RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : .............................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : 1.Memahami
bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan
persamaan garis lurus.
Kompetensi Dasar :1.4.Menentukan nilai fungsi.
Alokasi
Waktu :
4 jam pelajaran.
A. Tujuan Pembelajaran
a. Peserta didik
dapat menghitung nilai fungsi.
b. Peserta didik
dapat menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
Menghitung nilai fungsi.
C. Metode Pembelajaran
Ø Ceramah,
Ø tanya jawab,
style="margin-bottom: 1.0pt; margin-left: 54.0pt; margin-right: 0cm; margin-top: 0cm; mso-list: l5 level3 lfo2; tab-stops: 27.0pt list 54.0pt left 90.0pt 108.0pt 117.0pt 144.0pt; text-align: justify; text-indent: -18.0pt;">
Ø diskusi,
Ø pemberian tugas.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pendahuluan : - Apersepsi : Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan
Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan
stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menghitung nilai fungsi dan menentukan
bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui (Bahan: buku paket, yaitu
buku Matematika Kelas VIII Semester 1,
mengenai menghitung nilai fungsi, kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan materi tersebut.
F Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menghitung nilai fungsi dan
menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui.
F Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai cara menghitung nilai
fungsi yang dinyatakan dalam tabel fungsi.
F materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Peserta didik mengerjakan
soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai penentuan nilai
fungsi, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi
tersebut.
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket
mengenai penentuan nilai fungsi, kemudian peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
E. Alat dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VIII Semester 1.
- Buku
referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menghitung nilai fungsi
· Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Isian singkat
Uraian
|
· Jika f(x) = 4x -2 maka nilai f(3)=....
· Jika f(x) = px + q, f(1) = 3 dan
· f(2) = 4, tentukan f(x).
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs …………….
(
......................................................... )
NIP/NIK
:…………..……………….
|
.........,
......, ............... 20...
Guru
Mapel Matematika.
(
............................................ )
NIP/NIK
:…….…………….
|
0 comments :
Post a Comment