Metode pembelajaran diartikan sebagai a way in achieving something,(cara untuk mencapai sesuatu). Penggunaan metode disesuaikan dengan tujuan, materi/bahan pelajaran, jumlah audience, dan tentunya kemampuan guru serta kondisi lainnya. Sedangkan pendekatan diartikan sebagai suatu cara dalam memandang permasalahan yang ada dalam keseluruhan pembelajaran. Sudut pandang itu memperlihatkan cara berpikir dan berindak guru dalam menyelesaikan persoalan pembelajaran yang ia hadapi.
Komponen-komponen
Strategi Pembelajaran
Rangke
L Tobing, dkk (1990:5) mengidentifikasi lima karakterististik suatu strategi
atau model pembelajaran yang baik, yang meliputi berikut ini.
1.
Prosedur ilmiah
Suatu model pembelajaran harus memiliki
suatu prosedur yang sistematik untuk mengubah tingkah laku siswa atau memiliki
sintaks yang merupakan urutan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan
guru-siswa.
2.
Spesifikasi hasil belajar yang
direncanakan
Suatu model pembelajaran menyebutkan
hasil-hasil belajar secara rinci mengenai penampilan siswa.
3.
Spesifikasi lingkungan belajar
Suatu model pembelajaran menyebutkan
secara tegas kondisi lingkungan dimana respon siswa diobservasi.
4.
Kriteria penampilan
Suatu model pembelajaran menunjuk kriteria
penerimaaan penampilan yang diharapkan dari para siswa. Model pembelajaran
merencanakan tingkah laku yang diharapkan dari siswa yang dapat
didemonstrasikannya setelah langkah-langkah mengajar tertentu.
5.
Cara-cara pelaksanaannya
Semua model pembelajaran menyebutkan
mekanisme yang menunjuk reaksi siswa dan interaksinya dengan lingkungan.
Bruce
dan Weil mengidentifikasi karakteristik strategi/ model pembelajaran ke dalam
aspek-aspek berikut.
1.
Sintaks
Suatu model pembelajaran memiliki sintaks
atau urutan tahap-tahap kegiatan belajar yang diistilahkan dengan fase
menggambarkan bagaimana model tersebut dalam aksinya.
2.
Sistem sosial
Sistem sosial menggambarkan peran-peran
guru dan siswa dan hubungannyanya satu sama lain.
3.
Prinsip reaksi
Prinsip reaksi menggambarkan bagaimana
seharusnya guru melihat siswa dan merespon apa yang telah siswa lakukan.
4.
Sistem pendukung
Sistem pendukung menggambarkan
kondisi-kondisi yang harus diperhatikan agar model ini dapat terlaksana,
misalnya alat dan bahan, kesiapan guru, serta kesiapan siswa.
5.
Dampak pembelajaran langsung dan iringan
Dampak pembelajaran langsung merupakan
hasil belajar yang dicapai dengan cara mengarahkan para siswa pada tujuan yang
diharapkan sedangkan dampak iringan adalah hasil belar lainnya yang dihasilkan
oleh suatu proses pembelajaran.
Sedangkan secara luas W. Gulo menyebutkan
komponen-komponen strategi pembelajaran meliputi aspek-aspek berikut:
1.
Tujuan Pembelajaran. Tujuan pembelajaran merupakan aspek yang paling
penting yang untuk diacu dalam penentuan strategi pembelajaran.
2.
Guru. Masing-masing guru memiliki karakteristik yang berbeda dalam hal
pengalamana, pengetahuan, kemapuan menyajikan pelajaran, gaya mengajar,
pandangan hidup, maupuj wawasnnya. Perbedaan ini mengakibatkan perbedaan dalam
pemilihan strategi belajar mengajar yang diginakan dalam program pembelajaran
3.
Peserta didik. Di dalam kegiatan belajar mengajar, peserta didik
mempunyai latar belakang yang berbeda-beda, seperti lingkungan sosial, budaya,
gaya belajar, dan keadaan ekonomi. Perbedaan ini perlu dipertimbangkan dalam
menyusun suatu strategi pembelajaran
4.
Materi pelajaran. Materi pelajaran yang perlu dipertimbangan dalam
pemilihan strategi pembelajaran adalah materi yang bersumber baik dari rujukan yang formal (misal buku teks)
maupun yang bersumber ari lingkungan sekolah yang bersangkutan.
5.
Metode pembelajaran. Ada berbagai metode pembelajaran yang dapat di[ilih
dalam strategi pembelajaran, penentuan metode ini salah satunya disesuaikan
dengan karakteristik materi yang akan disampaikan.
6.
Media pembelajaran. Pemilihan media untuk program pembelajaran tidak
ditentukan dari canggihnya media tersebutm, namun lebih pada ketepatan dan
kefektifan media yang digunakan oleh guru.
7.
Faktor administrasi dan finansial. Yang termasuk komponen ini adalah
jadwal pelajaran, kondisi gedung dan ruang belajar.
0 comments :
Post a Comment