RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
: SMP...................
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : IX/1
Standar Kompetensi : 7.
Mendengar
Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
9. Berbicara
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dan monolog pendek
sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : 7.1 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur : mengungkapkan kesantunan.
9.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dengan melibatkan tindak tutur : mengungkapkan kesantunan.
Indikator : 7.1.1 Merespon ungkapan kesantunan
7.1.2 Melengkapi percakapan dengan ungkapan tentang
kesantunan
9.1.1 Bertanya dan menjawab tentang mengungkapkan
kesantunan
Jenis Teks : Transaksional / Interpersonal
Tema : Art
Aspek / Skill : Mendengarkan / Berbicara
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
I.
Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a.
Merespon ungkapan tentang kesantunan
b.
Melengkapi percakapan dengan ungkapan kesantunan
c.
Bertanya dan menjawab tentang mengungkapkan kesantunan
II.
Materi
Pembelajaran
a.
Percakapan-percakapan yang memuat ungkapan kesantunan
-
Could you...., please ?
-
With pleasure
-
Certainly
-
Would
you mind repeating that ?
-
Sorry,
what did you say ?
-
Oh,
thank you
-
No
problem
-
Ok.
Right away
b.
Kosa
kata yang terkait dengan tema Art
Misalnya
:
-
Movie, actor, painting, dance, perform, exhibition, etc.
c.
Pola
kalimat :
-
Present Tense, Future Tense
III. Metode
/ Tehnik : Presentation Practice
Production
IV. Langkah-langkah
:
Pertemuan pertama
a.
Kegiatan
Pendahuluan
-
Salam
dan tegur sapa
-
Memberi
motivasi dengan cara melakukan tanya jawab tentang berbagai hal yang berkaitan
dengan tema.
-
Memberi
penjelasan tentang topik yang akan dibahas, kompetensi dan tujuan yang akan
dicapai.
b.
Kegiatan
Inti
-
Mendengarkan
percakapan tentang art
-
Membahas
kosa kata sulit dari dialog yag didengar
-
Membahas ungkapan-ungkapan kesantunan yang ada dalam
percakapan.
-
Merespon ungkapan-ungkapan tentang kesantunan
-
Melengkapi percakapan dengan ungkapan kesantunan
c.
Kegiatan Penutup
-
Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami percakapan
-
Menyimpulkan materi yang telah dipelajari / pemberian PR
Pertemuan kedua
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Salam dan tegur sapa
-
Mengulas materi yang telah dibahas sebelumnya
-
Membahas PR
b.
Kegiatan inti
-
Mendengarkan contoh percakapan tentang ungkapan
kesantunan
-
Menyusun dialog (in pairs) tentang ungkapan kesantunan
-
Mempraktekkan dialog di depan kelas (in pairs)
c.
Kegiatan penutup
-
Evaluasi kesalahan yang dilakukan siswa
-
Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
V. Sumber Belajar :
a.
Buku-buku teks yang relevan
b.
Script percakapan
c.
Kaset / CD / VCD
VI. Penilaian
a.
Tehnik : Tes
lisan / Unjuk kerja
b.
Bentuk : 1.
Pertanyaan lisan, cloze Procedure
2. Dialog
c.
Instrumen
I. Listen
to expressions and give your response orally ?
1.
Could
you tell me about this painting, please ?
…………………………………………….
2.
Would
you mind repeating the song, please ?
…………………………………………….
3.
Can
I ask you something ?
…………………………………………….
4.
Could
you give your name card ?
…………………………………………….
II. Complete
the dialog below with the expression of politeness below
-
With
pleasure
-
Could
you tell me about this painting, please ?
-
Ok,
Right away
-
Could
I ask one more question, Sir ?
-
Could
you tell me once again
Ratih goes inside to the painting
exhibition hall. Now she is in the painting corner.
Ratih :
What a beautiful painting !
A painter : Do you like it ?
Ratih :
I do, sir. It’s fabulous !
A painter : Thank you
Ratih :
Hmm ….. (1) ……. ?
A painter : (2) ….. This is one of my
works. And, you see the painting over there, the landscape. What do you say ?
Ratih :
Pardon me, Sir. (3) …… which painting you
mean ?
A painter : That’s one, at the corner
of the hall, the landscape
Ratih :
Oh, that’s great ! It looks so real, Sir
A painter : Thank you
Ratih :
Well, (4) ………..?
A painter : (5) …….do you have any
formal education in arts, or ….. is it just your hobby ?
A painter : Well, I have no formal
background in arts. But I have been interested in painting and drawing since I
was a kid. So, it all started from my hobby.
Ratih :
I see. Well, Sir, thank you for your time
and good luck to you
A painter : You’re welcome
III. Make
a dialog using the expressions of politeness in pairs. Then perform it in front
of class.
d.
Pedoman
Penilaian
1.
Untuk no. I, tiap jawaban benar di beri skor 3
2.
Untuk no. II, tiap jawaban benar diberi skor 2
3.
Jumlah skor maksimal I
: 3 x 4 = 12
II : 2 x 5
= 10
Jumlah =
20
4.
Skor Perolehan
Nilai =
______________
Skor Maksimal
5.
Untuk no. III
Nama
|
Fluency (40)
|
Accuracy
(30)
|
Performance
(20)
|
Total
|
1.
......................
2.
......................
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala SMP
(...................................)
NIP.
|
.........,....................
Guru Mata
Pelajaran
(.................................)
NIP.
|
|
|
0 comments :
Post a Comment