CONTOH RPP MATEMATIKA SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER 1 MATERI MENGHITUNG NILAI FUNGSI

Written By putrajunio on Wednesday, April 2, 2014 | 3:28 PM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
                                             Nama Sekolah          :     .............................
                                             Mata Pelajaran          :     Matematika
                                             Kelas                        :    VIII (Delapan)
                                             Semester                   :     1 (Satu)

Standar Kompetensi   :  1.Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan 
                                          persamaan garis lurus.
Kompetensi Dasar                     :1.4.Menentukan nilai fungsi.
Alokasi Waktu            : 4 jam pelajaran.

A.     Tujuan Pembelajaran
         a.   Peserta didik dapat menghitung nilai fungsi.
         b.   Peserta didik dapat menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.      Materi Ajar
         Menghitung nilai fungsi.

C.     Metode Pembelajaran
Ø  Ceramah,
Ø  tanya jawab,
style="margin-bottom: 1.0pt; margin-left: 54.0pt; margin-right: 0cm; margin-top: 0cm; mso-list: l5 level3 lfo2; tab-stops: 27.0pt list 54.0pt left 90.0pt 108.0pt 117.0pt 144.0pt; text-align: justify; text-indent: -18.0pt;"> Ø  diskusi,
Ø  pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan
         Pendahuluan         :  -     Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
                                          -     Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
         Kegiatan Inti:    
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menghitung nilai fungsi dan menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VIII Semester 1, mengenai menghitung nilai fungsi, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.         
F  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menghitung nilai fungsi dan menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui.
F  Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai cara menghitung nilai fungsi yang dinyatakan dalam tabel fungsi.
F  materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai penentuan nilai fungsi, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.        
F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket mengenai penentuan nilai fungsi, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
     
E.      Alat dan Sumber Belajar
Sumber :   
-        Buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VIII Semester 1.
-        Buku referensi lain.
Alat :
-                Laptop
-                LCD
-                OHP

               F.      Penilaian Hasil Belajar            
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·  Menghitung nilai fungsi
·  Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui
Tes tertulis
Tes tertulis
Isian singkat
Uraian
·  Jika f(x) = 4x -2 maka nilai f(3)=....
·  Jika f(x) = px + q, f(1) = 3 dan
·  f(2) = 4,  tentukan f(x).
                                               

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
                                                       

........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.



( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit Lintaskan

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH RPP MATEMATIKA SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER 1 MATERI MENGHITUNG NILAI FUNGSI yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 3:28 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu