Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama
Sekolah : SMA/MA .............................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XII
/ 2
Waktu : 6 x 45 menit
Aspek
: Akhlak
A. Standar Kompetensi
9. Membiasakan perilaku terpuji.
B. Kompetensi Dasar
9.1 Menjelaskan pengertian
dan maksud persatuan dan kerukunan
9.2 Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan
9.3 Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan
dalam kehidupan sehari-hari
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
|
Mampu menjelaskan pengertian dan maksud persatuan.
Mampu menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan.
Mampu menunjukkan contoh perilaku yang bermuatan
persatuan.
Mampu menunjukkan contoh perilaku bermuatan kerukunan
Membiasakan perilaku persatuan dalam kehidupan
sehari-hari.
Menunjukkan perilalku rukun dalam pergaulan.
|
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab,
cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada
aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja
keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
Patuh dalam melaksanakan
ajaran agama yang dianutnya.
Toleran terhadap
pelaksanaan ibadah agama lain
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
Persatuan dan Kerukunan :
Pengertian
dan maksud persatuan.
Pengertian
dan maksud kerukunan
Contoh
perilaku Persatuan
Contoh
perilaku Kerukunan
Persatuan
dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan
Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
Mampu menjelaskan
pengertian dan maksud persatuan.
Mampu menjelaskan
pengertian dan maksud kerukunan.
Mampu menunjukkan contoh
perilaku yang bermuatan persatuan.
Mampu menunjukkan contoh
perilaku bermuatan kerukunan
Membiasakan perilaku
persatuan dalam kehidupan sehari-hari.
Menunjukkan perilalku rukun
dalam pergaulan.
G. Strategi Pembelajaran
|
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
|
Mengkaji dan mendiskusikan tentang pengertian
persatuan.
Mengkaji dan mendiskusikan tentang pengertian kerukunan
|
Siswa menyebutkan contoh perilaku persatuan.
Siswa menyebutkan contoh perilaku kerukunan
|
Mempraktikkan perilaku persatuan dalam pembelajaran.
Mempraktikkan perilaku kerukunan dalam pembelajaran
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa
memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa
menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara
bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar
yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru
dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk
mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Membiasakan perilaku terpuji.,
- guru mengawali dengan
mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
- Pernahkah
kalian mendengar tentang Membiasakan perilaku terpuji.?
- Pernahkah
kalian membaca ayat-ayat al-Qur’an tentang Membiasakan perilaku terpuji. ?
- Siapakah
diantara kalian yang sudah mengerti dan faham tentang Membiasakan perilaku
terpuji. ?.
-
Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan
pandangannya tentang Membiasakan perilaku terpuji.
Eksplorasi
- Mengkaji
dan mendiskusikan tentang pengertian persatuan.
- Mengkaji
dan mendiskusikan tentang pengertian kerukunan
- Menampilkan
contoh perilaku persatuan.
- Menampilkan
contoh perilaku kerukunan
- Mempraktikkan
perilaku persatuan dalam pembelajaran.
-
Mempraktikkan perilaku kerukunan dalam pembelajaran.
Konfirmasi
-
Dalam
materi Membiasakan perilaku terpuji banyak mengandung nilai-nilai sikap dan
perilaku yang utama, yaitu nilai
persatuan dan kesatuan adalah bingkai utama untuk menguatkan keagungan Islam
tanpa adanya hal ini Islam akan seperti buih di lautan yang tak ada nilai dan
harga.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para
siswa sekali lagi membaca kesimpulan tentang materi Membiasakan perilaku
terpuji sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru
meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah Membiasakan perilaku
terpuji.
- Guru menutup /
mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab
salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance
Individu)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
Al Quran dan terjemahan
Departemen Agama RI
Buku pelajaran PAI SMA
kelas 3
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP/NIK:
|
|
.............. , ...............................
Guru Bidang Studi
_________________________
NIP/NIK:
|
Anda sedang membaca artikel berjudul
0 comments :
Post a Comment