DOWNLOAD CONTOH RPP MATEMATIKA SMP KELAS IX SEMESTER 1

Written By putrajunio on Monday, August 11, 2014 | 4:54 PM

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  ( RPP )


Satuan Pendidikan      : SMP                                       Kelas /  Semester        : IX   /   GANJIL
Mata Pelajaran          : MATEMATIKA                    Alokasi Waktu                : 16 x 40 Menit
=========================================================================

A.        Standar  Kompetensi
1.      Memahami Kesebangunan bangun-bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

B.         Kompetensi Dasar
            1.1.   Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
            1.2.   Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
            1.3.   Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah

C.         Indikator
1.      Mendiskusikan dua bangun yang sebangu atau kongruen melalui model bangun datar
2.      Mengidentifikasi dua bangun datar sebangun atau kongruen
3.      Membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua segitiga
4.      Menyebutkan sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
5.      Menentukan perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya
6.      Memecahkan masalah yang melibatkan kesebangunan dan kongruen 

D.        Tujuan Pembelajaran
1.      Membedakan dua model bangun datar yang kongruen dan yang tidak kongruen
2.      Membedakan dua gambar bangun datar yang kongruen dan tidak kongruen
3.      Menggambar dua bangun yang kongruen dan yang tidak kongruen
4.      Menemukan syarat dua bangun datar  yang kongruen
5.      Menghitung panjang sisi yang belum diketahui dari dua gambar bangun datar yang  kongruen
6.      Membedakan dua model bangun datar yang sebangun dan yang tidak sebangun
7.      Membedakan dua gambar bangun datar yang sebangun dan yang tidak sebangun
8.      Menggambar dua bangun yang sebangun dan yang tidak sebangun
9.      Menemukan syarat dua bangun datar  yang sebangun
10.  Menghitung panjang sisi yang belum diketahui dari dua gambar bangun datar yang sebangun
11.  Menyatakan akibat dari dua segitiga yang kongruen
12.  Membedakan dua sigitiga kongruen atau sebangun
13.  Menggambar dua segitiga yang sebangun
14.  Menemukan syarat dua segitiga yang sebangun
15.  Menghitung panjang sisi yang belum diketahui dari dua ganbar segitiga yang sebangun

E.         Materi Pembelajaran
             Kesebangunan

F.         Metode Pembelajaran
            Ceramah , Tanya jawab, diskusi kelompok, CTL

G.        Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke-1
    1.     Pendahuluan:
a.       Dengan metode Tanya jawab guru  mengkaitkan materi kekongruenan dengan kehidupan sehari-hari, seperti bingkai foto Presiden dan Wakil presiden yang ada di dalam kelas
b.      Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini

    2.     Kegiatan Inti:
a.       Dengan metoda Tanya jawab guru menyuruh siswa menyebutkan jenis-jenis bangun datar seperti persegi panjang, persegi dan layang-layang
b.      Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
c.       Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah disiapkan guru
d.      Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
e.       Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
f.       Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan  kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru

g.       Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil kerja
h.      Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
i.        Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil kerja

    3.     Kegiatan Penutup
a.       Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
b.      Guru memberikan tugas / PR

Pertemuan ke-2
    1.     Pendahuluan:
a.       Membahas tugas pertemuan sebelumnya
b.      Dengan metode Tanya jawab guru  mengingatkan materi kesebangunan dalam kehidupan sehari-hari, seperti pas foto ukuran 3x4 dengan 9x12
c.       Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini

    2.     Kegiatan Inti:
a.       Siswa diminta menyebutkan jenis-jenis bangun datar seperti segitiga, macam-macam segi empat, segi lima, segi enam 
b.      Siswa dikelompokkan  menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
c.       Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah disiapkan guru
d.      Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
e.       Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
f.       Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
g.       Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil kerja
h.      Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
i.        Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil kerja

    3.     Kegiatan Penutup
a.       Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
b.      Guru memberikan tugas / PR

Pertemuan ke-3
    1.     Pendahuluan:
a.       Membahas tugas pertemuan sebelumnya
b.      Dengan metode Tanya jawab guru  mengingatkan materi kekonruenen pada segitiga dalam kehidupan sehari-hari, melalui model laying-layang yang dilipat menurut diagonal yang terpanjang
c.       Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini

    2.     Kegiatan Inti:
a.       Siswa diminta menyebutkan jenis-jenis  segitiga yang terbentuk jika laying-layang  dilipat melalui salah satu diagonalnya dan akibat yang terjadi 
b.      Siswa dikelompokkan  menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
c.       Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah disiapkan guru
d.      Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
e.       Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
f.       Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan  kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
g.       Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil  kerja
h.      Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
i.        Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil kerja

