokok-pokok yang akan disampaikan secara berurutan
·
Mampu
menjelaskan proses penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami
·
Mampu
menjelaskan ringkasan hasil penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami
|
·
Bersahabat/
komunikatif
·
Mandiri
|
·
Kepemimpinan
|
|
MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
|
Contoh
hasil penelitian
Penulisan
pokok-pokok hasil penelitian yang akan disampaikan
Proses-proses
penelitian: tahap persiapan dan tahap pelaksanaan
Ringkasan
hasil penelitian
|
||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Berbicara
laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar
|
·
Mempresentasikan
hasil penelitian secara runtut dengan
menggunakan bahasa yang baik dan benar
|
· Siswa
dapat Mampu
menjelaskan proses penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
PEMBUKA (Apersepsi)
|
F Siswa ditanya mengenai cara
mempublikasikan hasil penelitian
F Siswa ditanya mengenai
manfaat publikasi hasil penelitian
|
·
Bersahabat/
komunikatif
|
INTI
|
& Eksplorasi
F Siswa melakukan penelitian
& Elaborasi
F Siswa menuliskan hasil
penelitian
F Siswa menuliskan pokok-pokok hasil
penelitian yang akan disampaikan secara berurutan
F Siswa
mempresentasikan proses dan hasil penelitiannya di depan kelas dengan kalimat yang mudah dipahami
F Siswa mendiskusikan hasil penelitian
teman yang telah dipresentasikan
F Siswa mengemukakan persetujuan atau
pertidaksetujuan hasil penelitian teman dengan argumen yang kuat.
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui.
|
Mandiri
|
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)
|
F Siswa
diminta mengungkapkan kesulitannya dalam menuliskan pokok-pokok hasil
penelitian yang akan dipresentasikan
F Siswa
diminta mengungkapkan pengalamannya dalam
mempresentasikan hasil penelitiannya
|
·
Bersahabat/
komunikatif
|
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar
|
v
|
Pustaka rujukan
|
Alex Suryanto dan Agus Haryanta.
2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra
Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
137-140
Arsjad, Maidar G. Dan Mukti U.S.
1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara
Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga
|
v
|
Material: VCD, kaset, poster
|
Rekaman pengajaran berbicara,
rekaman presentasi hasil penelitian, ujian kesarjanaan/magister/doktor
|
|
V
|
Media cetak dan elektronik
|
Komputer, LCD, OHP
|
|
V
|
Website internet
|
Hasil-hasil penelitian
|
|
V
|
Narasumber
|
Sarjana, Magister, Doktor yang ada
di sekolah
|
|
V
|
Model peraga
|
Siswa yang mempunyai pengalaman
mempresentasikan karya tulis, siswa anggota KIR
|
|
V
|
Lingkungan
|
Presentasi karya-karya ilmiah di
sekitar tempat tinggal siswa atau di perguruan tinggi yang dikenal siswa
(presentasi laporan hasil penelitian, skripsi, tesis, disertasi)
|
|
Metode
|
V
|
Presentasi
|
|
V
|
Diskusi Kelompok
|
||
V
|
Inquari
|
||
V
|
Demontrasi /Pemeragaan Model
|
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK
|
V
|
Tes Lisan
|
V
|
Tes Tertulis
|
|
V
|
Observasi Kinerja/Demontrasi
|
|
V
|
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas,
projek, portofolio
|
|
V
|
Pengukuran Sikap
|
|
v
|
Penilaian diri
|
|
INSTRUMEN /SOAL
|
||
Daftar pertanyaan lisan tentang
cara mempublikasikan hasil penelitian
Pertanyaan mengenai manfaat publikasi hasil penelitian
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah
dipelajari
|
||
RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI HASIL
PENELITIAN
NAMA :
KELAS/NO. ABS :
TANGGAL PENILAIAN :
KOMPETENSI
DASAR : Mempresentasikan hasil
penelitian secara runtut dengan
menggunakan bahasa yang baik dan benar
N0
|
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
|
1
|
Penguasaan
materi yang dipresentasikan
|
a.
Sangat baik
Skor 5
|
|
b.
Baik
Skor 4
|
|||
c.
Cukup
Skor 3
|
|||
d.
Jelek
Skor 2
|
|||
e.
Sangat jelek
Skor 1
|
|||
2
|
Kelengkapan
pokok-pokok
hasil penelitian yang dipresen tasikan
|
a.
Sangat lengkap
Skor 5
|
|
b.
Lengkap
Skor 4
|
|||
c.
Cukup lengkap
Skor 3
|
|||
d.
Tidak lengkap
Skor 2
|
|||
e.
Sangat tidak lengkap
Skor 1
|
|||
3
|
Keruntutan
dan sistematika penyampaian pokok-pokok hasil penelitian
|
a.
Sangat runtut dan sangat sistematis Skor 5
|
|
b.
Runtut dan sistematis
Skor 4
|
|||
c.
Cukup runtut dan cukup sistematis Skor 3
|
|||
d.
Tidak runtut dan tidak sistematis Skor 2
|
|||
e.
Sangat tidak runtut & sangat tidak sistematis Skor
1
|
|||
4
|
Kemudahan
bahasa penyampaian untuk dipahami
|
a.
Sangat mudah dipahami Skor 5
|
|
b.
Mudah dipahami
Skor 4
|
|||
c.
Cukup mudah dipahami
Skor 3
|
|||
d.
Sulit dipahami Skor
2
|
|||
e.
Sangat sulit dipahami
Skor 1
|
|||
5
|
Ketepatan
intonasi dan kejelasan artikulasi
|
a.
Sangat tepat dan sangat jelas Skor 5
|
|
b.
Tepat dan jelas Skor 4
|
|||
c.
Cukup tepat dan jelas
Skor 3
|
|||
d.
Tidak tepat dan tidak jelas Skor 2
|
|||
e.
Sangat tidak tepat dan tidak jelas Skor 1
|
|||
6
|
Kemampuan
menggunakan media pendukung penyampaian
|
a.
Sangat baik
Skor 5
|
|
b.
Baik
Skor 4
|
|||
c.
Cukup Skor 3
|
|||
d.
Jelek
Skor 2
|
|||
e.
Sangat jelek
Skor 1
|
|||
JUMLAH SKOR
|
|||
Mengetahui,
Kepala SMA/MA Guru
Mata Pelajaran
NIP : NIP
:
Anda sedang membaca artikel berjudul
0 comments :
Post a Comment