CONTOH PETUNJUK TEKNIS PENGELOLAAN PENILAIAN UNTUK KOMPETENSI PENGETAHUAN

Written By putrajunio on Thursday, April 24, 2014 | 3:58 PM



Penilaian Kompetensi Pengetahuan
a.    Penilaian Kompetensi Pengetahuan dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran (Pendidik)
b.    Penilaian Pengetahuan terdiri atas:
  1)      Nilai Harian (NH)
  2)      Nilai Ulangan Tengah Semester (UTS)
  3)      Nilai Ulangan Akhir Semester (UAS)

c.  Nilai Harian (NH) diperoleh dari hasil ulangan harian yang terdiri dari: tes tulis, tes lisan, dan penugasan yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran satu Kompetensi Dasar (KD). 

d. Nilai Ulangan Tengah Semester (NUTS) diperoleh dari hasil tes tulis yang dilaksanakan pada tengah semester. Materi Ulangan Tengah Semester mencakup seluruh kompetensi yang telah dibelajarkan sampai dengan saat pelaksanaan UTS. 

e.  Nilai Ulangan Akhir Semester (NUAS) diperoleh dari hasil tes tulis yang dilaksanakan di akhir semester. Materi UAS mencakup seluruh kompetensi pada semester tersebut.

f.  Penghitungan Nilai Pengetahuan diperoleh dari rata-rata Nilai Proses (NP), Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS)/Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) yang bobotnya ditentukan oleh satuan pendidikan.

g.  Penilaian Kompetensi pengetahuan dapat menggunakan  rentang nilai seperti pada tabel 2 untuk membantu guru dalam menentukan nilai.

Tabel Rentang Nilai Kompetensi Pengetahuan
No.
Nilai
Predikat
1
0,00   ˂     Nilai          1,00
D.
2
1,00   ˂      Nilai          1,33
D+
3
1,33   ˂      Nilai          1,66
C-.
4
1,66   ˂      Nilai          2,00
C
5
 2,00   ˂      Nilai          2,33
C+
6
2,33   ˂      Nilai          2,66
B-
7
2,66   ˂      Nilai          3,00
B
8
3,00   ˂      Nilai          3,33
B+
9
3,33    ˂      Nilai          3,66
A-
10
3,66    ˂      Nilai          4,00
A

h.    Penghitungan Nilai Pengetahuan adalah dengan cara :
1)      Menggunakan skala nilai 0 sd 100.
2)      Menetapkan pembobotan dan rumus.
3) Penetapan bobot nilai ditetapkan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah dan peserta didik.
4)   Nilai harian disarankan untuk diberi bobot lebih besar dari pada UTS dan UAS karena lebih mencerminkan perkembangan pencapaian kompetensi peserta didik.
5)      Rumus:
6)    Contoh : Pembobotan  2 : 1 : 1 untuk NH : NUTS : NUAS (jumlah perbandingan pembobotan = 4
Siswa A memperoleh nilai pada Mata Pelajaran Agama dan Budi pekerti sebagai berikut:
NH                     = 70,
NUTS                = 60,
NUAS               = 80
Nilai Rapor        = {(2x70)+(1x60)+(1x80)} : 4
= (140+60+80) : 4
= 280: 4
Nilai Rapor        = 70
Nilai Konversi   =  (70 :100)  x 4 = 2,8  = Baik

Deskripsi           = sudah menguasai seluruh kompetensi dengan baik namun masih perlu peningkatan dalam  .... ( dilihat dari Nilai Harian yang kurang baik atau pengamatan dalam penilaian proses ).

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul CONTOH PETUNJUK TEKNIS PENGELOLAAN PENILAIAN UNTUK KOMPETENSI PENGETAHUAN yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 3:58 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu