CONTOH RPP BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SMA KELAS XI SEMESTER 2 MATERI POKOK PENELITIAN

Written By putrajunio on Tuesday, March 4, 2014 | 3:12 PM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit
TEMA

STANDAR KOMPETENSI
10.   Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar
KOMPETENSI DASAR
10.1   Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan   menggunakan bahasa yang baik dan benar
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
Indikator Pencapaian Kompetensi       
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Mampu menuliskan pokok-pokok yang akan disampaikan secara berurutan
·   Mampu menjelaskan proses penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami
·   Mampu menjelaskan ringkasan hasil penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Mandiri
·   Kepemimpinan
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Contoh hasil penelitian
Penulisan pokok-pokok hasil penelitian yang akan disampaikan
Proses-proses penelitian: tahap persiapan dan tahap pelaksanaan
Ringkasan hasil penelitian





STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Berbicara laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar
·        Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan   menggunakan bahasa yang baik dan benar
·     Siswa dapat Mampu menjelaskan proses penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA (Apersepsi)
F Siswa ditanya mengenai cara mempublikasikan hasil penelitian
F Siswa ditanya mengenai manfaat publikasi hasil penelitian
·   Bersahabat/ komunikatif

INTI
& Eksplorasi
F Siswa melakukan penelitian
& Elaborasi
F Siswa menuliskan hasil penelitian
F Siswa menuliskan pokok-pokok hasil penelitian yang akan disampaikan secara berurutan
F Siswa mempresentasikan proses dan hasil penelitiannya di depan kelas dengan kalimat yang mudah dipahami
F Siswa mendiskusikan hasil penelitian teman yang telah dipresentasikan
F Siswa mengemukakan persetujuan atau pertidaksetujuan hasil penelitian teman dengan argumen yang kuat.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Mandiri
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)

F Siswa diminta mengungkapkan kesulitannya dalam menuliskan pokok-pokok hasil penelitian yang akan dipresentasikan
F Siswa diminta mengungkapkan pengalamannya dalam mempresentasikan hasil penelitiannya
·   Bersahabat/ komunikatif

METODE DAN SUMBER BELAJAR



Sumber Belajar
  v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 137-140
Arsjad, Maidar G. Dan Mukti U.S. 1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga
  v
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman pengajaran berbicara, rekaman presentasi hasil penelitian, ujian kesarjanaan/magister/doktor
  V
Media cetak dan elektronik
Komputer, LCD, OHP
  V
Website internet
Hasil-hasil penelitian
  V
Narasumber
Sarjana, Magister, Doktor yang ada di sekolah
  V
Model peraga
Siswa yang mempunyai pengalaman mempresentasikan karya tulis, siswa anggota KIR
  V
Lingkungan
Presentasi karya-karya ilmiah di sekitar tempat tinggal siswa atau di perguruan tinggi yang dikenal siswa (presentasi laporan hasil penelitian, skripsi, tesis, disertasi)


Metode
  V
Presentasi

  V
Diskusi Kelompok

  V
Inquari

  V
Demontrasi /Pemeragaan Model


PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
  V
Tes  Lisan
  V
Tes Tertulis 
  V
Observasi Kinerja/Demontrasi
  V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  V
Pengukuran Sikap
  v
Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang cara mempublikasikan hasil penelitian
Pertanyaan mengenai manfaat publikasi hasil penelitian
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari

RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI HASIL PENELITIAN

NAMA                                       :
KELAS/NO. ABS                    :
TANGGAL PENILAIAN         :
KOMPETENSI DASAR         : Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan
                                                     menggunakan bahasa yang baik dan benar

N0
ASPEK YANG DINILAI

SKOR
 1
Penguasaan materi yang dipresentasikan
a. Sangat baik                                                         Skor  5 

b. Baik                                                                     Skor  4
c. Cukup                                                                  Skor  3
d. Jelek                                                                    Skor  2
e. Sangat jelek                                                        Skor  1
 2
Kelengkapan
pokok-pokok hasil penelitian yang dipresen tasikan
a. Sangat lengkap                                                   Skor  5 




b. Lengkap                                                              Skor  4
c. Cukup lengkap                                                    Skor  3
d. Tidak lengkap                                                     Skor  2
e. Sangat tidak lengkap                                          Skor  1
 3
Keruntutan dan sistematika     penyampaian      pokok-pokok hasil penelitian
a. Sangat runtut dan sangat sistematis                  Skor  5 

b. Runtut dan sistematis                                         Skor  4
c. Cukup  runtut dan cukup sistematis                    Skor  3
d. Tidak runtut dan tidak sistematis                        Skor  2
e. Sangat tidak runtut & sangat tidak sistematis     Skor  1
 4
Kemudahan bahasa penyampaian untuk dipahami
a. Sangat mudah dipahami                                     Skor  5 

b. Mudah dipahami                                                 Skor  4
c. Cukup mudah dipahami                                      Skor  3
d. Sulit dipahami                                                     Skor  2
e. Sangat sulit dipahami                                         Skor  1
 5
Ketepatan intonasi dan kejelasan artikulasi
a. Sangat tepat dan sangat jelas                            Skor  5 

b. Tepat dan jelas                                                   Skor  4
c. Cukup tepat dan jelas                                         Skor  3
d. Tidak tepat dan tidak jelas                                  Skor  2
e. Sangat tidak tepat dan tidak jelas                       Skor  1
 6

Kemampuan menggunakan media pendukung penyampaian
a. Sangat baik                                                         Skor  5 

b. Baik                                                                     Skor  4
c. Cukup                                                                  Skor  3
d. Jelek                                                                    Skor  2
e. Sangat jelek                                                        Skor  1

JUMLAH SKOR




Mengetahui,                                                                      
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



                                                           
NIP :                                                                                       NIP :

 

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SMA KELAS XI SEMESTER 2 MATERI POKOK PENELITIAN yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 3:12 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu