Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama
Sekolah : SMA/MA .............................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI
/ 2
Waktu : 6 x 45 menit
Aspek : Akhlak
A. Standar Kompetensi
9. Membiasakan perilaku terpuji.
B. Kompetensi Dasar
9.1 Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain
9.2 Menampilkan
contoh perilaku menghargai karya orang
lain
9.3 Membiasakan
perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
|
Mampu menjelaskan pengertian dan maksud menghargai
karya orang lain.
Mampu menghargai karya orang lain.
Mampu menampilkan beberapa contoh perilaku yang menghargai
karya orang lain.
Mampu menunjukkan contoh perilaku menghargai karya
orang lain.
Mampu menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain.
Mampu membiasakan perilaku menghargai karya orang lain
|
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta
ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan,
sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan
adil.
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
Patuh dalam melaksanakan
ajaran agama yang dianutnya.
Toleran terhadap
pelaksanaan ibadah agama lain
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
Menghargai karya orang
lain.
Contoh Perilaku yang
menghargai karya orang lain
Pembiasaan Perilaku yang
menghargai karya orang lain
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan
Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
Mampu
menjelaskan pengertian dan
maksud menghargai karya orang lain.
Mampu menghargai karya
orang lain.
Mampu menampilkan beberapa
contoh perilaku yang menghargai karya orang lain.
Mampu menunjukkan contoh
perilaku menghargai karya orang lain.
Mampu menunjukkan perilaku
menghargai karya orang lain.
Mampu membiasakan perilaku
menghargai karya orang lain
G. Strategi Pembelajaran
|
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
|
Mendiskusikan pengertian dan maksud menghargai karya
orang lain dalam diskusi kelompok.
|
Siswa menyebutkan contoh perilaku menghargai karya
orang lain.
Dengan kelompok belajarnya, siswa mempresentasikan
hasil diskusi kelompok tentang
pengertian dan maksud menghargai karya
orang lain
|
Menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain.
Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam
pembelajaran.
Mempraktikkan contoh perilaku yang menghargai karya
orang lain.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa
memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa
menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara
bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar
yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru
dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan
siswa tentang materi
pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan,
bertamu dan atau menerima tamu
-
Guru
mengawali
dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·
Apakah Adab itu ?
·
Pernahkah kalian berperilaku benar dalam berpakaian ?
·
Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang arti perilaku yang baik dan
benar dalam berpakaian, berhias,
perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu ?.
·
Guru menunjuk seorang siswa yang mengetahui tentang adab dalam berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu untuk memberikan
opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
·
Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal,
guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
·
Guru menjelaskan tentang adab dan perilaku dalam berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu
Eksplorasi
- Mendiskusikan
pengertian dan maksud menghargai karya orang lain dalam diskusi kelompok.
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok tentang
pengertian dan maksud menghargai karya orang
lain
- Mempraktikkan
contoh perilaku yang menghargai karya orang lain.
- Menunjukkan
contoh perilaku menghargai karya orang lain.
- Menunjukkan
perilaku menghargai karya orang lain.
- Membiasakan
perilaku menghargai karya orang lain dalam pembelajaran.
Konfirmasi
-
Adab
atau tata cara mengaktualisasikan bahwa kita adalah manusia yang mulia yang
memiliki daya nalar untuk mengerti mana yang baik dan buruk.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para
siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam perilaku tersebut sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru
meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam
perilaku tersebut .
- Guru
menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab
salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance
Individu)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
-
Al
Quran dan terjemahan Departemen Agama
RI
-
Buku
pelajaran PAI SMA kelas 2
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP/NIK:
|
|
.............. , ...............................
Guru Bidang Studi
_________________________
NIP/NIK:
|
Anda sedang membaca artikel berjudul
0 comments :
Post a Comment