RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/I
STANDAR KOMPETENSI : Menampilkan
partisipasi dalam usaha pembelaan negara
KOMPETENSI DASAR : 1.1 Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara
INDIKATOR : - Menguraikan unsur-unsur negara
- Menentukan fungsi negara
- Menemukan hak – hak dan kewajiban warga
negara
dalam pembelaan negara.
-
Memberikan contoh tindakan upaya bela negara.
ALOKASI WAKTU :
4 X 40 menit ( 2 x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah selesai
proses pembelajaran, siswa dapat :
·
Menguraikan
unsur-unsur negara
·
Menentukan
fungsi negara
·
Menentukan
hak dan kewajiban warga negara dalam pembelaan negara
·
Memberikan
contoh tindakan upaya bela negara
B.
Materi Pembelajaran :
·
unsur-unsur
negara
·
fungsi
negara
·
hak
dan kewajiban warga negara dalam pembelaan negara
·
contoh
tindakan upaya bela negara
C.
Metoda : Ceramah bervariasi, tanya
jawab, dan diskusi.
D.Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
NO
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b.
Motivasi
- Penjajakan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan
tentang materi
yang akan diajarkan.
-
Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan
inti
Kegiatan
Penutup
a.
Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi untuk pemahaman siswa.
b. Post Test
c.
tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan
datang untuk persiapan diskusi kelas
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
Pertemuan Ke-2
NO
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Ket
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
b.
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b.
Motivasi
- Penjajakan
kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan
tentang materi yang akan diajarkan.
-
Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan
inti
a.
Penjelasan konsep secara umum tentang pembelaan
negara.
b.
Masing-masing kelompok mempersiapkan diri untuk
melalkukan presentasi dari hasil diskusi kelomppok.
c.
Setiap kelompok melakukan presentasi untuk ditanggapi
oleh kelompok yang lain.
d.
Klarifikasi dari guru tentang hak dan kewajiban warga
negara dalam pembelaan negara
Kegiatan
Penutup
a.
Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi untuk pemahaman siswa.
b. Post Test
c.
tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan
datang.
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
|
- Sumber Belajar
·
Buku
Materi PKn Kelas 9
·
UUD
1945 setelah amandemen
·
UU
No. 20 tahun 1982
·
UU
No. 3 tahun 2002
- Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan
sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke
2. Sedangkan pertemuan pertama dan kedua penilaian lebih ditekankan melalui
kegiatan tanya jawab, aktivitas saat diskusi kelompok, substansi isi materi
diskusi kelompok dan presentasi.
Bagian 1
Pilihlah salah satu jawaban di bawah in
dengan cara memberi tanda silang (X) pada jawaban yang palling benar!
1. Pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur
tentang bela negara adalah.....
a. 27 dan 28 c. 27 dan 30
b. 28 dan 30 d. 29 dan 30
2. Pertahanan negara
diatur dalam UU No....
a.
2 Tahun 2000 c. 3 Tahun 2002
b.
2 Tahun 2002 d. 3 Tahun 2003
3. Menurut UU
pertahanan negara upaya bela negara selain kewajiban dasar manusia juga
merupakan ....
a. hak warga negara
b. kehormatan bagi warga negara
c. tanggung jawab moral
d. kewajiban bagi setiap warga negara
4. Keikutsertaan
warga negara dalam upaya bela negara diselenggarakan melalui seperti
tersebut di bawah ini kecuali..
a. Pendidikan Kewarganegaraan
b. pelatihan dasar kemiliteran secara
wajib
c. pengabdian sesuai dengan profesi
d. menggerakkan komponen bangsa
5. contoh
partisipasi pelajar dalam bela negara adalah ....
a. belajar dengan tekun agar berhasil
dalam lomba olympiade matematika sebagai duta
bangsa
b. berjuang melawan penjajah
c. menguasai ilmu kemiliteran
d. siap berjuang melawan musuh
bagian 2.
Jawablah pertanyaan
di bawah ini dengan jelas dan tepat!
1.
Sebutkan
3 unsur pokok berdirinya suatu negara!
2.
Sebutkan
4 fungsi negara !
3.
Jelaskan
pengertian ancaman militer!
4.
Sebutkan
3 bentuk keikut sertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara!
5.
salah
satu fungsi negara adalah melaksanakan penertiban. Berikan penjelasan tentang
fungsi penertiban!
Format Pengamatan
Pelaksanan Diskusi
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
|
Jumlah Skor
|
Rata-rata Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: 1.
Keberanian mengemukakan pendapat
2. Keaktifan / Peran
serta
3. Menghargai pendapat tema
4. Kerjasama dalam kelompok
5. Memecahkan masalah
6. Dapat diisi dengan aspek
lainnya sesuai kebutuhan
Mengetahui ---------------
Kepala SMP, Guru
PKn
________________ __________________
0 comments :
Post a Comment