PERBEDAAN PENGELOMPOKAN KOMPONEN-KOMPONEN STRATEGI/MODEL PEMBELAJARAN YANG BAIK MENURUT BEBERAPA AHLI

Written By putrajunio on Tuesday, July 1, 2014 | 5:27 PM


Metode pembelajaran diartikan sebagai a way in achieving something,(cara untuk mencapai sesuatu). Penggunaan metode disesuaikan dengan tujuan, materi/bahan pelajaran, jumlah audience, dan tentunya kemampuan guru serta kondisi lainnya. Sedangkan pendekatan diartikan sebagai suatu cara dalam memandang permasalahan yang ada dalam keseluruhan pembelajaran. Sudut pandang itu memperlihatkan cara berpikir dan berindak guru dalam menyelesaikan persoalan pembelajaran yang ia hadapi. 
Komponen-komponen Strategi Pembelajaran
Rangke L Tobing, dkk (1990:5) mengidentifikasi lima karakterististik suatu strategi atau model pembelajaran yang baik, yang meliputi berikut ini.
1.    Prosedur ilmiah
Suatu model pembelajaran harus memiliki suatu prosedur yang sistematik untuk mengubah tingkah laku siswa atau memiliki sintaks yang merupakan urutan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan guru-siswa.
2.    Spesifikasi hasil belajar yang direncanakan
Suatu model pembelajaran menyebutkan hasil-hasil belajar secara rinci mengenai penampilan siswa.
3.    Spesifikasi lingkungan belajar
Suatu model pembelajaran menyebutkan secara tegas kondisi lingkungan dimana respon siswa diobservasi.
4.    Kriteria penampilan
Suatu model pembelajaran menunjuk kriteria penerimaaan penampilan yang diharapkan dari para siswa. Model pembelajaran merencanakan tingkah laku yang diharapkan dari siswa yang dapat didemonstrasikannya setelah langkah-langkah mengajar tertentu.
5.    Cara-cara pelaksanaannya
Semua model pembelajaran menyebutkan mekanisme yang menunjuk reaksi siswa dan interaksinya dengan lingkungan.
Bruce dan Weil mengidentifikasi karakteristik strategi/ model pembelajaran ke dalam aspek-aspek berikut.
1.    Sintaks
Suatu model pembelajaran memiliki sintaks atau urutan tahap-tahap kegiatan belajar yang diistilahkan dengan fase menggambarkan bagaimana model tersebut dalam aksinya.
2.    Sistem sosial
Sistem sosial menggambarkan peran-peran guru dan siswa dan hubungannyanya satu sama lain.
3.    Prinsip reaksi
Prinsip reaksi menggambarkan bagaimana seharusnya guru melihat siswa dan merespon apa yang telah siswa lakukan.
4.    Sistem pendukung
Sistem pendukung menggambarkan kondisi-kondisi yang harus diperhatikan agar model ini dapat terlaksana, misalnya alat dan bahan, kesiapan guru, serta kesiapan siswa.
5.    Dampak pembelajaran langsung dan iringan
Dampak pembelajaran langsung merupakan hasil belajar yang dicapai dengan cara mengarahkan para siswa pada tujuan yang diharapkan sedangkan dampak iringan adalah hasil belar lainnya yang dihasilkan oleh suatu proses pembelajaran.
Sedangkan secara luas W. Gulo menyebutkan komponen-komponen strategi pembelajaran meliputi aspek-aspek berikut:
1.    Tujuan Pembelajaran. Tujuan pembelajaran merupakan aspek yang paling penting yang untuk diacu dalam penentuan strategi pembelajaran.
2.    Guru. Masing-masing guru memiliki karakteristik yang berbeda dalam hal pengalamana, pengetahuan, kemapuan menyajikan pelajaran, gaya mengajar, pandangan hidup, maupuj wawasnnya. Perbedaan ini mengakibatkan perbedaan dalam pemilihan strategi belajar mengajar yang diginakan dalam program pembelajaran
3.    Peserta didik. Di dalam kegiatan belajar mengajar, peserta didik mempunyai latar belakang yang berbeda-beda, seperti lingkungan sosial, budaya, gaya belajar, dan keadaan ekonomi. Perbedaan ini perlu dipertimbangkan dalam menyusun suatu strategi pembelajaran
4.    Materi pelajaran. Materi pelajaran yang perlu dipertimbangan dalam pemilihan strategi pembelajaran adalah materi yang bersumber baik  dari rujukan yang formal (misal buku teks) maupun yang bersumber ari lingkungan sekolah yang bersangkutan.
5.    Metode pembelajaran. Ada berbagai metode pembelajaran yang dapat di[ilih dalam strategi pembelajaran, penentuan metode ini salah satunya disesuaikan dengan karakteristik materi yang akan disampaikan.
6.    Media pembelajaran. Pemilihan media untuk program pembelajaran tidak ditentukan dari canggihnya media tersebutm, namun lebih pada ketepatan dan kefektifan media yang digunakan oleh guru.
7.    Faktor administrasi dan finansial. Yang termasuk komponen ini adalah jadwal pelajaran, kondisi gedung dan ruang belajar.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul PERBEDAAN PENGELOMPOKAN KOMPONEN-KOMPONEN STRATEGI/MODEL PEMBELAJARAN YANG BAIK MENURUT BEBERAPA AHLI yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 5:27 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu