Penilaian Kompetensi Pengetahuan
a. Penilaian
Kompetensi Pengetahuan dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran (Pendidik)
b. Penilaian Pengetahuan terdiri atas:
1) Nilai Harian (NH)
2) Nilai Ulangan Tengah Semester (UTS)
3) Nilai Ulangan Akhir Semester (UAS)
c. Nilai
Harian (NH) diperoleh dari hasil ulangan harian yang terdiri dari: tes tulis, tes lisan, dan penugasan yang dilaksanakan pada setiap
akhir pembelajaran satu Kompetensi Dasar (KD).
d. Nilai
Ulangan Tengah Semester (NUTS) diperoleh dari hasil tes tulis yang dilaksanakan
pada tengah semester. Materi Ulangan Tengah Semester mencakup seluruh
kompetensi yang telah dibelajarkan sampai dengan saat pelaksanaan UTS.
e. Nilai
Ulangan Akhir Semester (NUAS) diperoleh dari hasil tes tulis yang dilaksanakan
di akhir semester. Materi UAS mencakup seluruh kompetensi pada semester
tersebut.
f. Penghitungan Nilai Pengetahuan diperoleh dari rata-rata Nilai Proses (NP), Ulangan Tengah
Semester (UTS), Ulangan Akhir
Semester (UAS)/Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) yang bobotnya ditentukan oleh satuan pendidikan.
g. Penilaian Kompetensi pengetahuan
dapat menggunakan rentang nilai seperti
pada tabel 2 untuk membantu guru dalam menentukan nilai.
Tabel Rentang Nilai Kompetensi Pengetahuan
No.
|
Nilai
|
Predikat
|
1
|
0,00 ˂
Nilai ≤ 1,00
|
D.
|
2
|
1,00 ˂ Nilai ≤
1,33
|
D+
|
3
|
1,33 ˂ Nilai ≤
1,66
|
C-.
|
4
|
1,66 ˂ Nilai ≤
2,00
|
C
|
5
|
2,00 ˂
Nilai ≤
2,33
|
C+
|
6
|
2,33 ˂ Nilai ≤ 2,66
|
B-
|
7
|
2,66 ˂ Nilai ≤
3,00
|
B
|
8
|
3,00 ˂ Nilai ≤
3,33
|
B+
|
9
|
3,33 ˂ Nilai ≤
3,66
|
A-
|
10
|
3,66 ˂ Nilai ≤
4,00
|
A
|
h. Penghitungan
Nilai Pengetahuan adalah dengan cara :
1) Menggunakan
skala nilai 0 sd 100.
2) Menetapkan
pembobotan dan rumus.
3) Penetapan
bobot nilai ditetapkan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan
karakteristik sekolah dan peserta didik.
4) Nilai
harian disarankan untuk diberi bobot lebih besar dari pada UTS dan UAS karena
lebih mencerminkan perkembangan pencapaian kompetensi peserta didik.
5) Rumus:
6) Contoh
: Pembobotan 2 : 1 : 1 untuk NH :
NUTS : NUAS (jumlah perbandingan
pembobotan = 4
Siswa A memperoleh
nilai pada Mata Pelajaran Agama dan Budi pekerti sebagai berikut:
NH =
70,
NUTS =
60,
NUAS =
80
Nilai Rapor = {(2x70)+(1x60)+(1x80)} : 4
= (140+60+80) : 4
= 280: 4
Nilai Rapor =
70
Nilai Konversi = (70 :100) x 4 = 2,8 = Baik
Deskripsi = sudah menguasai
seluruh kompetensi dengan baik namun masih perlu peningkatan dalam .... ( dilihat dari Nilai Harian yang kurang
baik atau pengamatan dalam penilaian proses ).
0 comments :
Post a Comment