    3.     Kegiatan Penutup
a.       Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
b.      Guru memberikan tugas / PR

Pertemuan ke-4
    1.     Pendahuluan:
a.       Membahas tugas pertemuan sebelumnya
b.      Dengan metode Tanya jawab guru  mengingatkan materi kesebangunan  pada segitiga dalam kehidupan sehari-hari, melalui percobaan menggambar segitiga dengan  menggunakan gelang karet
c.       Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini

    2.     Kegiatan Inti:
a.       Siswa diminta menyebutkan bangun-bangun yang diperoleh melalui percobaan di atas dengan menuliskan kesamaan dan perbedaan dari kedua bangu tersebut 
b.      Siswa dikelompokkan  menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
c.       Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah disiapkan guru
d.      Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
e.       Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
f.       Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
g.       Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil kerja
h.      Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
i.        Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil kerja

    3.     Kegiatan Penutup
a.       Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
b.      Guru memberikan tugas / PR

Pertemuan ke-5
    1.     Pendahuluan:
a.       Membahas tugas pertemuan sebelumnya
b.      Dengan metode Tanya jawab guru  mengingatkan materi perbandinganpada bentuk segitiga  dalam kehidupan sehari-hari
c.       Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini

    2.     Kegiatan Inti:
a.       Siswa diminta mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan kesebangunan pada LKS 
b.      Siswa dikelompokkan  menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
c.       Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah disiapkan guru
d.      Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
e.       Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
f.       Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan  kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
g.       Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil kerja
h.      Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
i.        Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil kerja

    3.     Kegiatan Penutup
a.       Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
b.      Guru memberikan tugas / PR

Pertemuan ke-6
    1.     Pendahuluan:
a.       Membahas tugas pertemuan sebelumnya
b.      Dengan metode Tanya jawab guru  mengingatkan kembali materi sebelumnya
c.       Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini

    2.     Kegiatan Inti:
a.       Siswa diminta mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan kesebangunan pada LKS 
b.      Siswa dikelompokkan  menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
c.       Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah disiapkan guru
d.      Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
e.       Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
f.       Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan  kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
g.       Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil kerja
h.      Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
i.        Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil kerja

    3.     Kegiatan Penutup
a.       Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
b.      Guru memberikan tugas / PR

Pertemuan ke-7
    1.     Pendahuluan:
a.       Membahas tugas pertemuan sebelumnya
b.      Dengan metode Tanya jawab guru  mengingatkan kembali materi kesebangunan
c.       Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini

    2.     Kegiatan Inti:
a.       Siswa diminta mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan kesebangunan pada LKS 
b.      Siswa dikelompokkan  menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
c.       Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah disiapkan guru
d.      Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
e.       Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
f.       Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
g.       Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil kerja
h.      Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
i.        Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil kerja

    3.     Kegiatan Penutup
a.       Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
b.      Guru memberikan tugas / PR

Pertemuan ke-8
    1.     Pendahuluan:
a.       Membahas tugas pertemuan sebelumnya
b.      Dengan metode Tanya jawab guru  mengingatkan kembali materi kesebangunan dan kongruensi
c.       Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini

    2.     Kegiatan Inti:
a.       Siswa diminta mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan kesebangunan dan kongruen pada   LKS 
b.      Siswa dikelompokkan  menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
c.       Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah disiapkan guru
d.      Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
e.       Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
f.       Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
g.       Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil kerja
h.      Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
i.        Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil kerja

    3.     Kegiatan Penutup
a.       Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
b.      Guru memberikan tugas / PR

H.        Sumber Belajar:
            Buku Suber  :  Paket, Erlangga, EISES, Yudistira,  LKS
            Bahan dan Alat :Model bangun ruang, Jaring-jaring BRSL, Kertas Manila

I.          Penilaian                      :
            Teknik                         : Tugas kelompok dan tugas individu
            Bentuk Instrumen        : Tes Tertulis
            Instrumen                    : Tugas


Mengetahui                                                                                                     
Kepala Sekolah,                                                                                   Guru Mata Pelajaran




(.....................................)                                                                    (.............................)
NIP :                                                                                                  NIP : 

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Ditulis Oleh : putrajunio ~ The Secret Blog

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul DOWNLOAD CONTOH RPP MATEMATIKA SMP KELAS IX SEMESTER 1 yang ditulis oleh The Secret Blog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 4:54 PM

0 comments :

Post a Comment

The Secret Blog © 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu